Air Terjun Kedung Kayang, Mata Air Deras Dari Gunung Kembar

Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan, Magelang, Jawa Tengah

Keindahan Air Terjun Kedung Kayang
Panorama Air Terun Kedung Kayang. (Benedictus Oktaviantoro/Maioloo.com)

Kedung Kayang merupakan air terjun yang bersumber dari mata air di gunung. Setelah melewati liukan sungai yang membelah lereng gunung, kumpulan air tersebut terjun bebas pada sebuah ngarai nan hijau sehingga mencipta tarian air nan indah.

Usai menikmati pemandangan dan belajar tentang Gunung Merapi di Ketep Pass, tidak salah jika kamu meneruskan perjalanan ke obyek wisata Air Terjun Kedung Kayang untuk menikmati panorama alam yang asri dan memanjakan mata. Terletak di jalur obyek wisata Solo-Selo-Borobodur, air terjun ini bersumber dari Gunung Merapi dan airnya mengalir menuju Sungai Pabelan.

Setelah membayar tiket, kamu bisa langsung berjalan kaki menuju air terjun. Ada dua lokasi untuk menikmati keindahan air terjun tersebut, melihat air terjun dari ketinggian dan merasakan langsung dari kaki air terjun. Bila ingin melihat air terjun dari ketinggian, dari loket tiket silahkan berjalan menuju pertigaan, dari pertigaan itu pilihlah jalur ke kiri maka kamu akan sampai di tepi sungai yang menjadi hulu air terjun. Sedangkan jika kamu ingin bermain di bawah percikan air terjun, pilihlah rute sebaliknya.

Jalan menuju hilir air terjun cukup curam dan menantang. Kamu harus menyurusi jalan conblok dilanjutkan dengan jalan setapak di gigir jurang hingga tiba di tepi sungai. Di sepanjang jalan kamu akan menjumpai gubuk-gubuk tempat berjualan yang bisa kamu jadikan tempat istirahat atau berteduh. Selain itu juga ada kebun warga yang di tanami cabai, kembang kol, sawi botol, dan tanaman lainnya.

Jika kamu datang pagi hari, kamu bisa menjumpai para petani yang sedang bercocok tanam. Sebuah pemandangan apik bisa kamu dapatkan di sana. Dimana seorang petani sedang memanen atau pun sedang menanam di ladang milik mereka dengan latar belakang Gunung Merbabu dan di pinggirnya berbatasan langsung dengan jurang.

Sesampai di dasar jurang kamu masih harus berjalan menyusuri Sungai Pabelan sekitar 100 m sebelum bertemu dengan Air Terjun Kedung Kayang. Suara gemuruh air terjun setinggi 40 m terdengar dengan jelas. Batu-batu besar hasil muntahan material Merapi pada tahun 2010 silam menambah keindahan panorama sungai. Airnya yang jernih dan segar membuatmu ingin berlama-lama berada di tempat ini.

Aktivitas Yang Bisa Dilakukan di Air Terjun Kedung Kayang

  • Trekking
    Trekking atau berjalan kaki menyusuri jalan setapak di gigir jurang dan aliran sungai menjadi hal mutlak yang harus kamu lakukan untuk bisa menikmati panorama air terjun. Ada dua spot yang bisa kamu tuju. Pertama kamu menikmati pemandangan air terjun tersebut dari atas. Sedangkan spot kedua ada di dasar ngarai. Rute yang pertama terbilang cukup mudah, sedangkan rute menuju spot kedua sangat menantang. Kamu harus trekking di gigir jurang lantas melanjutkannya dengan menyusuri sungai. Pulangnya kamu harus mendaki puluhan anak tangga yang cukup menguras tenaga. Namun dijamin kamu tidak akan kecewa karena pemandangan yang tersaji sebanding dengan perjuangan yang kamu lakukan.
  • Mandi/Bermain Air
    Sayang sekali jika kamu tidak bermain air ketika berkunjung ke air terjun. Di Air Terjun Kedung Kayang ini airnya masih jernih dan segar, jadi sangat asik digunakan mandi-mandi. Jika kamu memiliki nyali yang cukup, kamu juga berdiri di bawah aliran air terjun dan biarkan air tersebut menggerayangi tubuh mu.
  • Berinteraksi Dengan Warga Lokal
    Saat kamu lelah berjalan menyusuri anak tangga di sana dan menjumpai warga lokal yang sedang bercocok tanam di ladangnya. Berhentilah sejenak, lantas sapalah dan berinteraksi dengan mereka. Asal kamu tau, dari orang-orang seperti mereka inilah biasanya kamu bisa mendengar kisah-kisah hebat yang membuka wawasan atau kisah-kisah inspiratif yang bisa dijadikan motivasi hidup.
  • Belanja Sayuran
    Terletak di dataran tinggi, kawasan di sekitar Kedung Kayang masih sangat asri. Aneka sayur dan buah tumbuh dengan subur di tempat ini. Jika ingin mendapatkan anke asayur dan buah segar kamu bisa langsung membelinya dari petani. Harganya dijamin jauh lebih murah dibandingkan dengan belanja di kota.

