Situs Warungboto, Jejak Pemandian Serupa Taman Sari

Jl. Veteran No. 77, Desa Warungboto, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Situs Warungboto
Situs Warungboto adalah salah satu tempat asik untuk pre-wedding di Yoyakarya. (© @sergeantkero)

Setelah bertahun-tahun terlantar, Situs Warungboto seolah kembali memasuki masa keemasannya. Tempat yang secara arsitektur dan fungsi menyerupai Taman Sari ini kini menjadi primadona baru bagi para pelancong milenial.

Situs Warungboto menjadi salah satu tempat wisata bersejarah yang semakin populer, terutama bagi kalangan yang suka hunting foto. Banyak kaum milenial yang berbondong-bondong untuk mendatangi destinasi dengan pemandangan yang unik dan mengagumkan ini.

Popularitas tempat wisata ini makin bertambah saat putri Presiden, Joko Widodo bernama Kahiyang Ayu yang menjadikan situs ini sebagai lokasi foto pre-wedding bersama sang suami Bobby Nasution. Fotonya yang beredar di Instagram membuat banyak wisatawan penasaran dengan tempat wisata ini.

Tidak heran jika kemudian banyak wisatawan yang datang ke Situs Warungboto, meskipun sekedar membuktikan rasa penasarannya hingga mencari spot foto yang menarik. Bahkan, banyak juga yang menjadikan tempat ini sebagai lokasi pre-wedding.

Setelah mengalami pemugaran, situs ini telah diresmikan sebagai destinasi wisata sejarah di Kota Yogyakarta. Sebelumnya, situs bersejarah ini hanya berupa reruntuhan puing bangunan yang kurang terawat.

Pemandangan di Situs Warungboto, Yogyakarta.
Wisatawan sedang berfoto dengan latar depan kolam iconic di Situs Warungboto, Yogyakarta. (© @aniffah.azizah)

Situs ini merupakan petilasan yang mulai dibangun pada masa pemerintahan Sultan Hamengkubuwono I. Kemudian, pembangunan kembali dilanjutkan pada masa pemerintahan Sultan Hamengkubuwono II.

Pesanggrahan ini dibangun oleh Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat untuk tempat peristirahatan keluarga para kerajaan zaman dulu. Oleh karena itu, ketenangan dan kenyamanan menjadi poin utama ketika membangun pesanggrahan.

Tidak heran jika kamu akan menemukan fasilitas yang umumnya dimiliki oleh sebuah pesanggrahan, seperti segaran, taman, kebun hingga kolam.

Bangunan ini memang memiliki eksotisme bersejarah yang begitu istimewa. Secara keseluruhan, bangunan ini memiliki arsitektur menyerupai Taman Sari, termasuk lorong-lorongnya yang beratap lengkung dan dinding-dinding yang tebal kokoh.

Baca juga: Taman Sari, Kastil Indah Tempat Tetirah Raja dan Permaisuri

Jika kamu sudah pernah berkunjung ke Taman Sari, pasti tidak merasakan perbedaan dari keduanya. Terlebih, sensasi ketika melewati lorong tersebut.

Berfoto di lorong Situs Warungboto, Yogyakarta.
Lorong cantik yang terdapat di kawasan Situs Warungboto, Yogyakarta. (© @pinastitimnntr)

Kesamaan lain yang juga akan kamu temukan di Situs Warungboto adalah kolamnya. Meskipun luasnya masih lebih kecil dibanding kolam di Taman Sari, tapi keunikan justru akan kamu dapatkan.

Satu kolam bundar yang berada di tengah akan terhubung dengan satu kolam persegi yang lebih luas. Kolam bundar tersebut merupakan sumber air sehingga akan memberikan pemandangan yang berbeda.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Situs Warungboto

Pre wedding di Situs Warungboto, Yogyakarta.
Pre-wedding di Situs Warungboto, Yogyakarta. @alivinom)

Untuk memaksimalkan waktu dan momen liburan, akan lebih baik jika kamu membuat rencana apa yang harus dilakukan terlebih dahulu. Rencana ini akan membuat liburan kamu terasa lebih menyenangkan.

