Pantai Jungwok, Surga Kecil Bagi Pecinta Camping

Desa Jepitu, Kelurahan Tepus, Kecamatan Girisobo, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Pantai Jungwok
Lenskap Pantai Jungwok, Gunungkidul, Yogyakarta. (Benedictus Oktaviantoro/Maioloo.com)

Pantai Jungwok menawarkan panorama pantai berpasir putih dengan garis pantai melengkung. Lokasinya yang sepi dan cukup luas menjadikan Jungwok sebagai surga kecil bagi pecinta camping. Di sebelah pantai ini terdapat Bukit Manjung yang menjanjikan panorama spektakuler serta lokasi camping yang ciamik.

Membincang pantai di Gunungkidul seolah tidak pernah ada habisnya. Dari waktu ke waktu pantai-pantai baru bermunculan. Yang dimaksud dengan pantai baru sebenarnya adalah pantai tersembunyi yang selama ini belum diketahui keberadaannya. Salah satu pantai baru yang mulai terdengar gaungnya adalah Pantai Jungwok. Berdekatan dengan Pantai Wediombo, pantai dengan pasir putih ini mempunyai daya tarik tersendiri bagi wisawatan. Selain alamnya yang asri dan suasananya sepi, Pantai Jungwok memiliki keunikan tersendiri yakni kontur pantai yang berbentuk cekung dibandingkan dengan pantai-pantai lainnya di Gunungkidul. Keindahan ini dapat dinikmati ketika kamu naik ke atas bukit di sebelah kanan pantai.

Lantunan ombak yang memecah karang menandakan bahwa pantai ini mempunyai gelombang yang cukup besar. Untuk itu disarankan kamu tidak bermain air ketika laut sedang pasang. Kamu dapat menikmati pantai ini dengan duduk santai di pasir putihnya, bercengkerama dengan kawan, bermain voli pantai, atau berayun di atas hammock. Pantai Jungwok ini memiliki deretan tanaman pandan laut yang tumbuh subur di sepanjang bibir pantai. Batuan karang yang terdapat di ujung kanan serta kiri pantai bisa menjadi background dan foreground indah untuk foto-foto yang kamu ciptakan. Disini kamu juga bisa bermain teknik pemotretan slowspeed.

Meski pada hari-hari biasa pantai ini sepi, pada akhir pekan dan musim liburan Pantai Jungwok bisa berubah ramai oleh pengunjung. Mereka biasanya sekelompok pemuda yang ingin menghabiskan malam bersama kawan-kawannya. Sepanjang pantai ini akan diwarnai dengan tenda dome yang mirip dengan jamur-jamur lucu di negeri dongeng. Beberapa dari mereka mengaku tertarik untuk camping di pantai ini karena tempatnya yang masih alami dan butuh perjuangan untuk mencapainya. Pantai ini memang menjadi idaman bagi yang hobby camping, mengingat pantai yang ada cukup panjang dan masih sepi.

Ketika kamu berada di pantai ini, kamu bisa melayangkan pandang ke atas bukit di sebelah kanan pantai. Bukit ini terlihat hijau akibat diselimuti rumput yang tumbuh dengan liar namun rapi, layaknya rumput lapangan sepak bola. Untuk mencapai bukit ini kamu bisa berjalan kaki melewati jalan setapak yang ada. Dari ketinggian bukit ini kamu bisa menyaksikan eloknya bentang alam Indonesia yang membuatmu bersyukur bisa hidup di negara seindah ini. Oleh penduduk setempat, bukit tersebut dikenal dengan nama Bukit Manjung.

Meski Pantai Jungwok terbilang masih sepi dan belum dikembangkan oleh warga dan pemerintah, di Pantai Jungwok ini sudah terdapat fasilitas sederhana berupa toilet, warung, serta tempat parkir. Toilet dan warung adalah kepunyaan warga yang tinggal di tepi pantai, yakni Pak Muji beserta istrinya. Jika suatu saat kamu ingin camping di pantai ini, Pak Muji dengan senang hati akan menemani dan membantumu menyiapkan beberapa hal yang kamu perlukan.

Pantai Jungwok
Lenskap Pantai Jungwok, Gunungkidul, Yogyakarta. (Benedictus Oktaviantoro/Maioloo.com)

