Sungai Elo, Mencumbu Derasnya Jeram di Kaki Bukit Tidar

Dusun Pare, Desa Blondo, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah

Arung Jeram Sungai Elo, Magelang
Wisatawan sedang menikmati sensasi setelah melewati jeram di Sungai Elo, Magelang. (Benedictus Oktaviantoro/Maioloo.com)

Jika kamu sedang berada di Magelang, kamu bisa mencoba arung jeram Sungai Elo. Sungai Elo yang membelah Kabupaten Magelang menjadi salah satu lokasi arung jeram favorit bagi para pemula. Di tempat ini kamu bisa mencumbu derasnya jeram dan arus Sungai Elo. Meski tak mahir berenang kamu tak perlu takut, sebab ada pelampung yang menjadi pengaman tubuhmu.

Pada awalnya arung jeram atau rafting merupakan olah raga yang hanya dilakukan oleh para penggiat alam bebas atau anggota organisasi kepecintaalaman saja. Namun dengan seiring berjalannyan waktu dan antusias masyarakat yang menggebu-gebu terhadap kegiatan ini, kini rafting bisa dilakukan oleh semua orang. Tantangan dan adrenalin yang terpacu saat mencumbu jeram-jeram liar bukan lagi menjadi hal yang dihindari, melainkan menjadi komoditi industri. Orang justru tertarik untuk menaklukkan jeram-jeram tersebut.

Sungai Elo yang berada di Magelang, Jawa Tengah, adalah salah satu sungai yang menawarkan petualangan arung jeram. Sungai ini memiliki debit air yang cukup stabil sehingga bisa diarungi kapanpun. Lokasinya yang dekat dengan Yogyakarta membuat Sungai Elo menjadi destinasi pengarungan yang cukup favorit khususnya di kalangan pemula. Selain Sungai Elo, sebenarnya ada lagi sungai yang lebih menantang, yakni Sungai Progo.

Melakukan kegiatan arung jeram Sungai Elo bisa membuatmu beristirahat sejenak dari semua kepenatan ataupun stress yang melanda. Tatkala perahu karet memasuki jeram-jeram yang deras, kamu bisa berteriak sekencang-kencangnya untuk melepaskan rasa takut sekaligus emosi jiwa yang melanda. Percayalah, usai bermain arung jeram Sungai Elo, pikiran dan jiwamu akan terasa lebih segar dan bersemangat.

Paket Arung Jeram Sungai Elo, Magelang

Wisata Arung Jeram Sungai Elo
Keseruan wisata arung jeram Sungai Elo, Magelang. (Benedictus Oktaviantoro/Maioloo.com)

Jika kamu tertarik untuk mengikuti paket wisata arung jeram Sungai Elo ini, kamu bisa menghubungi tour operator yang menawarkan paket wisata arung jeram Sungai Elo. Ada banyak operator yang menyediakan paket arung jeram Sungai Elo. Harganya bervariasi, mulai dari Rp 750.000 hingga Rp 1.500.000 per perahu (satu perahu diisi dengan 6 orang peserta). Harga paket berbeda-beda tergantung fasilitas yang kamu dapatkan seperti makan siang, penjemputan di lokasi menginap, dokumentasi, asuransi, serta sertifikat. Jenis makanan yang kamu pilih pun mempengaruhi harga paket. Pokoknya kembali lagi ke istilah lama “ada harga ada rupa”. Jika kamu sudah memilih paket arung jeram Sungai Elo, maka kamu tinggal bersenang-senang. Let your journey begin and having fun!

Kegiatan arung jeram Sungai Elo akan diawali dengan pengenalan alat dan penjelasan tentang bagaimana melakukan kegiatan arung jeram yang aman dan nyaman. Secara singkat pemandu akan menjelaskan hal-hal teknis seperti bagian-bagian perahu, bagian-bagian dayung, cara mendayung yang benar, hingga cara mengatasi permasalahan jika ada salah satu peserta yang terlempar dari perahu.

