Hutan Pinus Mangunan, Kidung Sunyi Pinus Merkusii

Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul

Hutan Pinus Mangunan, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta
Wisatawan di Hutan Pinus Mangunan, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. (Benedictus Oktaviantoro/Maioloo.com)

Sinar mentari keemasan yang menerobos pucuk-pucuk pinus dan menghujam tepat ke permukaan tanah menciptakan guratan dan bias cahaya yang mempesona. Deretan pohon yang menjulang tinggi berlatar langit biru menjadi komposisi yang indah. Pantas saja jika Hutan Pinus Mangunan menjadi salah satu destinasi hunting foto terbaik di Jogja.

Sejuk dan menenteramkan. Itulah kesan pertama yang akan kamu rasakan saat pertama kali menyusuri jalanan berbukit di Hutan Pinus Mangunan atau yang juga populer dengan nama Hutan Pinus Imogiri. Ribuan pohon pinus yang tegak menjulang menantang langit seolah menjadi penjaga yang siap melindungimu dari terpaan terik mentari. Kesiur angin yang menelusup di celah-celah pohon akan turut menerbangkan rasa gundahmu.

Hutan Pinus Mangunan merupakan tempat yang tepat untuk melarikan diri sejenak dari riuh dan hiruk pikuknya rutinitas. Di tempat ini tidak ada deadline yang memburu, bising kendaraan yang memekakkan telinga, atau omelan mama yang bertanya kapan lulus kuliah. Semua terasa begitu bebas dan lepas. Sejauh mata memandang yang terlihat hanyalah pohon, pohon, dan pohon. Namun hati-hati jika datang sendiri, jangan sampai kamu โ€œbaperโ€ tatkala melihat pasangan muda-mudi yang asyik selfie atau mereka yang melakukan sesi foto prewedding.

Sebelum menjadi salah satu destinasi wisata yang populer, awalnya Hutan Pinus Mangunan adalah lahan tandus. Kemudian kawasan seluas 500 Ha ini ditanami dengan pohon Pinus Merkusii, Mahoni, Akasia, Kemiri, dan Kayu Putih. Selang bertahun-tahun kemudian, pohon-pohon tersebut tumbuh dengan subur. Lahan tandus pun berubah menjadi hutan. Khusus area yang ditanami pohon pinus lantas dikembangkan menjadi salah satu destinasi wisata.

Guna menambah asyik suasana, di kawasan hutan ini sudah dibangun menara pandang di atas pohon. Jadi kamu bisa naik ke menara tersebut dan melayangkan pandang ke segala penjuru. Jika kamu pede dan cuek, kamu boleh berteriak sekencang-kencangnya untuk meluapkan segala rasa. Suaramu yang memantul di pepohonan akan menimbulkan gema. Selain menara pandang, disini juga tersedia bangku-bangku yang dibuat dari gelondongan batang pohon yang sudah tua. Kamu bisa bersantai di bangku-bangku itu.

Jika kamu ingin menikmati damainya suasana Hutan Pinus Mangunan, kamu bisa datang kapan pun yang kamu inginkan. Sebab kawasan ini tidak menerapkan jam buka pengunjung. Pagi hari merupakan waktu terbaik untuk menikmati suasana hutan yang khas, lengkap dengan aroma embun yang menguap tertimpa pantulan mentari. Sedangkan sore menjadi saat yang syahdu untuk menikmati desau angin dan melihat mega yang berubah warna.

