Wisata Jip Parangtritis, Menjelajahi Pesona Gumuk Pasir Pantai Selatan

Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Yogyakarta

Wisata Jip Parangtritis
Wisatawan wisata jip Parangtritis sedang menikmati perjalanan di daerah Gumuk Pasir, Yogyakarta. (Hendra Nurdiyansyah/Maioloo.com)

Cahaya yang membias di hamparan pasir mencipta fatamorgana, gundukan pasir dan rimbun pemohonan membuatmu semakin ingin menyusuri kawasan Gumuk Pasir dalam  wisata jip Parangtritis. Berdiri di atas jip menikmati jalur offroad yang sangat menantang.

Bervakansi ke Yogyakarta belum lengkap jika kamu tidak berkunjung ke Pantai Parangtritis, menengkok kawasan pantai selatan yang lekat dengan legenda Nyi Roro Kidul, sang penguasa laut selatan. Banyak masyarakat Jawa yang percaya bahwa pantai ini merupakan gerbang masuk menuju kerajaan gaib sang ratu. Pantai ini juga menjadi sumbu imajiner yang menghubungkan Keraton Yogyakarta, Tugu Pal Putih dan Gunung Merapi.

Pamor wisata gumuk pasir tak melulu bermain sandboarding atau berselancar menggunakan papan menuruni bukit pasir. Kamu bisa mencoba jelajah gumuk pasir dengan jeep Willys buatan Amerika. Hampir sama dengan kegiatan lava tour di Merapi. Selain Willys, ada juga kendaraan adventure lainnya yang tak kalah gagah.

Baca juga: Lava Tour Merapi, Serunya Mencumbu Kaki Merapi Ditemani Willys

Memasuki kawasan gumuk pasir kamu bisa melihat genangan air yang membentuk seperti rawa-rawa, menaiki bukit pasir lalu menerobos lorong pepohonan. Kamu akan diajak berhenti sejenak untuk memandangi hamparan pasir, sesekali berfoto dengan latar jip.

Rute yang ditempuh bermula dari parkiran Gumuk Pasir, masuk di kawasan gundukan pasir hingga menerjang genangan air yang membentuk rawa-rawa dan menikmati hembusan angin di bibir pantai. Kamu juga bisa memilih jalur pedesaan, berinteraksi dengan aktivitas warga sekitar Parangtritis dan singgah ke berbagai tempat yang memiliki kisah menarik.

Wisata Jip Menuruni Bukit di Kawasan Gumuk Pasir, Parangtritis
Wisatawan jip Parangtritis sedang menuruni bukit di daerah Gumuk Pasir. (Hendra Nurdiyansyah/Maioloo.com)

Aktivitas Yang Bisa Dilakukan Ketika Wisata Jip Parangtritis

  • Menjelajah Menggunakan Jip
    Di sepanjang jalur kamu akan menyusuri perbukitan pasir, memasuki rimbun pepohonan sesekali menerobos genangan air di tengah hamparan pasir. Sebagai penutup perjalanan, pemandu akan mengajak kamu menuju bibir pantai. Berdiri di atas jip menikmati hembusan angin yang menghempas tubuh. Jangan lupa untuk berswafoto di bawah lorong pohon cemara.
  • Mengunjungi Museum Gumuk Pasir
    Jika kamu ingin tau sejarah terbentuknya kawasan gumuk pasir saat mengikuti trip wisata jip Parangtritis. Kamu bisa meluangkan waktu untuk masuk di Museum Gumuk Pasir, mempelajari bagaimana terbentuknya kawasan gumuk pasir yang satu-satunya di Indonesia ini.
  • Menyaksikan Sunset
    Pantai Parangtritis merupakan destinasi favorit untuk menyaksikan matahari tenggelam. Pastikan kamu datang disaat musim yang tepat, bukan pada musim penghujan. Hamparan garis pantai bisa kamu lihat dari atas bukit Paralayang, bukit yang berada di sisi timur Pantai Parangtritis. Dari atas ketinggian romantisme matahari tenggelam membuat kamu tak ingin pulang.
  • Mencoba Sajian Sea Food Pantai Depok
    Hal yang tidak boleh ketinggalan saat kamu berkunjung ke Pantai Parangtritis adalah mencoba olahan sea food di Pantai Depok, dari Gumuk Pasir kamu hanya perlu mengendarai kendaraanmu kea rah barat. Kamu bisa memilih ikan segar kesukaanmu, lalu meminta agar dimasakkan oleh penjual. Ikan segar hasil tangkapan para nelayan akan mengobati rasa lelahmu setelah berpetualang.

