Pantai Parangtritis, Pantai Ngehits Dengan Senja Romantis

Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul

Landmark Pantai Parangtrtis
Para pengunjung sedang mengabadikan moment di depan landmark Pantai Parangtritis. (Reza Fitriyanto/Maioloo.com)

Bisa dibilang, Pantai Parangtritis merupakan pantai di Yogyakarta yang paling nge-hits sejak dulu hingga kini. Di Parangtritis kamu bisa merajut cerita romantis, menyaksikan senja nan eksotis, hingga mendengarkan legenda serta kisah mistis.

Kemunculan pantai-pantai baru di Kabupaten Gunungkidul tak membuat popularitas Pantai Parangtritis tergeser. Sejak dulu hingga kini, pantai dengan akses paling mudah dari Yogyakarta ini selalu menjadi jujugan wisatawan. Setiap tahunnya pantai ini dipadati oleh ratusan ribu wisatawan baik lokal maupun manca.

Pantai Parangtritis sangat lekat dengan legenda Nyi Roro Kidul, sang penguasa laut selatan. Banyak masyarakat Jawa yang percaya bahwa pantai ini merupakan gerbang masuk menuju kerajaan gaib sang ratu. Dari kepercayaan tersebut maka munculah kisah-kisah mistis dan beragam mitos. Salah satu mitosnya adalah wisatawan yang berkunjung ke Parangtritis dianjurkan untuk tidak memakai baju hijau, sebab hijau adalah warna kesukaan Nyi Roro Kidul.

Selain lekat dengan kisah Ratu Kidul, pantai ini juga memiliki posisi penting bagi Kasultanan Yogyakarta. Sebuah sumbu imajiner menghubungkan Pantai Parangtritis, Kraton Yogyakarta, Tugu Jogja, hingga Gunung Merapi. Pada tiap bulan suro, keluarga besar Kraton Yogyakarta mengadakan upacara labuhan atau larung sajen di Pantai Parangtritis. Menjelang hari raya Nyepi, Pantai Parangtritis dijadikan lokasi Upacara Melasti bagi ribuan umat Hindu di Yogyakarta. Acara ini akan diawali dengan kirab sesaji yang diiringi gamelan Bali kemudian diakhiri dengan melarung sesaji atau pakelem.

Berbeda dengan pantai-pantai Gunungkidul yang berpasir putih, pantai ini berpasir hitam. Konon pasir hitam yang ada di pantai ini merupakan pasir yang berasal dari lereng merapi. Material vulkanik ini dibawa oleh aliran Sungai Opak. Di beberapa lokasi, pasir yang terkena hempasan angin secara terus menerus ini berubah menjadi sand dune (gumuk pasir) yang indah dan menyerupai alam padang gurun.

Pantai Parangtritis merupakan pantai yang cocok dikunjungi oleh siapapun, baik kamu yang masih muda, atau orang-orang tua bersama anak-anak mereka. Di Pantai Parangtritis ada banyak hal yang bisa dilakukan seperti berkejaran dengan ombak, membangun istana pasir, menikmati kelapa muda dan ikan laut, hunting foto, atau sekadar duduk-duduk di bawah payung warna-warni. Jika kamu ingin menginap, di sekitaran Pantai Parangtritis juga terdapat banyak penginapan dan losmen dengan tarif beragam.

Landscape Pantai Parangtrtis
Landscape Pantai Parangtrtis. (Reza Fitriyanto/Maioloo.com)

