Pantai Pok Tunggal, Pantai Cantik Dengan Hamparan Pasir Putih

Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Pantai Pok Tunggal, Yogyakarta
Hamparan pasir putih Pantai Pok Tunggal. (Benedictus Oktaviantoro/Maioloo.com)

Pantai Pok Tunggal berkembang menjadi destinasi terkini yang tak pernah sepi dari kunjungan wisatawan. Meski harus menempuh perjalanan melintasi jalan makadam membelah ladang dan perbukitan, pencarianmu tak akan pernah sia-sia. Pok Tunggal siap memanjakanmu dengan beragam pesona.

Mungkin beberapa orang akan mengeluh saat harus melewati jalan terjal dan berliku membelah areal ladang dan perbukitan kapur. Namun tahan dulu keluhmu, sebab di ujung perjalanan yang melelahkan ini terdapat surga tersembunyi bernama Pantai Pok Tunggal. Membujur luas dengan hamparan pasir putih dan air laut kebiruan serta dipagari tebing kapur nan tinggi, Pok Tunggal memang laksana surga tersembunyi.

Untuk mencapai Pantai Pok Tunggal ini kamu cukup mengikuti jalan menuju Pantai Indrayanti, nantinya kamu akan menemukan petunjuk jalan arah Pantai Pok Tunggal. Dari jalan raya kamu harus lewat jalan makadam yang terbuat dari batuan kapur yang ditata rapi. Jalanan sepanjang 2 km ini menawarkan hamparan ladang penduduk yang ditanami palawija. Meski jalannya sulit, kendaraan sudah bisa masuk. Baik motor, mobil bahkan minibus bisa melewati jalanan terjal ini hingga ke bibir pantai.

Sesampainya di bibir Pantai Pok Tunggal kamu akan disambut dengan hamparan pasir putih yang sesekali disapu ombak tenang. Pemandangan tersebut menjadi penawar rasa lelah yang mujarab, kemudian membawa kamu larut dalam suasana yang begitu damai. Jauhnya jarak tempuh, jalanan yang terjal dan berkelok, seketika akan terlupakan dan berganti sukacita.

Tepat di tepi pantai kamu akan melihat sebatang pohon yang berdiri kokoh. Pohon berdiri sendirian itu adalah Pohon Duras yang kemudian menjadi ikon wisata Pantai Pok Tunggal. Pohon itu juga yang menjadi asalh muasalh penamaan Pantai Pok Tunggal ini. Pok berarti pohon, tunggal berarti sendiri. Jadi pok tunggal adalah pohon yang berdiri sendirian. Saat musim penghujan pohon duras akan berdaun lebat, namun saat musim kemarau pohon ini akan menggugurkan daunnya sehingga hanya terlihat ranting-rantingnya. Bagi pecinta fotografi pemandangan tersebut sangat indah untuk diabadikan dalam gambar.

Pohon duras termasuk pohon yang langka dan sulit tumbuh, Oleh sebab itu ketika pohon tumbuh subur, maka keberadaannya sangat dijaga oleh masyarakat lokal. Kesuburan pohon Duras tersebut dipercaya menjadi lambang kemakmuran penduduk setempat. Jadi, kamu tidak boleh coba-coba memanjat pohon tersebut. Selain keberadaan pohon duras, di Pantai pok Tunggal ini juga terdapat mata air tawar yang tidak pernah kering dan menjadi sumber air warga. Pada saat-saat tertentu akan ada upacara adat di mata air tersebut.

Pantai Pok Tunggal, Yogyakarta
Pemandangan Pantai Pok Tunggal dari atas tebing. (Benedictus Oktaviantoro/Maioloo.com)