Setelah itu, kamu akan diajak melakukan pemanasan atau peregangan otot agar mengurangai resiko kram maupun keseleo di pergelangan. Selanjutnya guide akan mengecek kelengkapan atribut pengarungan seperti pelampung dan helm yang harus digunakan oleh seluruh peserta. Nah, bagi kamu yang belum pernah mengikuti kegiatan fun rafting Sungai Elo, kamu akan diajari cara mendayung yang benar di awal pengarungan.

Meskipun kamu tidak bisa berenang, saat terjatuh atau terlempar dari kapal kamu tidak usah khawatir sebab ada guide/skipper yang siap siaga menolongmu ketika kamu bermain arung jeram Sungai Elo. Karena salah satu syarat untuk menjadi seorang skipper arung jeram adalah mengerti tentang teknik penyelamatan/rescue, baik untuk dirinya sendiri ataupun orang lain. Selain itu pelampung yang melekat di badanmu akan membuat tubuhmu tetap mengapung di permukaan sungai. Karena itu jangan sekali-kali melepaskan jaket pelampungmu.

Kegiatan arung jeram Sungai Elo akan menempuh jarak sekitar 12 km dan memakan waktu antara 2,5 – 3 jam, tergantung debit air pada saat itu. Ketika debit air sedang tinggi, pengarungan akan cepat dan lebih menantang karena arus Sungai Elo lebih deras dan jeram-jeramnya semakin liar. Namun jika debit air sedang kecil, durasi pengarungan akan lebih lama sehingga kamu bisa lebih menikmati dan belajar tentang segala sesuatu yang ada di tepian Sungai Elo. Arung jeram Sungai Elo ini akan dimulai di Desa Blondo, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang dan berakhir di sekitar Candi Mendut, tak jauh dari Candi Borobudur.

Selain bisa merasakan sensasi jeram-jeram yang ada ketika arung jeram Sungai Elo, kamu juga bisa menikmati pemandangan alam yang masih alami. Bahkan jika skipper yang membawamu memiliki pengetahuan lebih di dunia arung jeram, kamu bisa belajar tentang morfologi Sungai Elo. Serunya lagi, di tengah-tengah pengarungan kamu akan diajak menepi dan beristirahat sejenak di rest area. Disini kamu akan dijamu dengan jajanan tradisional serta kelapa muda yang segar.

Menyeruput air kelapa muda setelah tubuh lelah berjibaku di atas boat akan menjadi kenikmatan tersendiri. Tubuh akan merasa lebih segar, sebab ion-ion tubuh yang hilang digantikan dengan cepat oleh air kelapa ini. Usai rehat sejenak, kamu pun akan kembali naik ke atas boat dan meluncur menuju titik akhir dalam kegiatan arung jeram Sungai Elo.

Lokasi Dan Akses Sungai Elo

Sungai Elo terletak di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Jika kamu ingin mengikuti kegiatan arung jeram Sungai Elo kamu bisa memulai pengarungan dari Dusun Pare, Desa Blondo, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Lokasi ini bisa ditempuh sekitar 1 – 1,5 jam dari Yogyakarta. Berhubung tempatnya strategis, kamu bisa mencapai tempat ini menggunakan kendaraan umum. Dari Terminal Jombor, Jogja, kamu bisa naik bus jurusan Jogja – Semarang dan turun di Blondo. Dari Semarang kamu bisa naik bus Semarang – Jogja dan turun di Blondo.

Jika kamu bersama kawan-kawanmu memiliki perlengkapan sendiri, maka kamu bisa langsung bermain arung jeram di Sungai Elo ini. Namun jika kamu masih pemula dan tidak memiliki peralatan kamu bisa menghubungi tour operator yang menyediakan paket arung jeram Sungai Elo. Salah satu tour operator terpercaya yang menawarkan paket wisata arung jeram Sungai Elo adalah Kasamata Indonesia. Pastikan kamu sudah menghubungi operator jauh-jauh hari sebelum pengarungan.

