Ketep Pass Magelang, Menikmati Panorama Gunung Kembar di Ketinggian 1.200 mdpl

Jl. Blabak – Boyolali Km. 16, Ketep, Sawangan, Magelang, Jawa Tengah

Sunrise Ketep Pass Magelang
Keindahan sunrise di Obyek Wisata Ketep Pass Magelang. (Benedictus Oktaviantoro/Maioloo.com)

Terletak pada ketinggian 1.200 meter di atas permukaan air laut, Ketep Pass menyajikan panorama indah khas dataran tinggi lengkap dengan kabut yang memeluk tubuh dan mengusik pandangan. Sembari menikmati secangkir teh hangat dan jagung bakar kamu pun bisa menyaksikan panorama gunung kembar bersama orang-orang terkasih.

Ketep Pass merupakan obyek wisata alam yang menyuguhkan panorama indahnya pegunungan dan pengetahuan tentang kegunungapian. Adalah H. Mardiyanto selaku Gubernur Jawa Tengah yang memprakarsai bukit ini menjadi tujuan wisata di jalur Solo-Selo-Borobudur dan diresmikan oleh Presiden Megawati Sukarno Putri pada 17 Oktober 2002. Dengan luas sekitar 8.000 m², Ketep Pass dilengkapi dengan fasilitas gardu pandang, Ketep Volcano Theatre, Ketep Volcano Centre, teropong, Ketep Pass Restaurant, Pelataran Panca Arga, arena bermain anak-anak, area parkir yang luas dan mushola.

Gardu pandang di Ketep Pass berupa dua buah gazebo yang berbentuk persegi panjang dan segi delapan. Di gazebo ini kamu dapat menikmati pesona kemegahan gunung kembar, Merapi Merbabu. Dua gunung yang berdiri bersisihan tersebut nampak perkasa dan gagah. Di bawahnya terlihat hamparan lahan pertanian yang menghijau serta rumah-rumah penduduk yang berdiam di lereng gunung.

Di Ketep Pass Magelang juga terdapat museum bernama Ketep Volcano Centre yang menyajikan berbagai informasi mengenai Gunung Merapi. Memasuki bangunan yang bentuknya melingkar ini, kamu bisa melihat miniatur Gunung Merapi, contoh batuan sisa erupsi dari tahun ke tahun, poster Puncak Garuda (puncak Gunung Merapi) dengan ukuran 3 x 3, poster peringatan dini banjir lahar dingin, foto-foto dokumentasi letusan Gunung Merapi dari tahun ke tahun, serta stereoskop atau alat yang digunakan untuk melihat hasil foto udara menjadi sebuah gambar 3 dimensi.

Titik tertinggi Obyek Wisata Ketep Pass Magelang ini terdapat di Pelataran Panca Arga. Jika cuaca sedang cerah dan tidak ada kabut atau awan yang menghalang pandangan, kamu bisa melihat keindahan puncak 5 gunung dari pelataran ini. Gunung-gunung tersebut yaitu Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sumbing, Gunung Sindoro, dan Gunung Slamet.

Sembari menikmati pesona alam di Ketep Pass, kamu bisa mencicipi jagung bakar dan minuman hangat yang dijual di warung-warung yang ada di Ketep Pass. Saat udara dingin mulai datang dan perut keroncongan, kamu bisa makan nasi rames, nasi pecel, mie godok, mie goreng, atau mie ayam. Sedangkan jika ingin menikmati suasana pedesaan yang asri, kamu bisa menginap di homestay yang ada di kawasan Ketep Pass. Dijamin kamu akan mendapatkan pengalaman liburan yang seru.

