Pantai Kesirat, Sepotong Senja di Bawah Naungan Pohon Tua

Dusun Wiloso, Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Sunset Pantai Kesirat, Yogyakarta
Pengunjung sedang menikmati suasana sunset di Pantai Kesirat, Yogyakarta. (© Fajar Saprol)

Meski tidak memiliki hamparan pasir putih nan lembut, Pantai Kesirat selalu berhasil memikat siapa pun yang datang. Di pantai yang berupa tebing ini, kamu akan disuguhi pemandangan senja yang menawan lengkap dengan pohon tunggal yang menjadi ikon Pantai ini.

Tak perlu membayangkan tentang hamparan pasir putih, gemericik ombak yang menyapu bibir pantai, atau hewan-hewan laut kecil yang berlarian diantara pasir serta renik sisa karang yang dihantam ombak. Ya, Pantai Kesirat tidak menawarkan pemandangan seperti itu. Pantai ini justru mempunyai pesona tersendiri lewat panorama senja yang luar biasa indah dengan pohon abadi sebagai ikon yang menegaskan bahwa di pantai ini tidak pernah kehabisan cerita tentang senja.

Pantai Kesirat merupakan satu dari sekian banyak pantai indah di wilayah Gunung Kidul. Pantai yang juga dikenal dengan nama Pantai Gesirat ini berupa tebing karang sehingga kamu tidak akan menemukan hamparan pasir putih. Tebing yang ada di Pantai Kesirat berbatasan langsung dengan laut lepas. Para pengunjung yang datang ke pantai ini harus puas menikmati keindahan pantai di atas tebing yang ditumbuhi rumput hijau.

Pantai Kesirat memiliki satu pohon oleh penduduk setempat dan para pengunjung disebut sebagai pohon abadi. Pohon tunggal yang tumbuh tepat di bibir tebing itu terlihat begitu mencolok dan mencuri perhatian. Saat musim penghujan, pohon akan dipenuhi dengan daun hijau yang rimbun. Namun saat musim kemarau tiba, satu persatu daun akan berguguran hingga menyisakan batang pohon dan ranting-ranting yang nyaris gundul. Kehadiran pohon tersebut menjadi begitu menarik dan semakin mempercantik pemandangan di Kesirat saat senja tiba. Wisatawan pun biasanya tak lupa untuk berpose di bawah pohon tersebut.

Dulunya, pantai ini hanya terkenal di kalangan pemancing sebagai salah satu spot terbaik untuk memancing dari atas tebing karang alias rock fishing. Selain Kesirat, ada juga Tebing Laut Bekah yang memiliki kontur nyaris sama dan juga menjadi lokasi memancing favorit. Namun lambat laun pesona Kesirat mulai terungkap. Satu persatu wisatawan berdatangan untuk mengunjungi pantai ini guna menikmati panorama mentari yang tenggelam di ufuk jauh.

Selain surga wisata tersembunyi dan populer di kalangan pemancing, pantai ini juga merupakan tempat yang disakralkan oleh penduduk setempat. Sekali dalam setahun, di Pantai Kesirat dilangsungkan tradisi ngalap berkah atau brubuh-brubuh. Tradisi yang bertujuan sebagai ucapan syukur ini berawal dari kearifan lokal masyarakat Jawa pada lingkungan dengan tidak menebang pohon sembarangan.

Pantai Kesirat, Gunung Kidul, Yogyakarta
Pemandangan di Pantai Kesirat, Gunung Kidul, Yogyakarta. (Benedictus Oktaviantoro/Maioloo.com)

Aktivitas Yang Bisa Dilakukan di Pantai Kesirat

  • Memancing
    Dengan garis pantai berupa tebing yang berbatasan langsung dengan laut lepas menjadikan Pantai Kesirat dinobatkan sebagai salah satu spot rock fishing terbaik. Menurut para pemancing, wilayah Kesirat kaya akan berbagai macam jenis ikan. Untuk menuntaskan hasrat para pemancing, di salah satu sudut Pantai Kesirat dibangun sebuah pondok sederhana. Di pondok ini biasanya para pemancing akan bercengkerama sembari menunggu kail tersambar ikan. Kalau kamu hobi memancing, maka kamu wajib menjajal aktivitas rock fishing di pantai ini.
  • Camping
    Pantai Kesirat memang tidak memiliki hamparan pasir karena merupakan tipe pantai tebing, tetapi pantai ini memiliki hamparan rumput yang cukup luas yang sangat cocok digunakan untuk camping. Kamu bisa menghabiskan waktu dengan menikmati senja nan eksotis di Pantai Kesirat dan ditutup dengan kegiatan camping. Pesona malam hari di pantai ini pun tidak kalah indahnya. Deburan ombak yang menghantam tebing karang menjadi lullaby yang akan menemani tidurmu. Kamu pun bisa membuat api unggun dan mengadakan barbeque party. Lokasi pantai yang jauh dari areal perkampungan membuatmu bebas untuk bernyanyi sekencang-kencangnya hingga dini hari. Eits, tapi sesudah camping dan membuat api unggun pastikan sebelum meninggalkan tempat ini semua sampah kamu bersihkan ya!
  • Sunset Seeing
    Waktu paling asyik untuk berkunjung ke Pantai Kesirat itu pada sore hari. Saat itu cuaca masih cerah, namun mentari sudah tidak terlalu bersinar terik. Angin sepoi-sepoi lembut yang mempermainkan anak rambutmu akan menjadi bumbu yang menyenangkan. Saat senja mulai menua, kamu bisa menyaksikan matahari yang perlahan surup di tengah laut lantas menghilang. Pemandangan indah ini semakin magis dengan adanya foreground berupa pohon tua yang berdiri sendirian. Pohon yang menjadi ikon Pantai Kesirat ini juga bisa menjadi obyek bidikan yang menarik.
  • Star Gazing
    Saat malam tiba dan semesta menjadi gelap, saat itulah waktu terbaik untuk menikmati taburan bintang yang membedaki angkasa. Di tengah kegelapan total kamu bisa melihat jutaan partikel cahaya yang berkelap-kelip. Sesekali akan ada bintang jatuh yang melintas dengan sangat cepat. Mengabadikan galaksi Bima Sakti melalui kamera akan menjadi salah satu aktivitas menarik yang bisa kamu lakukan di tempat ini.

