Pantai Nglambor, Snorkeling Di Antara Dua Kura-Kura Raksasa

Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Snorkeling Pantai Nglambor
Wisatawan sedang snorkeling di Pantai Nglambor. (Yusuf Adhitya Putratama/Pantainglambor.com)

Berbeda dengan pantai-pantai Gunungkidul lainnya, di Pantai Nglambor kamu tidak hanya bisa berenang namun juga bisa menjajal aktivitas snorkeling. Bermodalkan snorkel, kamu bisa melihat indahnya kehidupan di bawah laut. Tak perlu takut terhempas ombak ganas, sebab jauh di depan ada dua pulau karang berbentuk kura-kura raksasa yang siap menjadi penjaga.

Pantai-pantai di Pesisir Selatan Yogyakarta memang berbatasan langsung dengan Samudra Hindia yang berombak ganas. Namun bukan berarti semua pantai tidak bisa digunakan untuk berenang. Di Gunungkidul terdapat pantai indah yang lokasinya terlindung oleh pulau karang, sehingga ombak di pantai tersebut cukup tenang dan aman untuk berenang. Tidak hanya itu, jika kamu berkunjung ke pantai ini kamu bisa melihat kehidupan biota bawah lautnya dengan cara snorkeling. Pantai tersebut adalah Pantai Nglambor.

Pantai yang diapit oleh Pantai Siung dan Pantai Jogan ini dulunya merupakan pantai yang sangat sepi. Pantainya yang tidak terlalu luas dan aksesnya yang cukup sulit membuat wisatan enggan berkunjung ke tempat ini. Satu-satunya keluarga yang mendiami Pantai Nglambor adalah Mbah Tukiyem dan Suaminya, Mbak Kartomo. Alasan mereka tinggal di kawasan pantai ini adalah untuk menjaga ternaknya serta menghalau monyet ekor panjang (Macaca fascicularis) yang sering keluar dari persembunyian dan merusak serta memakan hasil ladang.

Saat wisata pantai di pesisir Gunungkidul mulai melejit, Pantai Nglambor tetaplah sepi. Hingga akhirnya ada sekelompok orang yang menyadari potensi wisata besar pantai ini yang tidak dimiliki pantai-pantai lain, yakni snorkeling. Pantai Nglambor memang tidak seluas Pantai Sepanjang atau seindah Pantai Indyaranti, namun pantai ini memiliki keunikan yaitu bisa digunakan untuk snorkeling. Kondisi perairan di pantai yang menyerupai cekungan ini terbilang aman untuk berenang dan snorkeling karena ada dua bukit karang yang terletak di tengah laut. Bukit karang yang bentuknya menyerupai kura-kura raksasa itu berfungsi sebagai pemecah ombak dan penahan gelombang. Sehingga ombak yang sampai ke pantai tidak besar dan cenderung tenang.

Ombak yang pelan menjadikan biota laut dan terumbu karang tumbuh dengan subur. Air di pantai ini pun jernih, sehingga kamu bisa melihat hingga ke dasar laut. Kombinasi itu lantas menjadikan Pantai Nglambor cocok digunakan sebagai lokasi snorkeling. Ketika kelompok Nglambor Bintang Snorkeling mulai mempromosikan wisata ini, Nglambor pun mulai dikenal wisatawan dan kini berkembang menjadi salah satu destinasi wisata bahari favorit di Gunungkidul.

Meski sudah ramai dikunjungi wisatawan, kondisi Pantai Nglambor masih alami dan bersih. Untuk mencapai bibir pantai kamu harus berjalan melewati ladang kacang dan deretan pohon pandan laut. Kendaraanmu tidak bisa parkir di bibir pantai sebab lokasinya cukup sempit. Kamu harus berjalan kaki lebih dulu atau naik ojek dari tempat parkir. Garis pantai di sini tidak begitu luas, sehingga tidak cocok digunakan untuk bermain voli pantai atau berjemur. Pasirnya juga sedikit berbeda, tidak halus seperti pasir hitam melainkan sedikit kasar. Hal ini dikarenakan pasir Pantai Nglambor terbentuk dari pecahan cangkang biota laut dan karang yang tergerus ombak terus-menerus.

Di Pantai Nglambor kamu bisa memuaskan hasratmu untuk bermain air, mulai dari mandi-mandi, berenang, hingga snorkeling. Kalau ogah basah-basahan, kamu bisa mencari kulit kerang dan batu halus warna-warni, melompat dari satu gugusan karang ke gugusan lainnya, atau trekking mendaki bukit-bukit karang yang memeluk pantai ini. Ombak yang tenang dan air laut yang jernih membuatmu bisa melihat karang, rumput laut, ikan warna-warni yang berkejaran, serta aneka biota penghuni laut dari permukaan. Berada di Nglambor akan memberimu sensasi perjalanan wisata pantai yang berbeda. Jadi, kapan kamu hendak ke Pantai Nglambor?