Lokasi dan Akses Wisata Jip Parangtritis

Starting point paket wisata jip Parangtritis dari pos jip di gumuk pasir, dari pusat kota Yogyakarta bisa ditempuh menggunakan kendaraan pribadi selama 45 – 60 menit menyusuri jalan Parangtitis ke arah selatan. Kamu akan melihat mobil jip parkir di pinggir jalan gumuk pasir. Jika kamu ingin mengikuti kegiatan seru ini, kamu bisa reservasi Wisata Jip Parangtritis DISINI.

Rute Wisata Jip Parangtritis

Wisata Jip Parangtritis menyediakan dua paket perjalanan, paket pertama yaitu Jelajah Gumuk Pasir. Kamu akan diajak menyusuri kawasan Gumuk Pasir, menaiki bukit, menyeberangi rawa-rawa hingga menerobos lorong pepohonan.

Paket kedua adalah paket Sunset Parangtitis. Suasana matahari tenggelam Pantai Parangtritis begitu memikat, sayang jika kamu melewatkan pemandangan magis pantai selatan. Kamu akan diajak menyusuri bibir pantai menggunakan jip menerjang ombak. Jangan ragu untuk mencoba Wisata Jip Parangtritis.

Tips Mengikuti Wisata Jip Parangtritis

Pakailah masker dan kacamata untuk melindungi diri dari debu dan pasir yang berterbangan ketika sedang mengikuti Wisata Jip Parangtritis.

Kenakanlah jaket atau sunblock. Meski terasa gerah, namun paparan sinar matahari secara langsung selama berjam-jam bisa membuat kulit gosong.

Jalur yang menantang dan rute yang terjal dalam Wisata Jip Parangtritis ini membuat aktivitas ini tidak disarankan bagi ibu hamil.

Wisata Jip Parangtritis
Wisata jip Parang tritis, Yogyakarta. (Hendra Nurdiyansyah/Maioloo.com)
Jelajah Gumuk Pasir Menggunakan Jip
Jelajah Gumuk Pasir menggunakan jip. (Hendra Nurdiyansyah/Maioloo.com)
Wisata Jip Parangtritis
Wisatawan wisata jip Parangtritis sedang menikmati perjalanan di daerah Gumuk Pasir, Yogyakarta. (Hendra Nurdiyansyah/Maioloo.com)
Jip Menerobos Genangan Air di Parangtritis
Jip Parangtritis menerobos air di Parangtritis. (BHendra Nurdiyansyah/Maioloo.com)
Jelajah Pantai Parangtritis Menggunakan Jip
Para wisatawan sedang menikmati jelajah Pantai Parangtritis menggunakan jip. (Hendra Nurdiyansyah/Maioloo.com)
Pengunjung Berfoto Bersama
Wisatawan wisata jip Parangtritis sedang berfoto bersama di daerah Gumuk Pasir. (Hendra Nurdiyansyah/Maioloo.com)

2 KOMENTAR

  1. Waaahhh!!! Baru lagi ni. Sepertinya seru mainan jip di sini. O iya. BTW makasih ya min infonya.

TINGGALKAN KOMENTAR YUK!

Please enter your comment!
Please enter your name here