Aktivitas Yang Bisa Dilakukan di Pantai Pok Tunggal

  • Bersantai di Pinggir Pantai
    Buat kamu yang tidak ingin capek-capek dan ribet, cukup bersantai di pinggir pantai sembari tiduran di atas karpet pasir. Kamu tak perlu takut kepanasan karena di sepanjang Pantai Pok Tunggal sudah ada jasa penyewaan payung warna-warni lengkap dengan tikarnya. Kamu pun bisa piknik sembari menikmati bekal yang kamu bawa dari rumah atau membangun istana pasir. Jika membawa bola, kamu bisa bermain voli pantai atau fun soccer bersama kawan-kawanmu.
  • Tracking
    Bagi kamu yang ingin menikmati suasana pantai dengan cara berbeda, kamu bisa jalan kaki naik ke bukit yang ada di kanan dan kiri Pantai Pok Tunggal. Dari atas ketinggian ini, kamu dapat melihat betapa luas nan birunya Pantai Pok Tunggal. Sejauh mata memandang hanya ada hamparan laut yang membiru ditemani hembusan angin yang sejuk. Di bukit sebelah barat telah dibangun gazebo-gazebo beratap rumbia yang bisa dijadikan tempat bersantai. Sedangkan bukit di sebelah timur lebih menantang, karena kamu harus meniti jembatan bambu yang menempel persis di gigir tebing. Jalan setapak sudah dibuat secara swadaya oleh warga untuk mempermudah akses.
  • Camping
    Pantai Pok Tunggal ini juga menjadi tempat favorit bagi kamu yang suka tidur di alam. Di sini terdapat penyewaan tenda dome yang dikelola oleh warga. Untuk menyewa tenda dome kamu dapat menghubungi pengelola pantai secara langsung. Ada banyak spot yang bisa digunakan untuk camping. Yang pertama adalah di kawasan pantai berpasir putih yang tak jauh dari keberadaan pohon duras. Sedangkan spot lainnya adalah di ketinggian Bukit Panjong yang ada di sisi timur. Untuk urusan air bersih kamu tak perlu khawatir, karena di Pantai Pok Tunggal terdapat sumber mata air tawar.
  • Hammocking
    Kalau mau camping jangan lupa membawa hammock. Sensasi berayun di atas hammock sembari dibelai sepoi angin pesisir akan menjadi pengalaman yang menyenangkan dan ingin selalu diulang. Tempat paling asyik untuk memasang hammock tentu saja di Bukit Panjong dimana pohon-pohon pandan laut masih berdiri dengan gagah. Dari ketinggian ini kamu pun bisa menyaksikan senja yang indah.
  • Sunset Seeing
    Pada bulan-bulan tertentu ketika matahari tenggelam di tengah laut, kamu akan melihat panorama sunset yang indah. Langit jingga berpadu dengan buih ombak yang putih menjadi layar utama pertunjukan matahari kembali ke peraduannya. Keberadaan pohon duras yang tumbuh seorang diri menambah keelokan guratan sinar senja yang datang. Kamu bisa menyaksikan itu semua sembari tiduran di pantai berpasir putih nan lembut.
  • Melihat Kawanan Monyet Liar
    Jika beruntung kamu bisa bertemu sekawanan monyet yang masih hidup liar di atas tebing Pantai Pok Tunggal. Monyet-monyet ini masih hidup alami di area tebing-tebing pantai yang ditumbuhi pohon-pohon jati. Saran saja, kamu jangan terlalu mendekat dengan primata liar ini, karena mungkin saja kamu justru akan di serang oleh mereka.

Lokasi dan Akses Menuju Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal terletak di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk mencapai pantai ini kamu membutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan naik kendaraan pribadi dari Kota Yogyakarta. Ada dua rute yang bisa kamu gunakan untuk mengunjungi pantai ini. Rute pertama adalah melewati Jl. Wonosari – Piyungan – Bukit Bintang – Wonosari. Dari Kota Wonosari silakan ikuti jalan menuju deretan Pantai BKK (Baron Krakal, Kukup). Setelah gerbang utama, belok kiri menuju jajaran Pantai Drini dan Indrayanti. Dari pantai Indrayanti masih lurus terus menuju arah Pantai Siung. Selanjutnya akan ada pertigaan dengan petunjuk arah menuju Pantai Pok Tunggal.

Sedangkan rute kedua adalah melalui jalur selatan atau lewat Imogiri. Dari Imogiri kamu bisa naik ke arah Kecamatan Panggang. Selanjutnya kamu akan menemukan Jalan Saptosari hingga ke daerah Tepus. Ikuti saja petunjuk jalan menuju Pantai Baron dan Pantai Indrayanti hingga menemukan pos retribusi. Dari sini sudah tidak jauh lagi hingga menemukan petunjuk jalan Pantai Pok Tunggal. Pantai ini berjarak sekitar 2 km dari jalan raya dengan kondisi jalan makadam. Jika membawa mobil harus berhati-hati sebab jalannya sempit dan berliku.

