Ketika kamu mengambil keputusan untuk mengikuti paket wisata Karimunjawa yang telah dibuat oleh tour operator atau tavel agent, mungkin itu pilihan yang tepat. Tepat untuk kamu yang tidak mau ribet dengan hal remeh-temeh dan membuang waktu produktifmu di kota.

Kamu tidak perlu membuang waktu untuk mencari informasi tentang penginapan, tidak perlu mencari informasi tentang penyeberangan kapal, tidak perlu repot-repot mencari tiket kapal untuk menyeberang dari Jepara ke Karimunjawa, tidak perlu repot mencari teman untuk share cost kapal ketika ingin berkeliling pulau dan lainya.

Ketika kamu ingin cepat dan sudah ada yang mengatur jadwal liburanmu. Mengikuti paket wisata Karimunjawa yang telah dibuat oleh tour operator maupun travel agent itu merupakan pilihan tepat untuk kamu.

Tetapi kamu juga harus mempersiapkan hal lain nih selain paket wisata Karimunjawa tersebut agar liburan untuk menikmati Karimunjawa kamu semakin nyaman dan berkesan.

Berikut Maioloo.com berikat beberapa tips untuk kamu ketika mengikuti paket wisata Karimunjawa yang telah disiapkan oleh tour operator maupun travel agent yang telah kamu pilih. Yuk langsung aja liat tips yang bisa kamu lakukan ketika mengikuti paket wisata Karimunjawa:

1. Pilih waktu yang tepat untuk mengikuti paket wisata Karimunjawa

Kalender Liburan
Lihat kalender untuk menentukan waktu yang tepat. (© Eightonesix/Freepik.com)

Yup… Pilih dahulu waktu yang tepat ketika kamu ingin mengikuti paket wisata Karimunjawa. Sesuaikan dengan waktu libur atau cuti kamu. Jangan sampai mengganggu waktu produktif kamu atau mengganggu tanggung jawab utama kamu.

Jika memungkinkan. Kamu bisa mengikuti paket wisata Karimunjawa pada bulan April hingga November. Kenapa? Karena di bulan tersebut di Kawasan Kepulauan Karimunjawa biasanya ramah ombak atau lautnya tenang.

Jika laut tenang, kamu bisa bermain air dengan puas dan tidak terlalu capek melawan gelombang ombak.

Waktu tersebut tersebut kami dapat dari beberapa warga Karimunjawa yang memang juga berprofesi sebagai nahkoda kapal wisata Karimunjawa, nelayan dan pemandu wisata Karimunjawa.

Memang tidak baku dan pasti karena ini bermain dengan alam yang tidak menentu. Tetapi bisa menjadi patokan ketika kamu ingin mengikuti paket wisata Karimunjawa.

2. Pilih tour operator atau penyedia paket wisata Karimunjawa yang terpercaya

Paket Wisata Karimunjawa
Tampilan website Maioloo Tour. (© Graphictwister/Freepik.com)

Jikak mau ingin mengikuti paket wisata Karimunjawa, ini harus kamu dapatkan.

Nah yang menyediakan paket wisata Karimunjawa itu adalah tour perator maupun travel agent. Pilihlah penyedia jasa paket wisata Karimunjawa yang handal dan bisa dipercaya.

Hubungi mereka hingga terjadi kesepakatan. Tanyakan saja semua hal yang ingin kamu tahu tentang paket wisata Karimunjawa mereka. Tetapi sebelum kamu bertanya, kamu bisa lihat terlebih dahulu website resminya. Baca dengan seksama informasi yang mereka berikan dan lihat apakah mereka mempunyai kredibilitas.

Masalah kredibilitas, kamu bisa lihat dari tampilan website dan informasi yang diberikan serta ketika kamu bertanya dengan mereka melalui email, chating maupun telepon.

Salah satu penyedia paket wisata Karimunjawa adalah kami. Ya Maioloo Tour menyediakan beberapa paket wisata Karimunjawa. Kamu bisa mengunjunginya disini.

3. Bayarlah biaya paket wisata Karimunjawa yang sudah di sepakati

Biaya Paket Wisata Karimunjawa
Biaya paket wisata Karimunjawa. (© Aldigozali.com)

Setelah kamu sepakat dengan fasilitas dan harga yang diberikan oleh penyedia jasa paket wisata Karimunjawa tersebut. Bayarlah sesuai kesepakatan.

