Salah satu instalasi di Gardu Action Parangtritis. (Benedictus Oktaviantoro/Maioloo.com)

Tempat pengolahan sampah tak selalu kumuh dan berbau. Di sudut Pantai Parangkusumo, sekelompok pemuda menyulap tumpukan sampah menjadi obyek wisata menarik bernama Gardu Action. Selain bisa belajar tentang tata kelola sampah, pengunjung juga bisa melihat instalasi seni dari barang bekas yang asyik dijadikan spot selfie.

Sampah menjadi masalah klasik di penjuru tanah air. Kebiasan membuang sampah sembarangan akan menjadi tabungan bencana jika tidak segera bergerak mencari solusi. Berawal dari permasalahan sampah di Pantai Parangtritis yang semakin menumpuk saat musim liburan tiba, pemuda-pemudi karang taruna Dusun Mancingan berinisiatif untuk membentuk tempat pengolahan sampah. Namun tempat ini bukan pengolahan sampah biasa, melainkan juga menjadi tempat rekreasi baru sekaligus pembelajaran tentang tata kelola sampah. Tempat tersebut diberi nama Gardu Action kependekan dari Garbage Care and Education.

Mamasuki gapura kayu bertuliskan Gardu Action, kamu akan disambut deretan bangku taman. Puluhan botol plastik bergambar tokoh kartun diletakkan rapi di atas meja kayu. Pernak-pernik dari barang bekas di kreasikan menjadi sebuah karya yang unik. Di bawah rindang pohon cemara, semilir angin meniup basah keringat di wajah. Berlindung dari terik mentari yang masih menyengat, duduk santai di bangku taman sembari bercengkrama bersama teman adalah pilihan yang tepat menunggu senja tiba.

Luas wilayah pengolahan sampah Gardu Action tidak begitu lebar, mereka membersihkan sepetak lahan di samping Tempat Pembuangan Sampah Sementara (TPS) dan menyulapnya menjadi tempat yang artistik. Jika di Swedia sudah ada managemen sampah yang baik, sehingga negara Skandinavia itu saat ini mampu mengimpor 800 ribu ton sampah per tahun dari negara-negara tetangga di Eropa, maka sistem pengelolaan sampah di Gardua Action masih sangat sederhana yakni sebatas menjadikannya karya daur ulang.

Sebelum dikreasikan, sampah-sampah yang dikumpulkan oleh pengelola Gardu Action dari sepanjang pantai dipilah menjadi dua bagian, yakni sampah organik dan anorganik. Jika sampah organik bisa dijadikan kompos, maka penanganan sampah yang sulit terurai beda lagi. Menerapkan 3 prinsip penanganan sampah anorganik, barang bekas bisa dimanfaatkan kembali (reuse) lalu di olah menjadi barang-barang unik layak pakai (recycle) serta terus mengkampanyekan kepada masyarakat sekitar untuk mengurangi penggunaan barang yang sulit terurai (reduce).

Kebijakan pemerintah tentang kantong plastik berbayar menjadi angin segar bagi para pemuda kreatif pencipta Gardu Action. Kamu sebagai generasi yang cerdas harus terus mendukung gerakan-gerakan sadar sampah. Menyerukan kepada sesama pejalan untuk menjaga kelestarian lingkungan, agar keindahan alam Indonesia bisa terus di nikmati oleh anak cucu generasi bangsa ini.

Jika kamu ingin mendapatkan ilmu soal pengolahan limbah, pengelola Gardu Action tidak akan sungkan menerangkannya. Sesuai nama Gardu Action yang berarti Garbage Care and Education, pengelola selalu mengedukasi setiap pengunjung yang datang. Mengolah limbbah rumahan menjadi barang yang bisa digunakan kembali. Di pojok kawasan Gardu Action terdapat camping ground, jika kamu ingin merasakan suasana yang berbeda, kamu bisa meninta izin kepada pengelola untuk mendirikan tenda di kawasan Gardu Action.

