Menyaksikan Pencak Silat Suku Bugis di Karimunjawa

Sangat disayangkan sekali memang jika kita melupakan kekayaan seni budaya yang dimiliki Nusantara ini. Salah satunya adalah seni bela diri tradisional atau sering disebut dengan pencak silat.

Pencak silat di Indonesia ini juga banyak sekali ragamnya karena hampir di setiap daerah memiliki aliran pencak silat masing-masing. Disesuaikan juga dengan kondisi alam serta budaya yang tercipta di daerah tersebut.

Sewaktu saya sedang berkunjung ke Kairmunjawa, kami sempat menjumpai sekelompok masyarakat Kairmunjawa yang masih mempertahankan seni bela diri tradisional ini. Mereka itu adalah warga Dusun Telaga, Desa Kemujan, Karimunjawa. Lebih tepatnya berada di Pantai Bunga Jabe. Sisi utara Kepulauan Karimunjawa dan persis di sebelah Bandar Udara Dewadaru sisi timur.

Mereka ini adalah masyarakat Karimunjawa. Terlahir dengan garis keturunan Bugis yang saat itu sedang berlatih di Pantai Bunga Jabe. Memang belum sempurna secara gerakan, karena bisa dibilan mereka baru saja berusaha membangkitkan seni dan budaya yang sebenarnya telah diturunkan oleh nenek moyang.

2 KOMENTAR

  1. O suku bugis ternyata jg memiliki adat pencak silat jg ya mas.
    walaupun pergerakannya ada perbedaan dengan pencak silat adat jawa

    • Ada mas… Kan memang hampir kebanyakan suku-suku di Indonesia memiliki sebuah tradisi beladirinya masing-masing. Sesuai dengan letak geografis dan alamnya. Hehehe…

      Mampir ke situ Mas kalo main ke Karimunjawa. 😀 Kali aja ketemu kita…

TINGGALKAN KOMENTAR YUK!

Please enter your comment!
Please enter your name here