Aktivitas Yang Bisa Dilakukan di Hutan Pinus Mangunan

  • Photo Session
    Kondisi Hutan Pinus Mangunan yang menyerupai lokasi syuting beberapa film hollywood menjadikan kawasan ini sebagai lokasi favorit hunting foto. Baik foto selfie maupun sesi foto yang terkonsep seperti pre wedding. Hampir seluruh spot di Hutan Pinus Mangunan bisa dijadikan lokasi foto. Kalau istilahnya anak sekarang sih instagram-able. Kamu bisa berfoto di antara pohon pinus yang menjulang, duduk di bangku kayu di bawah pohon pinus, atau berfoto dari gardu pandang atau rumah pohon yang sudah disediakan pihak pengelola. Mau bergaya ala Syahrini sambil gegoleran di atas hamparan daun-daun kering juga boleh. Di tempat ini kamu bisa mengekspresikan gaya sesukamu.
  • Picnic Party
    Bagi kamu yang suka piknik asyik, Hutan Pinus Mangunan cocok dijadikan tujuan piknik berikutnya. Bawalah tikar serta keranjang berisi makanan dan minuman. Sesampainya disana kamu bisa membentangkan tikar dan menikmati aneka cemilan. Supaya suasana lebih seru bawalah gitar untuk berdendang bersama. Pastikan juga kamu dan teman-temanmu memakai kostum bertema piknik lengkap dengan topi lebar. Dijamin liburanmu akan berkesan.
  • Hammocking
    Tak ada salahnya kamu kembali ke masa kanak-kanak saat berkunjung ke Hutan Pinus Mangunan. Duduk santai di atas hammock sambil berayun-ayun di tengah hutan pinus dan membaca buku kesayangan merupakan salah satu cara mengembalikan kesegaran otak dan pikiranmu. Kamu bisa membawa hammock sendiri dari rumah, karena pihak pengelola tidak menyediakan persewaan ayunan ini.
  • Naik ke Menara Pandang
    Menara pandang yang menyerupai rumah pohon bisa kamu temui di Hutan Pinus Mangunan. Ada dua gardu pandang yang bisa kamu coba. Gardu pandang pertama tidak terlalu tinggi, namun kamu masih bisa melihat bagaimana perbukitan di sekitar Hutan Pinus Mangunan. Gardu pandang kedua terdiri dari dua tingkat, kamu bisa mencoba keduanya untuk merasakan sensasi di ketinggian yang berbeda. Semakin tinggi, angin bertiup makin kencang. Jadi, kamu harus tetap hati-hati karena semua gardu pandang dibuat dari alat yang sederhana.
  • Duduk Santai di Bangku Kayu
    Puas hunting foto, kamu bisa beristirahat di bangku yang telah disediakan pengelola Hutan Pinus Mangunan. Tak perlu khawatir kehabisan bangku, pihak pengelola menyiapkan puluhan bangku sederhana bagi pengunjung. Kamu bisa memilih sendiri tempat duduk yang diinginkan. Jika lapar, kamu bisa menghabiskan bekal sembari berceloteh dengan rekan yang lain. Tetapi kamu harus bisa menjaga kebersihan di sana. Pihak pengelola telah menyiapkan tempat sampah bagi wisatawan, jadi tidak boleh merusak atau mengotori kawasan Hutan Pinus Mangunan
  • Trekking
    Jauh di dalam Hutan Pinus Mangunan terdapat sumber mata air Bengkuang. Konon dulunya tempat ini merupakan lokasi pertapaan Sultan Agung Hanyakrakusuma. Untuk mencapai mata air yang pernah direnovasi oleh pemerintah Belanda ini kamu bisa menyusuri jalur outbond Watu Abang menembus hutan yang rapat. Percayalah, trekking di hutan pinus yang rimbun akan menawarkan sensasi petualangan tersendiri. Siapa tahu di tengah jalan kamu bisa bertemu sosok setampan Robinhood #yakaliii.

Lokasi dan Akses Hutan Pinus Mangunan

Hutan Pinus Mangunan terletak di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Lokasinya tidak terlalu jauh dari Kompleks Makam Raja-Raja Imogiri dan Kebun Buah Mangunan. Berhubung tidak ada angkutan umum yang melayani trayek hingga ke tempat ini maka lebih baik kamu membawa kendaraan pribadi. Dari Terminal Giwangan, Jogja, kamu bisa menyusuri Jalan Imogiri Timur. Jika sudah sampai di Imogiri kamu bisa mengikuti petunjuk arah yang sudah ada. Kondisi jalan sudah beraspal, sehingga perjalananmu akan lebih mudah.

Harga Tiket

Untuk menikmati pesona Hutan Pinus Mangunan ini kamu tidak perlu membayar tiket masuk. Kamu hanya cukup membayar biaya parkir kendaraan sebesar Rp 3.000 untuk sepeda motor dan Rp 10.000 untuk mobil.