Hari sudah semakin petang, sinar mentari menguning terasa hangat tak lagi menyengat. Kamu bisa berjalan menuju tepian pantai melewati lorong bambu dengan hiasan warna-warni botol bekas. Banyaknya instalasi yang dibuat oleh pengelola menjadi daya tarik bagi para pengunjung untuk datang ke tempat ini. Semua instalasi yang tercita di Gardu Action adalah inisiatif spontan para pemuda karang taruna Desa Mancingan. Barang yang sudah dianggap tidak berguna di kumpulkan, dengan ide kreatif mereka bisa membuat sebuah tempat wisata baru yang menarik bernama Gardu Action.

Pintu gerbang Gardu Action. (Benedictus Oktaviantoro/Maioloo.com)
Pintu gerbang Gardu Action. (Benedictus Oktaviantoro/Maioloo.com)

Aktivitas Yang Bisa Dilakukan di Gardu Action

  • Belajar Tentang Tata Kelola Sampah
    Sesuai dengan namanya, Gardu Action atau Garbage Care and Education, pengelola Gardu Action ini akan dengan senang hati memberikan penjelasan tentang seluk beluk sampah kepada siapa pun yang berkunjung. Sejak memasuki kawasan ini, upaya edukasi sudah dilakukan dengan menampilkan bank sampah dan tempat pemilahan sampah. Dari titik ini maka pengunjung akan tahu bagaimana cara memilah sampah supaya bisa didaur ulang. Selain itu pengunjung juga bisa berdisikusi dengan pengelola tentang cara membuat aneka sampah tak berguna menjadi barang yang menarik bahkan memiliki nilai seni dan nilai guna yang baru. Jadi, selain berwisata kamu juga akan mendapatkan pengetahuan baru.
  • Selfie
    Salah satu hal yang menarik dari Gardu Action adalah banyaknya instalasi seni dari barang bekas yang tersebar di berbagai tempat. Instalasi tersebut memiliki beragam bentuk mulai dari tokoh kartun, hewan, hingga benda-benda abstrak. Yang paling menarik tentu saja instalasi yang berbentuk sayap kupu-kupu. Dengan latar belakang jingga matahari tenggelam, siluet gesture tubuh dihiasi sayap kupu-kupu akan mencipta foto nan cantik. Selain bisa berselfie atau groufie di antara instalasi seni, kamu juga bisa melakukannya di atas gardu pandang yang menghadap ke laut. Dari atas gardu pandang kamu bisa menebarkan pandang melihat garis pantai yang membentang.
  • Camping
    Di salah satu sudut kawasan Gardu Action terdapat camping ground yang bisa digunakan untuk menginap. Camping di atas gumuk pasir bertemankan debur ombak dan kerlip gemintang saat malam tiba akan menjadi pengalaman baru yang seru. Menyenangkannya lagi, kamu juga bisa menimba ilmu kepada kawan-kawan Gardu Action soal pengelolaan sampah. Jika kamu ingin menginap disini, sebaiknya kamu izin dulu kepada pengelola. Pastikan usai camping kamu tidak meninggalkan sampah!

Lokasi dan Akses Gardu Action

Wisata edukatif Gardu Action terletak kawasan Pantai Parangkusumo, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasi pastinya ada di sudut barat dekat dengan tempat pembuangan sampah wisata. Akses menuju kawasan ini sangat mudah. Kamu cukup menyusuri jalan menuju Pantai Parangtritis, lantas melajukan kendaraan ke arah Pantai Parangkusumo. Setibanya di Parangkusumo kamu bisa berjalan menyusuri kawasan gunduk pasir hingga tiba di Gardu Action.

Retribusi

Tidak ada tiket masuk yang perlu kamu bayarkan untuk memasuki kawasan Gardu Action. Pihak pengelola memang menyediakan kotak donasi, namun itu sifatnya sukarela. Nantinya uang donasi itu akan dipergunakan untuk mengembangkan kawasan ini. Satu-satunya retribusi yang perlu kamu bayar adalah saat memasuki pos retribusi Parangtritis, yakni sebesar Rp 5.000 per orang.