Berikut ini ada beberapa aktivitas yang bisa kamu lakukan ketika berada di Situs Watuboto, yaitu:

Foto Prewedding

Seperti yang diketahui, lokasi ini pernah dijadikan foto prewedding oleh Kahiyang Ayu dengan suaminya. Alasan utamanya pasti karena pemandangan yang istimewa dan unik.

Jadi, kamu juga bisa menjadikan Situs Warungboto sebagai lokasi foto prewedding bersama pasanganmu. Sebelum melakukannya, kamu perlu meminta izin terlebih dahulu dengan pengelola tempat wisata tersebut.

Apabila kamu sudah mendapatkan izin, kamu tinggal membawa fotografer dan segala keperluan foto prewedding ke lokasi tersebut. Ada banyak spot foto menarik yang bisa kamu pilih.

Hasil foto akan lebih mengagumkan jika tidak ada orang lain yang melintas. Biasanya, pihak pengelola akan menutup lokasi untuk sementara waktu supaya pemotretan bisa dilakukan dengan baik.

Tidak heran jika nantinya kamu dimintai biaya khusus karena telah menggunakan Situs Warungboto untuk lokasi foto prewedding.

Selfie dan Wefie

Sebagai objek wisata yang menarik dan unik, para pengunjungnya tidak pernah lupa untuk mengambil foto, baik selfie ataupun wefie. Kamu tinggal mencari sendiri spot foto yang sekiranya menarik dan memberikan hasil potret yang menggemaskan dan instagramable.

Untuk mendapatkan foto yang berkualitas tinggi, kamu bisa menggunakan kamera profesional. Namun, berfoto dengan ponsel juga tak kalah seru karena kamu bisa selfie dan mengambil gambar kapan saja dengan mudah dan praktis.

Saat kondisi sedang ramai, kamu harus sabar dan bergantian untuk menggunakan spot tersebut. Meskipun sebenarnya kamu bisa mengambil gambar kapan saja, tapi bukankah fotomu akan lebih bagus saat tidak ada orang lain yang melintas?

Jadi, jangan lupa persiapkan kamera kamu dan pastikan jika baterai dalam keadaan penuh agar kamu bisa mengambil banyak foto untuk kenangan-kenangan ataupun memenuhi feed di instagram. Jangan lupa kenakan outfit yang kece, ya!

Belajar Sejarah

Saat berada di situs ini, kamu bisa sedikit belajar mengenai sejarah Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. Jadi, kamu tidak hanya liburan, tapi juga bisa belajar mengenal kebudayaan Jawa.

Pada area tertentu, kamu akan melihat tulisan yang berisikan sejarah atau hal-hal yang berkaitan dengan Situs Warungboto tersebut. Dengan membacanya saja, kamu sudah mempelajari salah satu sejarah di Indonesia.

Lokasi dan Akses Menuju Situs Warungboto

Setiap sudut Situs Warungboto, Yogyakarta itu sangat fotogenik.
Setiap sudut Situs Warungboto, Yogyakarta itu sangat fotogenik. @pratiwiirachman)

Setelah mengetahui keistimewaan Situs Warungboto yang menarik dan unik, kamu pasti ingin segera berkunjung, bukan? Destinasi wisata yang satu ini berlokasi di Jalan Veteran, Desa Warungboto, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Untuk sampai ke lokasi, kamu harus menempuh jarak sekitar 4 km dari pusat kota Yogyakarta atau menghabiskan waktu sekitar 15 menit. Akses jalan menuju kawasan situs ini sudah sangat baik karena berada dekat dengan jalan utama.

Untuk rutenya sendiri, terdapat jalur selatan yang bisa kamu ambil melalui Jalan Margo Utomo yang dilanjutkan ke Jalan Mataram. Setelah sampai di perempatan pertama Jalan Mataram, kamu bisa belok kiri menuju Jalan Juminahan.

Selanjutnya, kamu akan menuju Jalan Ki Mangunsarko hingga nantinya bertemu pertigaan lalu belok kiri melalui Jalan Kusumanegara. Kemudian, kamu hanya perlu menuju perempatan jalan dengan bangunan pabrik di sebelah kiri lalu belok kiri ke Jalan Veteran. 