Aktivitas Yang Bisa Dilakukan di Pantai Parangtritis

  • Sunset Seeing
    Pantai dan senja itu adalah perpaduan tepat yang mampu mencipta suasana romantis. Di Pantai Parangtritis kamu bisa menyaksikan senja dengan warna yang beragam mulai dari keemasan, perak, jingga, merah muda, hingga sepang. Cukup duduk di tepi pantai dan tunggulah hingga mentari lindap, lantas sang mega pun mulai berubah warna dan akhirnya menggelap. Waktu terbaik untuk menikmati senja di Pantai Parangtritis adalah bulan Juni – Agustus.
  • Main Layangan
    Di tepi Pantai Parangtritis ada banyak pedagang yang menjual layang-layang dengan berbagai bentuk. Kamu bisa membelinya satu dan memainkannya. Berlarian di bibir pantai sambil menarik layang-layang terdengar menarik bukan? Angin laut yang kencang akan membuat layang-layangmu terbang tinggi di angkasa.
  • Naik Bendi
    Meski sama-sama ditarik seekor kuda, bendi berbeda dengan andong. Kendaraan tradisional ini memiliki ukuran yang lebih kecil. Dengan duduk di atas bendi kamu bisa menyusuri pantai ini dari ujung hingga ujung tanpa merasa lelah. Tarif menyewa bendi
  • Berkuda
    Ingat adegan perempuan menunggang kuda di pinggir pantai dalam film “Perempuan Berkalung Sorban”? Kamu pun bisa mencoba adegan tersebut dengan menyewa kuda yang ada di Pantai Parangtritis. Berkuda di antara debur ombak sambil terpapar sinar mentari senja akan menjadi pengalaman yang menakjubkan. Jangan lupa untuk berpose di depan kamera, hasilnya pasti ciamik.
  • Naik ATV
    ATV merupakan motor beroda 4 yang mampu melintasi segala medan. Kalau kamu mengaku adrenaline junkie, kamu wajib mencobanya. Dengan mengendarai ATV kamu bisa menaklukkan medan sulit seperti gundukan-gundukan bukit pasir atau berkendara di dekat ombak yang menyentuh bibir pantai.
  • Sand Boarding
    Biar kekinian, kamu harus mencoba permainan yang lagi nge-hitz ini. Sand boarding adalah aktivitas meluncur di atas bukit pasir menggunakan papan luncur. Sepintas terlihat gampang, namun bagi pemula permainan ini ternyata cukup sulit. Meski begitu, jika sudah mencobanya kamu pasti ketagihan.
  • Surfing
    Karakteristik ombak di pantai-pantai Yogyakarta memang berbeda dengan Bali, namun percayalah kamu pun bisa bermain surfing di Pantai Parangtritis. Bila tertarik untuk menaklukkan ganasnya ombak pantai selatan, bergabunglah dengan Dolphin Parangtritis Surf Community (DPSC). Mereka akan menerimamu dengan senang hati. Bahkan jika kamu masih pemula kamu bisa belajar dengan mereka.

Lokasi dan Akses Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis terletak di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, sekitar 27 km dari Yogyakarta. Jika membawa kendaraan pribadi, kamu hanya membutuhkan waktu sekitar 30 – 45 menit. Selain menggunakan kendaraan pribadi, Parangtritis bisa dicapai menggunakan transportasi umum. Kamu bisa naik bus jurusan Jogja – Parangtritis dari Terminal Giwangan atau dari Pojok Benteng Kulon (Jalan Parangtritis). Microbus ini hanya beroperasi hingga pukul 17.00 WIB.

Harga Tiket

Tiket masuk kawasan Pantai Parangtritis sebesar Rp 5.000 per orang. Tiket ini sudah termasuk asuransi jiwa.