Miniatur Gunung Merapi di Ketep Pass Magelang
Koleksi miniartur Gunung Merapi di Obyek Wisata Ketep Pass Magelang. (Benedictus Oktaviantoro/Maioloo.com)

Aktivitas Yang Bisa Dilakukan Di Ketep Pass Magelang

  • Menonton Film Dokumenter
    Jika ingin melihat dasyatnya erupsi Merapi tahun 2010 silam, kamu bisa masuk ke Ketep Volcano Theatre. Di gedung ini diputar film dokumenter tentang erupsi Gunung Merapi dengan durasi sekitar 20 menit. Tidak ada jam khusus untuk bisa melihat film dokumenter ini. Selama kuota penonton sudah mencapai 15 orang, maka film akan diputar.
  • Meneropong
    Jika kamu ingin melihat bentukan si gunung kembar secara lebih dekat, kamu bisa menyewa teropong yang telah tersedia di Pelataran Panca Arga dan gardu pandang. Dengan membayar Rp 3.000, kamu dapat melihat bentukan-bentukan atau kontur Gunung Merapi dan Gunung Merbabu secara lebih dekat. Selain teropong yang disediakan pengelola, kamu juga bisa menyewa binokuler dari warga. Dengan membayar Rp 3.000, kamu bisa menggunakan binokuler selama 20 menit. Sedangkan jika membayar Rp 5.000, kamu bisa menggunakan binokuler ini selama 1 jam.
  • Sunrise Seeing
    Ketep Pass Magelang menyajikan pengalaman untuk menikmati sunrise yang sedikit berbeda. Kenapa? Karena lokasi Ketep Pass Magelang ini berdekatan dengan Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Jika cuaca bagus dan langit bersih, kamu bisa melihat mentari yang muncul dari sela-sela gunung kembar tersebut lengkap dengan foreground atap warung yang tertata dengan rapi. Waktu terbaik untuk menikmati sunrise disini adalah bulan Juni hingga Agustus. Sedangkan spot terbaik ada di kawasan parkirasn sebelah utara. Selain dari tempat parkir, kamu juga bisa melihat munculnya sang mentari dari Pelataran Panca Arga.
  • Hunting Foto
    Ketep Pass merupakan lokasi yang asyik untuk hunting foto. Bagi penggemar landscape, kamu bisa mengabadikan sunrise dengan latar belakang gunung yang megah, areal pertanian warga yang membentuk kontur indah, hingga gugusan perbukitan dan gunung-gunung yang berdiri berjajar serupa benteng penjaga. Sedangkan bagi penggemar foto-foto human interest, kamu bisa memotret warga yang sedang beraktivitas di ladang, para penjual sayur, penjaja jagung bakar, dan beragam momen menarik lainnya.
  • Belajar Tentang Gunung Merapi
    Bila di Museum Gunung Merapi memberikan informasi tentang Gunung Merapi dan gunung api secara keseluran di Indonesia dan dunia, Ketep Volcano Centre hanya menyajikan informasi tentang Gunung Merapi. Di sana kamu bisa melihat beragam koleksi apik yang berhubungan dengan gunung berapi paling aktif di Indonesia ini. Kamu juga bisa mencoba melihat melalui stereosokop (alat untuk melihat hasil foto dari udara menjadi 3 dimensi).

Lokasi dan Akses Ketep Pass Magelang

Obyek Wisata Ketep Pass terletak dijalur Solo-Selo-Boyolali (SSB) atau l tepatnya di Jl. Blabak – Boyolali Km. 16, Ketep, Sawangan, Magelang, Jawa Tengah. Dari Jogja terdapat dua jalan yang bisa dilewati. Jalur pertama merupakan jalur yang umum dilewati yakni Jalan Magelang – Muntilan – Blabak (pertigaan Blabak belok kanan) – Sawangan – Ketep. Sedangkan jalur kedua bisa melewati jalan kecil di samping Klenteng sebelum pasar Muntilan. Dari Klenteng Hok An Kiong itu tinggal lurus saja mengikuti jalan utama (kamu akan melewati Pasar Talun dan jembatan gantung) hingga menemui pertigaan Kecamatan Sawangan, dari pertigaan itu silahkan belok kanan sampai menemui pertigaan Ketep Pass.