Snorkeling Pantai Nglambor
Wisatawan Pantai Nglampbor sedang melakukan aktifitas snorkeling. (Yusuf Adhitya Putratama/Pantainglambor.com)

Aktivitas Yang Bisa Dilakukan di Pantai Nglambor

  • Snorkeling
    Snorkeling merupakan magnet utama dari Pantai Nglambor. Kamu bisa memulainya dengan berenang ke tengah dimana air mulai dalam sehingga asyik digunakan snorkeling. Rasakanlah sensasi menyelami kehidupan bawah laut. Kamu bisa melihat aneka ikan kecil warna-warni yang berenang hilir mudir, terumbu karang, juga biota laut lainnya. Sebisa mungkin usahakan agar kaki dan tanganmu tidak bertumpu pada terumbu karang tersebut karena bisa merusak keberadaannya. Ombak yang mengalun pelan akan memberikan sensasi tersendiri. Meskipun asyik snorkeling, ingat selalu untuk tidak berenang hingga melewati batas aman. Ikutilah instruksi guide supaya aktivitas berenang dan snorkelingmu aman.
  • Foto Underwater
    Tak lengkap rasanya jika snorkeling di Pantai Nglambor namun tidak sekalian bergaya di depan kamera. Mumpung sudah berada di kedalaman laut, jangan lupa untuk mengabadikan momen. Kamu bisa bergaya di bawah permukaan air dengan beragam pose suka-suka. Percayalah, saat nanti fotomu diunggah ke social media, teman-temanmu pasti akan banyak yang suka hingga iri. Andaikata kamu tidak memiliki kamera underwater, kamu tak usah khawatir. Jika kamu mengikuti paket snorkeling dari kelompok Bintang Nglambor Snorkeling, biaya yang kamu bayarkan sudah termasuk paket foto underwater. Seru kan?
  • Trekking
    Keberadaan Pantai Nglambor diapit oleh bukit dan tebing-tebing karang. Usai bermain snorkeling, kamu bisa melanjutkan eksplorasi dengan mendaki bukit-bukit tersebut. Dari ketinggian bukit, bentuk dua kura-kura dari pulau karang yang ada di laut akan terlihat semakin jelas. Kamu pun bisa menyaksikan Pantai Nglambor dari ujung hingga ujung. Tak hanya itu, deretan pantai-pantai lain pun terlihat dengan samar, hingga jauh ke Pantai Wediombo. Dari ketinggian bukit ini kamu juga bisa menyaksikan mentari yang perlahan tenggelam di ufuk barat.
  • Susur Pantai
    Jika memiliki waktu luang di akhir pekan dan ingin melakukan kegiatan yang sedikit berbeda, kamu bisa menjajal aktivitas susur pantai. Dimulai dari Pantai Nglambor, kamu bisa melanjutkan perjalanan menyusuri garis pantai ke arah barat atau ke arah timur. Andaikata pilihan pertamamu adalah kea rah timur, maka kamu bisa mendaki bukit-bukit di sebelah timur dan melanjutkan perjalanan ke Pantai Siung, Pantai Watu Lumbung, Pantai Wediombo, dan pantai-pantai lainnya. Sedangkan jika memilih ke barat, kamu akan bertemu dengan Pantai Jogan, Pantai Ngetun, Pantai Timang, Pantai Pok Tunggal, Pantai Indrayanti, dan lain-lain. Pastikan dirimu siap untuk menerima semua kejutan di sepanjang perjalanan. Pemandangan yang indah dan rute menantang akan menjadi daya tarik tersendiri. Jangan lupa untuk berkemah di salah satu pantai supaya perjalananmu lebih berkesan.

Lokasi dan Akses Menuju Pantai Nglambor

Pantai Nglambor terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul. Pantai ini diapit oleh Pantai Siung dan Pantai Jogan, sehingga pos retribusinya menjadi satu dengan Pantai Siung. Dari Yogyakarta Pantai Nglambor bisa ditempuh sekitar 2 – 3 jam perjalanan dengan kendaraan pribadi. Untuk mencapai pantai ini kamu bisa menyusuri jalan menuju Pantai Siung. Setelah melewati pos retribusi, kamu akan bertemu dengan pertigaan. Di pertigaan tersebut kamu belok ke kanan dan menyusuri jalan makadam. Pantai Nglambor berada di ujung jalan tersebut. Kondisi jalannya tidak terlalu lebar sehingga bus pariwisata tidak bisa masuk. Mobil pun tidak bisa sampai ke bibir Pantai Nglambor. Kamu perlu jalan kaki sebentar atau naik ojek untuk mencapai Pantai Nglambor ini.

Harga Tiket dan Sewa Alat

  • Tiket masuk: Rp 5.000 / orang (menjadi satu dengan retribusi Pantai Siung)
  • Jasa Ojek: Rp 5.000
  • Sewa alat snorkel: Rp 35.000 – Rp 50.000
  • Paket snorkeling BNS: Rp 50.000 (fasilitas meliputi masker, snorkel, sepatu karet, pelampung, guide, foto underwater, welcome drink, mushola, ruang ganti dan tempat penitipan barang.