Tempat Wisata dan Lokasi Asyik di Sekitar Pantai Parangtritis

  • Landasan Paralayang Watu Gupit
    Terletak tak jauh dari Tebing Parangndog, landasan paralayang Watu Gupit menjadi spot terbaik melihat senja. Dari ketinggian tempat ini kamu juga bisa melihat kawasan Pantai Parangtritis secara menyeluruh hingga ke batas cakrawala.
  • Tebing Parangndog
    Tebing-tebing karst yang membentengi sisi timur Pantai Parangtritis merupakan surga bagi para pemanjat. Di Tebing Parangndog itu terdapat beberapa jalur pemanjatan dengan tingkat kesulitan beragam. Bonus dari memanjat Tebing Parangndog adalah bisa menyaksikan hamparan samudra nan luas dari ketinggian.
  • Gumuk Pasir
    Tak harus jauh-jauh ke Arab atau Mesir untuk melihat padang pasir, kamu cukup datang ke Parangtritis. Di pantai ini terdapat fenomena alam berupa gundukan-gundukan pasir hasil bentukan angin. Pemandangannya yang unik dan menarik membuat kawasan gumuk pasir sering dijadikan lokasi pemotretan atau syuting video klip. AgnezMo dan Hivi adalah penyanyi yang pernah syuting di tempat ini.
  • Air Terjun
    Air Terjun yang ada di sisi timur Pantai Parangtritis ini merupakan air terjun musiman yang hanya ada di musim penghujan. Saat musim kemarau biasanya debit air sangatlah kecil bahkan terkadang kering. Namun jika musim penghujan tiba kamu bisa menyaksikan air yang mengalir dari tebing tinggi menuju laut dengan debit yang cukup besar. Biasanya banyak muda-mudi yang mandi-mandi di bawah air terjun ini.
  • Pantai Parangkusumo
    Pantai Parangkusumo dan Pantai Parangtritis merupakan dua sejoli yang tak terpisahkan. Jika kamu menyusuri bibir pantai ke arah barat maka kamu akan tiba di Parangkusumo. Pantai Parangkusumo biasa digunakan sebagai tempat ritual larung saji atau labuhan. Tak jauh dari bibir pantai juga terdapat pesanggrahan.
  • Gua Langse
    Gua Langse terletak di kaki tebing sebelah timur Pantai Parangtritis. Untuk mencapainya kamu harus naik bukit terlebih dulu, kemudian menuruni anak tangga dari besi dan kayu yang terpasang di dinding tebing. Berhubung lokasinya ekstrim dan jalurnya curam, kamu harus ekstra hati-hati.

Tips Berwisata ke Pantai Parangtritis

  • Ombak pantai selatan terkenal ganas, karena itu sebaiknya kamu jangan mandi atau berenang terlalu jauh ke tengah laut. Jika ingin bermain ombak cukup di bibir pantai saja.
  • Jika kulitmu tidak ingin terbakar matahari, maka jangan lupa memakai sunblock sebelum beraktivitas di pantai.
  • Paparan sinar mentari di atas hamparan pasir akan membuat pandangan silau dan kabur, karena itu ada baiknya kamu membawa kacamata hitam. Selain untuk kenyamanan mata, kacamata hitam juga akan membuat penampilanmu semakin stylish.
  • Beranikanlah dirimu untuk mencicipi kuliner unik berupa peyek undur-undur yang dijajakan oleh simbok-simbok.
  • Kawasan Pantai Parangtritis sangatlah luas dan memerlukan waktu lama untuk berjalan dari ujung hingga ujung. Bagi kamu yang ingin mengekplorasi tempat ini, kamu bisa menyewa bendi, ATV, atau kuda supaya tidak terlalu lelah.
  • Untuk mendapatkan pengalaman seru atau gambar-gambar yang indah, datanglah ke Parangtritis pada saat ada Upacara Melasti atau Ritual Labuhan.
Penunggang Kuda Pantai Parangtritis
Penunggang Kuda Pantai Parangtritis. (Reza Fitriyanto/Maioloo.com)
Bermain ATV di Pantai Parangtritis
Untuk menikmati landscape Pantai Parangtritis, warga lokal juga menyewakan ATV untuk membantu pengunjung untuk melihat secara keseluruhan pantai ini. (Reza Fitriyanto/Maioloo.com)
Bermain Bendi di Pantai Parangtritis
Selain ATV, di Pantai Parangtritis juga ada warga lokal yang menyewakan bendi untuk berkeliling menikmati atau menelusuri keindahan pantai ini. (Benedictus Oktaviantoro/Maioloo.com)
Bermain Ombak di Pantai Parangtritis
Seorang pengunjung sedang asik bermain ombak di Pantai Parangtritis. (Benedictus Oktaviantoro/Maioloo.com)
Surfing di Parangtritis
Salah satu anggota DPSC (Dolphin Parangtritis Surf Club) sedang beraksi di atas mistisnya ombak Pantai Parangtritis. (Benedictus Oktaviantoro/Maioloo.com)
Sunset di Pantai Parangtritis
Romantisme sunset di Pantai Parangtritis. (Benedictus Oktaviantoro/Maioloo.com)

2 KOMENTAR

  1. Foto terakhir kesannya gimana gitu. Hahahha… But Pantai Parangtritis ini walaupun ramai tetep asik juga. Apa lagi disaat sunset.

TINGGALKAN KOMENTAR YUK!

Please enter your comment!
Please enter your name here