Seorang wisatawan sedang bergaya di salah satu sudut di Situs Warungboto, Yogyakarta.
Seorang wisatawan sedang bergaya di salah satu sudut di Situs Warungboto, Yogyakarta. @fransiskanva)

Kamu pun akan segera menemukan Situs Warungboto karena lokasinya tidak jauh dari sana. Jika kamu masih bingung dengan rute ini, kamu bisa menggunakan Google Maps untuk mendapatkan petunjuk di setiap jalannya.

Jika ponsel kamu tidak memiliki sinyal atau mati karena lowbatt, kamu tidak perlu khawatir karena tidak bisa menggunakan Google Maps. Kamu tinggal bertanya ke warga sekitar, maka mereka akan dengan nyaman memberitahu petunjuk arah menuju situs tersebut.

Kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi, baik motor dan mobil atau menggunakan kendaraan umum, seperti bus, becak, atau delman sekalipun. Jalanannya pun sudah dalam keadaan baik jadi tidak akan menyusahkan kamu dalam perjalanan.

Semua jalanan pun sudah beraspal jadi perjalanan akan terasa menyenangkan dan nyaman. Oleh karena itu, jangan pernah melewatkan lokasi wisata yang satu ini karena akan memberikan pengalaman berkesan.

Harga Tiket dan Jam Operasional Situs Warungboto

Jangan lupa untuk berfoto di lokasi ini ketika sedang berwisata di Situs Warungboto, Yogyakarta.
Jangan lupa untuk berfoto di lokasi ini ketika sedang berwisata di Situs Warungboto, Yogyakarta. (© @s.putrihandayani)

Untuk bisa memasuki kawasan yang penuh dengan pengalaman menarik dan unik ini, kamu tidak akan dimintai biaya masuk alias gratis. Menyenangkan, bukan?

Kamu hanya perlu mengeluarkan uang untuk membayar parkir, yakni sebesar Rp 3.000 per kendaraan. Harga yang sangat murah untuk bisa mengenal situs bersejarah dengan pemandangan yang unik.

Dengan harga yang sangat terjangkau ini, kamu bisa menjadikan Situs Warungboto ini sebagai destinasi wisata ketika liburan ataupun weekend. Kamu hanya perlu datang pada pukul 06.00 hingga 17.00 WIB. Tempat ini buka setiap hari jadi kamu bisa datang kapan saja.

Tidak perlu menunggu waktu libur panjang, kamu bisa berkunjung di tempat ini pada hari-hari kerja sekalipun karena budget yang sangat murah. Selain itu, pada hari libur pasti akan ada banyak wisatawan yang berbondong-bondong datang ke situs bersejarah ini.

Bahkan, pada weekend pun kamu akan menjumpai banyak wisatawan yang datang. Untuk menghindari suasana yang ramai, kamu bisa datang pada hari biasa atau hari kerja, jika memang memiliki waktu luang. Suasana yang sepi akan membuat hasil foto kamu semakin bagus.

Selain itu, sebisa mungkin bagi kamu untuk datang di pagi hari atau sore hari sekalian karena panas menyengat akan kamu rasakan jika berkunjung pada jam siang, seperti pukul 11.00 hingga 13.00 WIB.

Tapi, kamu tidak perlu khawatir jika cuaca sedang panas karena nantinya kamu akan menemukan warung-warung yang menawarkan minuman seger, pelepas dahaga. Stamina dan semangat pun akan kembali untuk mengunjungi berbagai tempat wisata lainnya.

Semakin hari semakin banyak wisatawan yang datang, meskipun sekedar untuk melihat dan berfoto. Hal ini pastinya tidak lepas dari banyaknya foto di intagram yang berhasil memukau banyak wisatawan. Cara ini juga bisa menjadi ajang untuk mempromosikan tempat wisata lokal.

Jam buka:06.00 – 17.00 WIB
Tiket domestik:Gratis
Tiket mancanegaraGratis
Kontak:
Alamat:Jl. Veteran No. 77, Desa Warungboto, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta
Akses jalan:Bagus
Peta:Google Maps

Tempat Wisata dan Lokasi Menarik di Sekitar Situs Warungboto

Setelah mengunjungi Situs Warungboto, tidak lengkap rasanya jika kamu langsung pulang karena banyak tempat wisata di sekitarnya yang tak kalah eksotis dan patut untuk dikunjungi. Kamu pun bisa melanjutkan ke berbagai tempat wisata berikut ini.