Aktivitas Yang Bisa Dilakukan di Pantai Jungwok

  • Camping
    Pantai Jungwok terkenal dengan lokasinya yang tenang, nyaman, dan asyik untuk camping. Bersama sanak kerabat, kamu bisa mendirikan tenda di tepi laut dan menikmati malam di tempat ini. Suasana yang tenang, jauh dari jalan besar, serta belum ramai pengunjung memberikan sensasi pantai pribadi, seolah-olah pantai indah ini hanyalah milikmu seorang. Untuk menambah semarak suasana, kamu bisa membuat api unggun dan mengadakan barbeque party. Memanggang daging yang dibawa dari rumah atau ikan hasil memancingmu sepanjang sore akan menjadi kegiatan menarik. Puas menikmati makan malam, kamu pun bisa memandang galaksi bimasakti yang terlihat jelas di langit malam sembari tiduran di atas pasir atau berayun di atas hammock yang dikaitkan diantara pohon pandan laut. Jika kamu ingin suasana yang berbeda, kamu bisa berjalan ke arah Bukit Manjung di sisi kanan pantai dan mendirikan tenda di sana. Saat pagi hari membuka pintu tenda, kamu akan disambut dengan lukisan alam yang sempurna dan dijamin akan membuatmu ketagihan untuk mengulanginya.
  • Trekking
    Jika duduk-duduk di tepi pantai sudah terasa menjemukan, kamu bisa melakukan trekking di sekitar Pantai Jungwok. Ada dua pilihan rute trekking, ke arah barat serta ke arah timur, masing-masing memiliki pesonanya sendiri-sendiri. Kalau kamu menyusuri bukit sebelah kiri alias berjalan ke arah timur, kamu akan menemukan beberapa pantai yang teramat sepi dan belum banyak diketahui keberadaannya oleh para pelancong. Pantai-pantai tersebut antara lain Pantai Greweng, Pantai Sedahan, dan Pantai Dadapan. Pantai yang masih virgin tersebut biasanya hanya dikunjungi oleh pemancing serta orang-orang yang sedang mencari bulu babi. Seandainya kamu trekking ke arah barat, kamu akan menjumpai Bukit Manjung yang hijau subur. Dari ketinggian bukit ini kamu bisa melihat laut luas hingga ke batas cakrawala, ombak yang bergulung-gulung menghempas bibir pantai, serta deretan perbukitan karst.
  • Memancing
    Bagi warga setempat, Pantai Jungwok termasuk salah satu tempat memancing favorit. Biasanya mereka akan menyusuri bukit-bukit karang di sekitar pantai. Jika membawa alat pancing, kamu pun bisa bergabung dengan mereka untuk memancing atau hanya sekadar bertanya di mana spot terbaik untuk memancing. Kalau sudah tahu tempat yang tepat, silakan lemparkan mata kailmu ke laut. Siapa tahu ada banyak ikan yang tertarik dengan umpanmu sehingga kamu bisa mendapatkan lauk untuk makan malam.

Lokasi dan Akses Menuju Pantai Jungwok

Pantai Jungwok terletak di Desa Jepitu, Kelurahan Tepus, Kecamatan Girisobo, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai ini sederet dengan Pantai Wediombo, tepatnya di sebelah timurnya. Sudah ada papan penunjuk arah menuju pantai ini, sehingga kamu tidak perlu khawatir akan tersesat. Jika kamu datang dari arah Tepus, maka Pantai Jungwok merupakan pantai paling ujung. Dari Yogyakarta Pantai Jungwok bisa dicapai sekitar 2 – 3 jam menggunakan kendaraan pribadi.

Jika kamu datang dari Yogyakarta, sesampainya Kota Wonosari silakan ambil jalan lurus ke Kecamatan Semanu. Dari Pertigaan Semanu belok kanan dan ikuti jalan terus menuju arah Pantai Wediombo. Sebelum memasuki kawasan Pantai Wediombo, kamu akan melihat plang Pantai Jungwok disebelah kiri jalan. Selanjutnya kamu bisa menyusuri jalan tanah sepanjang kurang lebih 1 km hingga tiba di Pantai Jungwok. Sedangkan rute lain adalah Yogyakarta – Jalan Wonosari – Patuk – Pasar Wonosari belok kanan – pertigaan Mulo belok kiri – Pertigaan Siung lurus – Pertigaan Wediombo belok kanan.

Retribusi Pantai Jungwok

  • Tiket: Rp 5.000 (satu pintu masuk dengan Pantai Wediombo)
  • Parkir motor: Rp 2.000 (tidak menginap), Rp 5.000 (menginap)
  • Parkir mobil: Rp 3.000 (tidak menginap), Rp 10.000 (menginap)