Lokasi dan Akses Menuju Pantai Kesirat

Pantai Kesirat terletak di Dusun Wiloso, Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul. Pantai tebing ini berbatasan langsung dengan Pantai Wohkudu. Dari pusat Kota Yogyakarta Pantai Kesirat bisa ditempuh sekitar 2 jam perjalanan dengan rute Jogja – Imogiri – Panggang. Jika melalui rute Jalan Wonosari – Patuk, maka waktu yang kamu perlukan akan jauh lebih lama.

Baca juga: Pantai Wohkudu, Secercah Keindahan di Antara Dua Tebing

Sepanjang jalan menuju Pantai Wohkudu, kamu akan ditemani bentang alam yang indah berupa bukit-bukit, lembah, serta hutan di kanan kirinya. Tapi pastikan kendaraanmu dalam kondisi prima, sebab rute antara Selopamioro hingga Panggang berupa tanjakan terjal yang berkelok. Jika kamu sudah tiba di daerah Panggang, kamu bisa mencari petunjuk arah menuju Pantai Gesing, setelah itu kamu akan menemukan petunjuk arah menuju Pantai Kesirat. Andai kamu bingung, tanyakanlah rute kepada penduduk lokal yang akan membantumu dengan ramah.

Harga Tiket

Sebelum masuk ke wilayah pantai ini kamu wajib membayar biaya sebesar Rp 3.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil di pos penarikan retribusi di desa terakhir. Selain itu kamu juga dikenai biaya parkir.

Pantai-pantai Lain di Sekitar Pantai Kesirat

  • Pantai Wohkudu
    Pantai ini bersebelahan dengan Pantai Kesirat, tepatnya berada sebelum Pantai Kesirat. Ada papan yang menunjukan lokasi Pantai Wohkudu. Disitu adalah batas terakhir kendaraan kamu, sekaligus tempat parkir serta penitipan kendaraan. Untuk sampai ke Pantai Wohkudu kamu harus meneruskan perjalanan dengan tracking menuruni bukit hingga sampai di Pantai Wohkdu. Jika Pantai Kesirat merupakan tipe pantai tebing lain halnya dengan Pantai Wohkudu, disini kamu bisa menemukan pasir putih dan bisa bercengkerama langsung dengan ombak ataupun karang-karang di sekitar pantai. Di pantai ini juga terdapat tanah lapang yang bisa digunakan untuk camping.
  • Pantai Celeng Tibo
    Pantai lainnya yang terdekat adalah Pantai Celeng Tibo. Untuk menuju ke pantai yang terletak di sebelah barat Pantai Kesirat ini kamu harus menyusuri jalan setapak sekitar 10 – 15 menit. Jika kamu sudah menemukan celah di antara dua pertemuan tebing, itu tandanya kamu sudah tiba di Pantai Celeng Tibo. Di tempat ini ada bangunan bambu yang disusun oleh nelayan setempat dan biasa digunakan sebagai tempat memancing.
Pagi di Pantai Kesirat, Gunung Kidul, Yogyakarta
Pemandangan di Pantai Kesirat, Gunung Kidul, Yogyakarta (Benedictus Oktaviantoro/Maioloo.com)
Bertualang di Pantai Kesirat, Gunung Kidul, Yogyakarta
Wisatawan Pantai Kesirat, Gunung Kidul, Yogyakarta. (Benedictus Oktaviantoro/Maioloo.com)
Pengunjung , Gunung Kidul, Yogyakarta
Seorang pengunjung sedang menikmati suasana pagi di Pantai Kesirat, Gunung Kidul, Yogyakarta. (Benedictus Oktaviantoro/Maioloo.com)
Wisatawan Pantai Kesirat, Gunung Kidul, Yogyakarta
Wisatawan sedang mempersiapan alat pancing di Pantai Kesirat, Gunung Kidul, Yogyakarta. (Benedictus Oktaviantoro/Maioloo.com)

TINGGALKAN KOMENTAR YUK!

Please enter your comment!
Please enter your name here