Kebun Binatang Gembira Loka

Pertama, kamu bisa mengunjungi Kebun Binatang Gembira Loka yang berada sekitar 0,8 KM dari situs tersebut. Di tempat ini, kamu bisa melihat koleksi aneka satwa yang terbagi dalam beberapa zona. 

Jika datang pada jam-jam khusus, kamu bisa menikmati proses pemberian makan pada simpanse dan harimau. Kamu juga bisa menyaksikan pertunjukan satwa terampil. Pssst, tidak ada biaya tambahan untuk menyaksikan itu semua lho! Alias gratis.

Selain memiliki koleksi satwa yang bagus dan cukup terawat, Gembira Loka juga menyediakan banyak wahana permainan yang bisa dijajal oleh pengunjung. Di tempat ini juga tersedia restoran apung. Berwisata ke tempat ini bersama keluarga pasti akan mengasyikkan.

Baca juga: Gembira Loka Zoo, Sepotong Rimba di Tengah Kota

De Mata Trick Eye 3D Museum

Selain itu, ada De Mata Trick Eye 3D Museum yang cocok bagi kamu suka berfoto selfie. Di tempat ini, kamu akan melihat berbagai spot foto yang sangat menarik dan juga unik.

Dengan menerapkan konsep foto 3D, 4D dan Mirror Illusion, tempat wisata yang berjarak sekitar 1 KM dengan situs tersebut berhasil menarik banyak pengunjung. Kamu pun akan menemukan spot atau ikon di berbagai negara, seperti Belanda, Cina, Jepang, Korea, Mesir dan lainnya.

Taman Sari

Tempat wisata lain yang bisa kamu kunjungi sekalian setelah berkunjung ke Situs bersejarah ini adalah Taman Sari dimana bentuknya menyerupai Situs Warungboto itu sendiri.

Berjarak sekitar 2,6 km dari situs bersejarah tersebut, kamu juga bisa mengunjungi Taman Sari untuk melengkapi liburan agar lebih berkesan. Tempat wisata ini memiliki pemandangan lorong dan bangunan yang mirip, begitu juga suasananya.

Sebelum berkunjung ke tempat wisata tersebut, kamu harus memastikan bahwa baterai kamera atau smartphone masih dalam keadaan siaga agar bisa digunakan untuk mengambil foto yang lebih banyak dan menarik.

Baca juga: Taman Sari, Kastil Indah Tempat Tetirah Raja dan Permaisuri

Video Situs Warungboto, Yogyakarta. @wiliankathier)
Menikmati sunset.
Menikmati sunset di Situs Warungboto, Yogyakarta. @gunawanwicaksana28)
Salah satu sudut Situs Warungboto, Yogyakarta yang selalu cantik untuk diabadikan. @joschita)
Situs Warungboto, Yogyakarta difoto dengan teknik aerial photography. @theblessedbona)

***

Menarik, bukan? Yogyakarta memang memiliki banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Kamu akan dibuat takjub dengan bangunan yang kental dengan nuansa klasik zaman dulu.

Jangan lupa untuk mengajak orang-orang terdekat, mulai dari keluarga, teman hingga pasangan. Jadi, tunggu apalagi? Tak perlu menunggu liburan, langsung saja kunjungi Situs Warungboto.

6 KOMENTAR

  1. Iiihh… cakep tuh foto yang pertama di kasih tulisan begitu. BTW Situs Warungboto itu emang mirip dengan Taman Sari ya. Bagus juga tempatnya.

    • Terima kasih Kak Anastasya sudah berkunjung ke blog kami. Iya kak. Situs Warungboto ini emang asik kalau dijadikan tempat untuk pre wedding.

  2. Wahhh asli situsnya keren dan bergaya vintage banget. Bakalan seru juga nih berfoto pakai pakaian adat… Makin bermakna

    • Bener banget kak. Cocok banget kalau ngadaoin photo session di Situs Warungboto ini dengan dresscode baju adat. Akan menambah kesan classic-nya deh. 🙂

  3. Ini dia tempat yang asik buat nyore di Jogja. Asik sih Situs Warungboto.

    • Iya Kak. Memang asik di Situs Warungboto ini. Seiap sudutnya instagramable banget. 🙂

TINGGALKAN KOMENTAR YUK!

Please enter your comment!
Please enter your name here