Mahal dan murah itu relatif. Lihat terlebih dahulu fasilitas yang ditawarkan oleh penyedia paket wisata Karimunjawa tersebut.

4. Persiapkan fisikmu agar tetap nyaman ketika berenang bersama ikan-ikan lucu

Latihan Fisik - Joging untuk Ikut Paket Wisata Karimunjawa
Latihan fisik. (© Freepik.com)

Karena ketika mengikuti paket wisata Karimunjawa itu aktifitas yang mendominasi adalah snorkeling dan berenang. Maka alangkah baiknya kamu melatih fisikmu terlebih dahulu sebelum ke laut Kairmunjawa.

Kenapa? Karena ketika kamu melakukan aktifitas snorkeling atau berenang, otot dan persendian kamu itu bergerak semua. Jadi alangkah baiknya kamu melatih semua persesendian kamu itu jauh hari sebelum kamu pergi ke Karimunjawa.

Minimal seminggu udah cukup kok jika dilakukan dengan benar. Bisa berenang, joging atau minimal stretching di setiap pagi atau sore hari. Untuk masalah durasi, 30 menit sudah cukup kok jika dilakukan rutin.

5. Jika belum bisa berenang, latihan berenang di kolam dulu bisa kok 🙂

Belajar Bernang Untuk Ke Mengikuti Paket Wisata Karimunjawa
Latihan berenang di kolam air tawar. (© Jannoon028/Freepik.com)

Banyak sekali kasus yang terjadi ketika para tamu mengambil paket wisata Karimunjawa itu belum bisa berenang. Malah, ada juga mereka yang baru belajar berenang saat mengikuti paket wisata Karimunjawa.

Ya tidak mengapa sih. Tetapi kan sayang saja waktunya. Seharusnya kamu sudah bisa menguasai sedikit teknik berenang tetapi kamu malah baru belajar ketika liburan.

Jika sempat dan punya niat. Alangkah baiknya kamu belajar berenang di kolam renang air tawar terlebih dahulu. Ketika sudah bisa sedikit, itu akan lebih mudah dilakukan di laut. Apa lagi jika kamu menggunakan alat snorkeling set.

6. Persiapkan prelengkapan tambahan untuk bermain di pulau dan pantai

Alat Snorkeling
Alat snorkeling untuk bermain di Karimunjawa. (© Jannoon028/Freepik.com)

Perlengkapan tambahan disini seperti hammock, sendal atau sepatu untuk kegiatan di pantai atau di air, kain pantai, tikar atau matras yang simpel, alat snorkeling dan lainnya.

Ini dibawa untuk menunjang liburan kamu menjadi lebih asik.

Seperti hammock, ketika kamu lagi males berenang, kamu bisa pasang ini untuk tiduran menunggu teman-teman perjalanan yang sedang berenang.

Ketika kamu liburan bersama keluarga, kamu membutuhkan tikar atau matras untuk duduk-duduk santai.

Sudah hal biasa ketika kamu menggunakan alat-alat snorkeling yang diberikan oleh tour operator itu tidak selalu nyaman. Wajar sih memang. Itu karena alat-alat yang diberikan oleh mereka itu juga digunakan oleh tamu atau wisatawan lain juga dan jumlahnya tidak sedikit. Maka agar kegiatan snorkeling kamu menyenangkan dan nyaman, alangkah baiknya kamu membawa alat snorkeling itu sendiri dan jika bisa kamu memilikinya sendiri.

Jika kamu ingin membeli alat snorkeling ini, kamu bisa mengunjunginya disini.

7. Bawalah sunblock atau tabir surya untuk melindungi kulit dari teriknya paparan sinar matahari

Sunblock / Sunscreen
Sunblock untuk meminimalisir paparan sinar matahari. (© Kaboompics/Pixabay.com)

Upaya untuk mencegah terbakarnya kulit oleh sengatan sinar matahari ya menggunakan sunblock.

Sunblock ini juga berfungsi untuk mengurangi resiko iritasi kulit dan kanker akibat paparan sinar matahari.

Ketika kamu sudah membuat keputusan untuk membawa sunblock, maka pilihlah sunblock dengan minimal SPF 50 dan tentunya pilih sunblock yang ramah lingkungan serta tidak merusak terumbu karang.

Janganlah pilih sunblock yang mengandung Oxybenzone karena sunblock yang mengandung Oxybenzone bisa merusak biota laut.