Obyek Wisata dan Lokasi Asyik di Sekitar Gardu Action

  • Pantai Parangtritis
    Pantai Parangtritis adalah pantai paling populer di Yogyakarta sejak dulu hingga kini. Di Parangtritis kamu bisa merajut cerita romantis, menyaksikan senja nan eksotis, hingga mendengarkan legenda serta kisah mistis. Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan di pantai ini, mulai dari berkuda, naik ATV, naik delman, bermain layang-layang, hingga menyaksikan para peselancar mencumbu ombak ganas pantai selatan.
  • Pantai Parangkusumo
    Parangkusumo dan Parangtritis merupakan dua sejoli yang tak terpisahkan. Pantai Parangkusumo biasa digunakan sebagai tempat ritual larung saji atau labuhan. Bagi umat Hindu, pantai yang sarat dengan legenda cinta ini menjadi lokasi perayaan Upacara Melasti. Tak jauh dari bibir pantai juga terdapat pesanggrahan.
  • Gumuk Pasir
    Gundukan bukit-bukit pasir hasil bentukan alam ini menjadi tempat yang indah untuk hunting foto. Di tempat ini kamu bisa merasakan sensasi berjalan di atas gurun pasir. Jika kamu datang pasa sore hari, kamu bisa menyaksikan orang-orang bermain sandboarding alias berseluncur di atas gundukan pasir ini. Kamu pun bisa mencoba atraksi yang cukup menantang ini. Berseluncur di gurun pasir? Kapan lagi coba kalau tidak sekarang.
  • Landasan Paralayang Watu Gupit
    Di sisi timur Pantai Parangtritis terdapat tebing-tebing tinggi. Di salah satu tebing tersebut terdapat tempat datar yang biasa digunakan sebagai lokasi landasan orang-orang yang hendak melakukan paralayang. Meskipun tidak akan bermain paralayang, tak ada salahnya kamu mampir senjenak ke tempat tersebut setelah atau sebelum ke Gardu Action. Dari ketinggian Watu Gupit, kamu bisa menyaksikan bentangan pantai hungga jauh ke barat. Menyaksikan senja dari tempat ini adalah pilihan yang menarik.
Gardu Action, Yogyakarta
Suasana Gardu Action yang terlindung oleh sinar matahari karena rimbunnya pohon cemara. (Benedictus Oktaviantoro/Maioloo.com)
Seorang pengunjung sedang berjalan di salah satu instalasi Gardu Action. (Benedictus Oktaviantoro/Maioloo.com)
Seorang pengunjung sedang berjalan di salah satu instalasi Gardu Action. (Benedictus Oktaviantoro/Maioloo.com)
Pengunjung Gardu Action sedang menikmati suasana pantai. (Benedictus Oktaviantoro/Maioloo.com)
Pengunjung Gardu Action sedang menikmati suasana pantai. (Benedictus Oktaviantoro/Maioloo.com)
Seorang pengunjung sedang berfoto di instalasi pintu doraemon Gardu Action. (Benedictus Oktaviantoro/Maioloo.com)
Seorang pengunjung sedang berfoto di instalasi pintu doraemon Gardu Action. (Benedictus Oktaviantoro/Maioloo.com)
Salah satu hasil kreasi sampah anorganik yang dibuat oleh pengelola Gardu Action. (Benedictus Oktaviantoro/Maioloo.com)
Salah satu hasil kreasi sampah anorganik yang dibuat oleh pengelola Gardu Action. (Benedictus Oktaviantoro/Maioloo.com)
Pengunjung sedang berfoto di salah satu instalasi Gardu Action ketika matahari terbenam. (Benedictus Oktaviantoro/Maioloo.com)
Pengunjung sedang berfoto di salah satu instalasi Gardu Action ketika matahari terbenam. (Benedictus Oktaviantoro/Maioloo.com)

1 KOMENTAR

  1. Sangat informatif, mudah2an bisa menjadi destinasi wisata edukasi unggulan dan menjadi destinasi mitra kami.
    Mari kita budayakan konsep wisata edukasi sebagai salah satu cara memajukan pendidikan Indonesia.
    Jangan lupa Fieldtripnya bareng kita yaaa…
    Check out Paket Wisata Edukasi kita di
    http://www.wisatasekolah.com
    The first School Trip Organizer di Indonesia.

TINGGALKAN KOMENTAR YUK!

Please enter your comment!
Please enter your name here