Tempat Wisata Dan Lokasi Menarik di Sekitar Pantai Jungwok

  • Pantai Wediombo
    Pantai dengan hamparan pasir yang lumayan luas ini terletak bersebelahan dengan Pantai Jungwok. Selain pantai berpasir, di pantai ini juga terdapat gugusan batuan yang membentuk laguna dan bisa digunakan untuk berenang serta snorkeling. Saat ini Pantai Wediombo menjadi salah satu spot surfing dengan ombak terbaik di Yogyakarta. Tiap akhir pekan kawasan ini mulai ramai didatangi para peselancar yang ingin menari di atas ombak. Berhubung Pantai Wediombo menghadap ke arah barat, maka senja di pantai ini sangat epic.
  • Pantai Greweng
    Mungkin pantai ini masih asing terdengar di telinga, namun beberapa pengunjung sudah menginjakkan kakinya di Pantai Greweng. Untuk mencapai pantai ini kamu harus trekking terlebih dahulu selama 30 menit dari Pantai Jungwok melewati areal ladang dan bukit karst. Namun semua lelahmu akan terbayar lunas tatkala tiba di pantai ini. Ombak yang mengalun merdu, hamparan pasir putih, aliran sungai kecil, serta suasana yang masih sepi menjadikan pantai ini cocok digunakan sebagai tempat menyepi.
  • Pantai Watu Lumbung
    Akhir-akhir ini, nama Pantai Watu Lumbung mulai sering disebut oleh para netizen di media sosial. Pantai yang belum digarap ini terletak di sebelah timur Pantai Wediombo. Sebuah batu karang besar di tengah laut yang menyerupai Pantai Papuma, Jember, menjadi ciri khas Pantai Watu Lumbung. Pantai Watu Lumbung dipenuhi batuan karang halus di setiap sudutnya dan sedikit pasit putih yang tertutup kerikil. Pantai ini masih sepi, sehingga cocok bagi kamu yang tidak suka dengan hiruk pikuk keramaian. Tertarik untuk berkunjung?

Tips Berwisata ke Pantai Jungwok

  • Bawalah bekal makanan dan minuman dari rumah tatkala berkunjung ke Pantai Jungwok. Meski di sini sudah ada satu warung, hal tersebut tidak menjamin kamu bisa mendapatkan makanan. Sebab pada hari-hari biasa yang tidak ramai pengunjung warung tersebut sering tutup.
  • Pantai Jungwok jauh dari permukiman warga. Karena itu jika kamu ingin camping di tempat ini kamu wajib mempersiapkan semua perlengkapan dan peralatan dengan teliti, jangan sampai ada yang tertinggal.
  • Saat musim penghujan tiba, kendaraan akan sulit mencapai bibir pantai. Jalan tanah yang biasa dilalui akan menjadi berlumpur. Jika dipaksakan maka kendaraanmu akan selip. Kendaraan biasanya diparkir di depan pintu masuk sebelum jalan tanah dan kamu harus melanjutkannya dengan berjalan kaki sekitar 20 menit untuk sampai di pantai.
  • Jika kamu menginap dan membuat api unggun, pastikan apinya sudah benar-benar mati tatkala kamu hendak meninggalkan tempat ini. Sebisa mungkin bersihkan sisa-sisa pembakaran supaya tidak mengotori Pantai Jungwok.
  • Jadilah pejalan yang beretika dengan menjaga kebersihan dan kesopanan di Pantai Jungwok ini.
Wisatawan Pantai Jungwok
Wisatawan sedang bermain di Pantai Jungwok. (Benedictus Oktaviantoro/Maioloo.com)
Wisatawan Pantai Jungwok
Wisatawan sedang bermain di Pantai Jungwok. (Benedictus Oktaviantoro/Maioloo.com)
Wisatawan Pantai Jungwok
Wisatawan sedang bermain di Pantai Jungwok. (Benedictus Oktaviantoro/Maioloo.com)
Menikmati Pantai Jungwok
Seorang wisatawan sedang menikmati pemandangan Pantai Jungwok. (Benedictus Oktaviantoro/Maioloo.com)
Ombak Pantai Jungwok
Salah satu tempat yang menarik di Pantai Jungwok adalah di sini. Ketika ombak menghantam karang, air laut akan mengalir ke daratan dan membentuk ribuan buih. (Benedictus Oktaviantoro/Maioloo.com)
Petani Rumput Laut Pantai Jungwok
Warga lokal sedang menuai rumput laut yang tumbuh di celah-celah karang Pantai Jungwok untuk di konsumsi. (Benedictus Oktaviantoro/Maioloo.com)
Mencari Rumput Laut di Pantai Jungwok
Selain memancing, warga lokal juga mengambil hasil alam berupa rumput yang menempel di karang-karang untuk di masak. (Benedictus Oktaviantoro/Maioloo.com)
Dibalik Tebing Pantai Jungwok
Lokasi ini berada di balik tebing Pantai Jungwok dan mengarah ke Pantai Wediombo. (Benedictus Oktaviantoro/Maioloo.com)

3 KOMENTAR

  1. buat yang mau camping, hati-hati memilih spot.. jgn terlalu dekat bibir pantai…
    trus juga, jgn nyampah…
    selamat camping di NjungWoK

    • Setuju kak. Hati-hati dan tetap jaga kebersihan Pantai Jungwok. Kalau bukan kita, siapa lagi. 🙂

TINGGALKAN KOMENTAR YUK!

Please enter your comment!
Please enter your name here