Retribusi dan Fasilitas Pantai Pok Tunggal

  • Tiket masuk: Rp 10.000 (tiket terusan untuk masuk ke seluruh pantai di kawasan BKK)
  • Tenda dome: Rp 25.000,00 (kapasitas 2 orang), Rp 35.000,00 (kapasitas 4-5 orang), dan Rp 50.000,00 (kapasitas 6-7 orang). Semua harga sewa itu terhitung perhari.
  • Sewa payung: Rp 25.000
  • Toilet: Rp 2.000 – Rp 10.000

Pantai-Pantai Indah di Sekitar Pok Tunggal

  • Pantai Indrayanti
    Pantai Indrayanti atau Pantai Pulang Syawal ini terletak di sebelah Barat Pantai Pok Tunggal. Pantai yang dikelola oleh pihak swasta ini bisa dibilang sebagai Jimbarannya Gunungkidul. Di bibir pantai ini terdapat restaurant dan café serta penginapan dengan tarif yang beragam. Jika kamu ingin merasakan sensasi dinner romantis berteman debur ombak dan kerlip gemintang, maka Pantai Indrayanti bisa dijadikan pilihan. Hamparan pasir putihnya yang luas juga bisa dijadikan lokasi berjemur atau bersantai sejenak.
  • Pantai Seruni
    Awalnya Seruni merupakan pantai tersembunyi yang hanya disinggahi oleh pemancing atau anak-anak yang gemar camping. Namun seiring populernya aktivitas travelling, Pantai Seruni kini dibuka untuk umum dan sudah ada akses jalan hingga ke bibir pantai. Hamparan pasir putih di pantai ini terbilang cukup luas. Saat air surut, kamu bisa berjalan kaki ke balik tebing dan mandi di bawah guyuran air yang menetes dari batu karang laksana air terjun mini.
  • Pantai Watu Lawang
    Pantai satu ini letaknya cukup tersembunyi sehingga jarang dikunjungi. Padahal, kamu cukup berjalan kaki sejenak dari Pantai Indrayanti ke arah timur untuk mencapai pantai nan cantik ini. Pantai Watu Lawang tidak terlalu luas, namun justru karena itulah kesan privat begitu terasa. Kalau kamu suka dengan kesunyian, Pantai Watu Lawang cocok untuk kamu sambangi.
Pantai Pok Tunggal, Yogyakarta
Wisatawan sedang menghabiskan waktu di atas tebing Pantai Pok Tunggal. (Benedictus Oktaviantoro/Maioloo.com)
Pantai Pok Tunggal, Yogyakarta
Wisatawan sedang melewati jembatan. Jembatan ini adalah salah satu akses untuk menuju ke tebing agar para wisatawan dapat melihat Pantai Pok Tunggal dari ketinggian. (Benedictus Oktaviantoro/Maioloo.com)
Pantai Pok Tunggal, Yogyakarta
Lorong menuju jembatan tebing Pantai Pok Tunggal. (Benedictus Oktaviantoro/Maioloo.com)
Pantai Pok Tunggal, Yogyakarta
Wisatawan sedang menikmati Pantai Pok Tunggal. (Benedictus Oktaviantoro/Maioloo.com)
Pantai Pok Tunggal, Yogyakarta
Wisatawan sedang mencari binatang laut di Pantai Pok Tunggal. (Benedictus Oktaviantoro/Maioloo.com)
Pantai Pok Tunggal, Yogyakarta-13
Nelayan Pantai Pok Tunggal. (Benedictus Oktaviantoro/Maioloo.com)
Pantai Pok Tunggal, Yogyakarta-12
Salah satu karang di Pantai Pok Tunggal. (Benedictus Oktaviantoro/Maioloo.com)

2 KOMENTAR

  1. Pantai yang indah … Kalau ingin menikmati panti ketika surut, waktu yang paling pas untuk berkunjung jam berapa ya ?

    Terima kasih.

    • Benedictus Oktaviantoro

      Kalo menurut warga setempat sih pasang surut di pantai Pok Tunggal ada siklusnya mas. Katakanlah saat ini air pasang mulai dari jam 7 pagi, keesokan harinya mulai 8 pagi, keesokan harinya lagi mulai dari jam 9. Nambah satu jam terus di kemudian harinya. Dan sepertinya hampir pantai selatan pada umumnya dan pantai di Jogja pada khususnya begitu Mas.

      Salam hangat Mas. 🙂

TINGGALKAN KOMENTAR YUK!

Please enter your comment!
Please enter your name here