Lokasi dan Akses

Air Terjun Kedung Kayang terletak di perbatasan Kabupaten Magelang dan Boyolali. Tepatnya berada di antara Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan, Magelang dan Desa Klakah, Kecamatan Selo, Boyolali, Jawa Tengah.

Jika kamu dari Yogyakarta atau Magelang, paculah kendaraanmu menuju Obyek Wisata Ketep Pass dan dari sana kamu lanjutkan menuju arah Boyolali. Di sana sudah ada penunjuk arah menuju Air Terjun Kedung Kayang. Jarak tempuh dari Jogja sekitar 1 jam perjalanan, sedangkan jika kamu dari Magelang perjalanan bisa ditempuh sekitar 40 menit.

Harga Tiket

Harga masuk ke dalam obyek wisata Air Terjun Kedung Kayang ini relatif murah. Hanya dengan Rp 2.500 kamu sudah bisa menikmati keindahan air terjun yang masih alami tersebut. Tarif parkir motor Rp 2.000 dan parkir mobil Rp 5.000.

Tempat Wisata dan Lokasi Asik di Sekitar Air Terjun Kedung Kayang

  • Obyek Wisata Ketep Pass
    Terletak pada ketinggian 1.200 meter di atas permukaan air laut, Ketep Pass menyajikan panorama indah khas dataran tinggi lengkap dengan kabut yang memeluk tubuh dan mengusik pandangan. Sembari menikmati secangkir teh hangat dan jagung bakar kamu pun bisa menyaksikan panorama gunung kembar bersama orang-orang terkasih. Selain itu kamu juga bisa belajar tentang sejarah dan seluk beluk Gunung Merapi di Ketep Volcano Centre.
  • Kebun Buah Strawberry Banyuroto
    Lokasi ini adalah sebuah ladang atau kebun penduduk yang sengaja ditanami pohon strawberry. Masih di kecamatan Sawangan dan tidak terlalu jauh dari lokasi Air Terjun Kedung Kayang, kamu bisa bermain di kebun strawberry dan memetiknya dengan sesuka hatimu. Setelah menimbang dna membayar buah yang sudah kamu petik, kamu pun bisa membawanya pulang sebagai oleh-oleh. Asyik kan?
  • Top Selfie Pinusan Kragilan
    Obyek wisata yang baru dikembangkan ini mirip dengan Hutan Pinus Mangunan yang berada di Bantul. Sejauh mata memandang yang nampak hanyalah jajaran pohon pinus dengan daunnya yang saling bergesekan. Di tempat ini kamu bisa menuntaskan hasrat narsismu untuk berselfie ria atau hunting foto. Saat pagi dan sore hari, kabut pekat terkadang menyelimuti kawasan ini. Mistis sekaligus eksotis.

Tips Mengunjung Air Terjun Kedung Kayang

  • Jika kamu ingin mandi-mandi di sekitar sungai atau hilir air terjun, sangat disarankan untuk membawa pakaian ganti.
  • Berhubung kamu harus trekking guna mencapai air terjun, maka kenakanlah pakaian dan alas kaki yang nyaman. Bawalah topi untuk melindungi kepalamu dari teriknya sinar matahari.
  • Tanyakan keadaan debit air kepada petugas yang menjaga retribusi saat itu. Bila petugas jaga memperingatkan untuk naik dari aliran sungai, alangkah baiknya kamu cepat naik untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Kenapa? Karena bisa saja salah satu hulu sungai tersebut hujan dan membawa banjir bandang.
Aliran Sungai Kedung Kayang
Aliran sungai dari Air Terjun Kedung Kayang yang mengaarah ke Sungai Pabelan. (Benedictus Oktaviantoro/Maioloo.com)
Pemandangan Air Terjun Kedung Kayang
Pemandangan air terjun dari atas tebing. (Benedictus Oktaviantoro/Maioloo.com)
Information Centre Air Terjun Kedung Kayang
Pusat informasi dan pembelian tiket masuk Air Terjun Kedung Kayang. (Benedictus Oktaviantoro/Maioloo.com)
Aktifitas Masyarakat di Air Terjun Kedung Kayang
Aktifitas masyarakat di Air Terjun Kedung Kayang. (Benedictus Oktaviantoro/Maioloo.com)
Petani di Kedung Kayang
Aktifitas petani di Air Terjun Kedung Kayang. (Benedictus Oktaviantoro/Maioloo.com)
Aktifitas Petani di Kedung Kayang
Aktifitas petani di Air Terjun Kedung Kayang. (Benedictus Oktaviantoro/Maioloo.com)
Petani di Daerah Air Terjun Kedung Kayang
Aktifitas petani di Air Terjun Kedung Kayang. (Benedictus Oktaviantoro/Maioloo.com)

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR YUK!

Please enter your comment!
Please enter your name here