Harga Tiket

  • Tiket masuk Ketep Pass dan museum (Rp 500,- asuransi pengunjung) Rp 7.500,-
  • Tiket Ketep Volcano Theatre Rp 7.000,-
  • Tiket tropong Rp 3.000,-
  • Pakir sepeda motor Rp 2.000,-
  • Parkir mobil Rp 5.000,-
  • Parkir mini bis Rp 7.000,-
  • Parkir bis besar Rp 12.000,-
  • Tiket wisatawan mancanegara (tiket masuk area + musium + Ketep Volcano Theatre) $ 3

Tempat Wisata dan Lokasi Menarik di Sekitar Ketep Pass Magelang

  • Air Terjun Kedung Kayang
    Di mana ada gunung, di situ pasti ada lembah, jurang, dan sungai. Tidak jauh dari obyek wisata Ketep Pass terdapat sebuah ngarai yang mengalirkan air dari lereng gunung dan membentuk air terjun indah bernama Kedung Kayang. Untuk mencapai dasar air terjun ini kamu harus trekking melewati jalan kecil menuruni tebing dan menyusuri aliran sungai. Sedikit melelahkan memang. Tapi percayalah, semua kelelahan itu akan terbayar tuntas saat kamu sudah merasakan segarnya air terjun yang mengalir di sela-sela jemari kakimu.
  • Kebun Buah Strawberry Banyuroto
    Masih di daerah kecamatan Sawang dan jalur Solo-Selo-Borobudur terdapat perkebunan buah strawberry. Di sana kamu bisa memetik buah strawberry dari pohonnya langsung sesuka hatimu dan membawanya pulang. Eits tapi pastikan kamu sudah membayar strawberry tersebut ya.
  • Top Selfie Pinusan Kragilan
    Kamu suka foto selfie? Kalau jawabannya iya maka kamu harus mampir ke obyek wisata yang lagi ngehits di jagad instagram ini. Hanya berjarak sekitar 4 km dari Ketep Pass, Top Selfie Pinusan Kragilan ini menjadi lokasi seru untuk menuntaskan hasrat narsis. Tak jauh berbeda dengan Hutan Pinus Mangunan, Top Selfie Pinusan Kragilan juga menawarkan pesona hamparan hutan pinus yang lebat dan indah.

Tips Mengunjungi Obyek Wisata Ketep Pass Magelang

  • Jarak tempuh Ketep Pass dari Yogyakarta sekitar 1,5 – 2 Jika kamu ingin menikmati sunrise di sini, datanglah sepagi mungkin agar tidak ketinggalan moment tersebut.
  • Waktu terbaik untuk menikmati pagelaran sunrise yang bagus adalah bulan Juni sampai Agustus karena matahari akan berada di tengah-tengah Gunung Merapi dan Gunung Merabu.
  • Dengan ketinggian 1.200 meter di atas permukaan air laut, Ketep Pass memiliki hawa yang dingin dan tidak jarang berkabut. Karena itu jangan lupa membawa pakaian hangat supaya kamu tetap merasa nyaman saat menikmati keindahan dan sajian yang ada di Ketep Pass Magelang.
Koleksi Foto Merapi di Ketep Pass Magelang
Koleksi foto-foto Gunung Merapi di kala erupsi. (Benedictus Oktaviantoro/Maioloo.com)
Koleksi Batuan di Ketep Pass Magelang
Koleksi batuan Gunung Merapi yang ada di Obyek Wisata Ketep Pass. (Benedictus Oktaviantoro/Maioloo.com)
Ketep Pass Restourant
Ketep Pass Restourant. (Benedictus Oktaviantoro/Maioloo.com)
Stereoskop di Ketep Pass Magelang
Stereoskop ini digunakan untuk membantu melihat hasil foto dari udara/menggunakan satelit. (Benedictus Oktaviantoro/Maioloo.com)
Batu Peresmian Wisata Ketep Pass Magelang
Batu peresmian Obyek Wisata Ketep Pass Magelang yang di tandatangani oleh Megawati Soekarnoputri. (Benedictus Oktaviantoto/Maioloo.com)
Gardu Pandang di Obyek Wisata ketep Pass
Salah satu gardu pandang di Obyek Wisata ketep Pass. (Benedictus Oktaviantoro/Maioloo.com)
Penyewaan Binokuler di Ketep Pass Magelang
Penyewaaan binokuler. (Benedictus Oktaviantoro/Maioloo.com)
Panorama Ketep Pass Magelang
Panorama Obyek Wisata Ketep Pass Magelang. (Benedictus Oktaviantoro/Maioloo.com)
Panorama Ketep Pass
Panorama Obyek Wisata Ketep Pass Magelang. (Benedictus Oktaviantoro/Maioloo.com)

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR YUK!

Please enter your comment!
Please enter your name here