Tips Arung Jeram Sungai Elo

  • Sebelum melakukan kegiatan arung jeram Sungai Elo alangkah baiknya melakukan peregangan otot beberapa hari sebelumnya untuk mengurangi resiko cidera otot.
  • Ada beberapa operator arung jeram Sungai Elo yang menerapkan 2 trip pengarungan, trip pagi dan trip siang. Biasanya trip pagi dilakukan sekitar pukul 08.00 WIB dan trip siang dilakukan pada pukul 12.00 WIB. Kamu bisa memilih waktu yang tepat untuk melakukan kegiatan arung jeram di Sungai Elo ini.
  • Sungai Elo memang memiliki debit air yang stabil di setiap musim. Tetapi jika ingin mendapatkan tantangan yang lebih mendebarkan, buatlah jadwal pengarungan di awal musim penghujan dan di akhir musim penghujan karena debit air Sungai Elo akan bertambah.
  • Patuhilah instruksi guide/skipper sebelum dan selama pengarungan agar meminimalisir resiko terjadinya kecelakaan sehingga juga bisa menikmati arung jeram di Sungai Elo ini.
  • Bawalah pakaian ganti beserta perlengkapan mandi.
  • Berhubung kamu akan berpanas-panasan selama beberapa jam, jangan lupa pakailah sunblock untuk melindungi kulitmu dari terpaan langsung sinar mentari. Pakailah sunblock yang tahan air sehingga kulitmu tidak mengelupas seusai melakukan aktivitas ini.
  • Bawalah drybag atau minimal plastik untuk mengamankan barang bawaan ketika akan dibawa ke dalam kegiatan fun rafting atau arung jeram di Sungai Elo, Magelang.
  • Sebelum melakukan kegiatan arung jeram Sungai Elo, kamu terlebih dahulu bisa mengunjungi Bukit Punthuk Stumbu atau Candi Borobudur untutk melihat sunrise.
Persiapan Arung Jeram Sungai Elo
Persiapan kegiatan arung jeram /rafting Sungai Elo, Magelang. (Benedictus Oktaviantoro/Maioloo.com)
Persiapan Arung Jeram Sungai Elo
Persiapan kegiatan arung jeram / rafting Sungai Elo, Magelang. (Benedictus Oktaviantoro/Maioloo.com)
Menikmati Arung Jeram Sungai Elo, Magelang
Wisatawan sedang menikmati sensasi melewati jeram ketika melakukan kegiatan arung jeram Sungai Elo, Magelang. (Benedictus Oktaviantoro/Maioloo.com)
Jeram-jeram Sungai Elo, Magelang
Wisatawan sedang menikmati rafting Sungai Elo, Magelang. (Benedictus Oktaviantoro/Maioloo.com)
Jeram Kriting Sungai Elo
Wisatawan sedang melewati jeram kriting ketika melakukan kegiatan arung jeram Sungai Elo. (Benedictus Oktaviantoro/Maioloo.com)
Serunya Wisata Arung Jeram Sungai Elo
Keseruan wisata arung jeram Sungai Elo, Magelang. (Benedictus Oktaviantoro/Maioloo.com)
Wisata Arung Jeram Sungai Elo, Magelang
Keseruan wisata arung jeram Sungai Elo, Magelang. (Benedictus Oktaviantoro/Maioloo.com)
Wisata Arung Jeram Sungai Elo
Kenikmatan wisata arung jeram Sungai Elo, Magelang. (Benedictus Oktaviantoro/Maioloo.com)

4 KOMENTAR

    • Waaaahhh… Kamu harus coba Mas Arman. Rugi sekali kalo gak nyobain olahraga yang menyenangkan ini. Hehehehe..

  1. untuk pemula jangan takut untuk berkegiatan arung jeram…
    klu udah coba bakal ketagihan…..

    • Waaahhh.. Bener sekali ni kakak yang satu ini. 😀

      Mantap skippernya Sungai Elo, Magelang nih. Hehehehe….

TINGGALKAN KOMENTAR YUK!

Please enter your comment!
Please enter your name here