Tips Berwisata ke Pantai Nglambor

  • Aktivitas utama yang ditawarkan oleh Pantai Nglambor adalah berenang dan snorkeling, karena itu pastikan kamu tidak lupa untuk membawa pakaian ganti.
  • Sebelum snorkeling di Pantai Nglambor, ada baiknya kamu menghubungi pengelola lebih dulu untuk mengetahui informasi mengenai kapan waktu terbaik Sebab, tingkat kejernihan dan visibilitas air ditentukan oleh pasang surut ombak. Jangan sampai kamu sudah jauh-jauh datang ternyata tidak bisa snorkeling karena laut sedang surut.
  • Untuk mendapatkan informasi mengenai waktu terbaik snorkeling di Pantai Nglambor kamu bisa menghubungi komunitas Bintang Nglambor Snorkeling pada nomor berikut 087839639249 / 082134692388 (call/sms), 32A9ED87 (BBM), 082134692388 (whatsapp), Pantainglambor (LINE). Kamu juga bisa menghubungi melalui social media instagram @PantaiNglambor, twitter @PantaiNglambor, dan facebook Pantai Nglambor
  • Jika hendak berkunjung pada akhir pekan atau musim liburan, sebaiknya kamu reservasi lebih dahulu supaya tidak kehabisan alat.
  • Jika kamu memiliki peralatan snorkeling sendiri, kamu tidak perlu membayar sewa dan bisa langsung bermain air di Pantai Nglambor.

Pantai-pantai Indah di Dekat Pantai Nglambor

  • Pantai Siung
    Selain tebing Parangndog yang ada di dekat Pantai Parangtritis, tebing-tebing yang ada di Pantai Siung juga menjadi incaran para pemanjat yang haus akan petualangan. Bahkan bisa dibilang tebing-tebing Pantai Siung merupakan surga bagi para pemanjat karena berjumlah sangat banyak dengan karakteristik dan tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Salah satu jalur ekstrim dan favorit para pemanjat ajalah jalur pemanjatan Kuda Laut. Tak hanya surga bagi para pemanjat, bagi para penggemar vitamin-sea Siung juga menjadi pantai yang asyik dikunjungi. Pantainya yang luas serta bukit-bukitnya yang indah membuatmu bisa mengeksplorasi pantai ini dengan maksimal. Jadi, segera siapkan dirimu untuk menjelajahi pantai ini! Bisa dibilang masih satu arah dengan Pantai Nglambor.
  • Pantai Jogan
    Kalau kamu suka pantai dengan panorama yang tidak biasa, maka Pantai Jogan salah satunya. Di pantai ini kamu tidak akan disambut hamparan pasir putih yang luas, melainkan tebing dengan air terjun yang jatuh langsung ke tubir laut. Namun air terjun ini adalah air terjun musiman. Saat musim hujan, debit air terjun ini sangat besar. Sedangkan di musim kemarau debitnya menyusut bahkan terkadang kering. Jika punya nyali, kamu bisa melakukan aktivitas canyoning alias rappeling di bawah guyuran air terjun. Selain itu kamu juga bisa berjalan menuruni anak tangga yang sedikit rapuh guna tiba di dasar air terjun. Saat laut surut kamu bisa duduk-duduk di atas batu karang. Namun pastikan untuk segera bergegas saat laut mulai pasang, sebab dasar air terjun akan berubah diselimuti air dan ombak besar.
  • Pantai Timang
    Tidak terlalu dikenal oleh wisatawan lokal, Pantai Timang justru dikenal oleh stasiun televisi Korea. Pantainya yang unik dan keberadaan kereta gantung atau gondola yang biasa dipakai para pencari lobster untuk menyeberang ke pulau karang yang ada di tengah laut membuat tempat ini cocok sebagai lokasi uji adrenalin. Gondola tersebut tidak terbuat dari besi, melainkan dari kayu dan dihubungkan dengan tali tambang sederhana. Cara kerjanya pun masih manual. Namun justru karena itu pantai ini dijadikan sebagai lokasi syuting reality show channel SBS Korea, Barefoot Friends. Kalau artis Korea saja sudah pernah ke Pantai Timang, masak kamu belum? Gak jauh kok lokasinya dari Pantai Nglambor.
Pemandangan Pantai Nglambor
Pemandangan Pantai Nglambor dari atas tebing. (Benedictus Oktaviantoro/Maioloo.com)
Pantai Nglambor
Seorang wisatawan Pantai Nglambor sedang menikmati pemandangan dari atas. (Benedictus Oktaviantoro/Maioloo.com)
Snorkeling Pantai Nglambor
Wisatawan sedang snorkeling di Pantai Nglambor. (Yusuf Adhitya Putratama/Pantainglambor.com)
Sunbathing di Pantai Nglambor
Wisatawan sedang menikmati Pantai Nglambor dengan cara berjemur. (Yusuf Adhitya Putratama/Pantainglambor.com)
Seunset Pantai Nglambor
Sunset Pantai Nglambor. (Benedictus Oktaviantoro/Maioloo.com)

TINGGALKAN KOMENTAR YUK!

Please enter your comment!
Please enter your name here