Tempat Wisata dan Lokasi Asik di Sekitar Hutan Pinus Mangunan

  • Kebun Buah Mangunan
    Tak jauh dari Hutan Pinus Mangunan terdapat satu destinasi wisata yang tak kalah ngehits-nya, yakni Kebun Buah Mangunan. Terletak pada ketinggian 150 โ€“ 200 mdpl, obyek wisata ini tidak hanya menyajikan deretan pohon buah-buahan yang tertata apik. Daya tarik utama dari kebun buah ini adalah keberadaan satu spot menarik di puncak bukit. Dari ketinggian itu kamu bisa menyaksikan hamparan lembah dan ngarai yang berhiaskan Sungai Oyo. Aliran sungai yang meliuk-liuk menciptakan pemandangan yang indah. Di pagi hari kamu bisa melihat sungai yang tertutup kabut. Epic!
  • Puncak Becici
    Hutan Pinus di Jogja tidak hanya di Mangunan saja, tak jauh dari kawasan ini terdapat hutan pinus lain yang dikenal karena keberadaan Puncak Becici. Di Puncak Becici terdapat gardu pandang menyerupai gardu pandang di Hutan Wisata Kalibiru, Kulonprogo. Dari ketinggian gardu pandang ini kamu bisa melihat kegagahan Gunung Merapi serta bukit-bukit dan pegunungan nun jauh disana. Pastikan baterai gawaimu full sebelum mengunjungi tempat ini supaya kamu bisa mengambil gambar sepuasnya.
  • Air Terjun Lepo
    Kalau kamu suka bermain air, usai mengunjungi Hutan Pinus Mangunan tak ada salahnya mampir sejenak ke air terjun atau Grojogan Lepo yang terletak di Dusun Pokoh 1, Dlingo, Bantul. Berbeda dengan air terjun pada umumnya yang airnya terjun bebas dari ketinggian tebing, disini airnya mengalir ke dalam kedung atau kolam alami yang bertingkat-tingkat. Meski ukuran air terjunnya tidak tinggi, keberadaan kedung yang bertingkat menjadi daya pikat tersendiri. Kamu bisa berenang di kolam alami itu sepuasnya.
  • Jembatan Gantung Siluk
    Berwarna kuning terang, jembatan gantung yang membentang di atas aliran Sungai Oya ini terlihat begitu mencolok mata. Bahkan saat berada di Kebun Buah Mangunan pun jembatan ini bisa terlihat dengan jelas. Karena keunikannya, jembatan gantung ini kerap dijadikan lokasi pemotretan. Kalau kamu tertarik kamu juga bisa mengunjunginya.
Suasana Pagi Hutan Pinus Mangunan
Suasana pagi di Hutan Pinus Mangunan, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. (Benedictus Oktaviantoro/Maioloo.com)
Duduk Santai di Hutan Pinus Mangunan
Duduk santai di Hutan Pinus Mangunan, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. (Benedictus Oktaviantoro/Maioloo.com)
Gardu Pandang Hutan Pinus Mangunan
Gardu pandang buatan di Hutan Pinus Mangunan, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. (Benedictus Oktaviantoro/Maioloo.com)
Hutan Pinus Mangunan
Pohon pinus yang menjulang tinggi di Hutan Pinus Mangunan, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. (Benedictus Oktaviantoro/Maioloo.com)
Hunting Foto di Hutan Pinus Mangunan
Hunting foto di Hutan Pinus Mangunan, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. (Benedictus Oktaviantoro/Maioloo.com)
Gardu Pandang Hutan Pinus Mangunan
Seorang wisatawan sedang menikmati pemandangan di gardu pandang Hutan Pinus Mangunan, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. (Benedictus Oktaviantoro/Maioloo.com)
Pohon Kayu Putih di Hutan Pinus Mangunan
Pohon kayu putih di Hutan Pinus Mangunan, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. (Benedictus Oktaviantoro/Maioloo.com)
Wisatawan di Huan Pinus Mangunan
Wisatawan sedang mengumpulkan buah pinus di Hutan Pinus Mangunan, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. (Benedictus Oktaviantoro/Maioloo.com)
Buah Pinus di Hutan Pinus Mangunan
Buah pinus di Hutan Pinus Mangunan, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. (Benedictus Oktaviantoro/Maioloo.com)

2 KOMENTAR

  1. Di update dong min foto-fotonya. Banyak yang baru dan menarik di hutan pinus mangunan sekarang. Yakin banget kalo team maioloo yang foto bakal kece banget deh. Hihiii

    • Hallo kak sebelumnya terima kasih sudah berkunjung di web kami. Nanti kami usahakan untuk update foto-foto hutan pinus mangunan ya. Emang banyak update si di sana. ๐Ÿ™‚

TINGGALKAN KOMENTAR YUK!

Please enter your comment!
Please enter your name here