8. Jangan lupa dresscode atau pakaian yang cocok untuk bermain di pulau dan pantai

Pakaian Renang
Baju renang yang pas untuk kamu. (© Solominphoto/Freepik.com)

Walupun kamu sudah mengikuti paket wisata Karimunjawa yang telah disiapkan oleh tour operator atau travel agent, kamu harus tetap membawa pakaian ganti ya.

Sesuaikan jumlah pakaian gantimu dengan durasi paket wisata Karimunjawa yang kamu pilih (paket wisata Karimunjawa biasanya berdurasi dari 2 hari 3 malam hingga 3 hari 4 malam).

Bawalah pakaian renang kesukaan kamu atau pakaian yang cocok untuk berenang agar nyaman.

9. Obat-obatan pribadi jangan lupa kamu bawa juga ya

Obat-obatan Probadi
Obat-obatan pribadi. (© Andrewskurka.com)

Sebenarnya ketika kamu mengikuti paket wisata Karimunjawa, tour operator atau guide yang membawa kamu itu telah menyiapkan P3K juga kok. Tetapi memang P3K standar.

Jika kamu memiliki sejarah atau memang memiliki penyakit khusus, bawalah obat-obatan pribadimu, sesuai dengan anjuran dokter.

10. Makanan kecil juga asik kok untuk pengganjal perut ketika lapar

Snack Untuk Mendaki Gunung
Makanan kecil untuk mengganjal perut ketika lapar. (© Graysoncobb.com)

Sebenarnya banyak waktu kosong ketika kamu akan mengikuti paket wisata Karimunjawa ini.

Misalnya:

Ketika kamu sedang berada di dalam perjalanan dari Pelabuhan Kartini, Jepara menuju Pelabuhan Karimunjawa Baru, Karimunjawa. Biasanya sih di dalam perjalanan kapal (entah kapal cepat maupun kapal ferri) itu lapar. Atau saat di atas kapal ketika sedang mengelilingi pulau-pulai di Karimunjawa. Ataupun saat kegiatan snorkeling maupun island hopping sudah selesai. Kamu bisa menggunakan waktu kosong tersebut dengan ngemil.

11. Kamera untuk mengabadikan moment bahagia di sana

Kamera untuk Mengabadikan Moment di Karimunjawa
Kamera untuk mengabadikan moment bahagia ketika mengikuti paket wisata Karimunjawa. (© Pressfoto/Freepik.com)

Jangan sampai kegiatan liburanmu tidak terdokumentasi. Setuju? 🙂

Jika setuju, bawalah kamera untuk merekam kegiatan liburan kamu bersama teman-teman atau orang tersayang. Selain itu kamu juga bisa merekam keindahan biota laut maupun pantai hingga hutan mangrove di Karimunjawa.

Bawalah juga alat pendukung untuk melindungi kamera kamu itu dari kejamnya air laut ketika masuk ke dalam kompunen kameramu seperti underwater case dan kanebo atau lap kering.

Sebagai informasi saja untuk kamu yang telah mengambil paket wisata Karimunjawa. Sebenarnya ketika kamu telah memilih tour operator yang menjual paket wisata Karimunjawa itu sudah sudah termasuk di dalamnya. Jadi tidak perlu panik jika tidak memiliki kamera khusus untuk di dalam air.

Jika kamu ingin memiliki kamera yang bisa untuk bermain di air, kamu bisa mengunjunginya disini.

12. Flashdisk jika kamu ingin meng-copy foto-foto yang telah diambil oleh guide di sana

Flashdisk
Flashdisk untuk menyimpan hasil dokumentasi selama mengikuti paket wisata Karimunjawa. (© Maioloo Studio)

Karena hampir setiap paket wisata Karimunjawa yang ditawarkan oleh tour operator dan travel agent itu memberikan layanan dokumentasi. Maka bagi kamu yang ingin mengambil hasil dokumentasi kegiatan paket wisata Karimunjawa bisa membawa flashdisk ataupun hardisk.

Tetapi kami sarankan untuk membawa flashdisk saja agar lebih mudah dan tidak memiliki resiko yang tinggi.

13. Kartu Identitas pribadi kamu

Kartu Identitas (KTP)
Kartu identitas seperti KTP. (© Nrmnews.com)

Kartu identitas ini juga penting sekali ketika kamu mengikuti paket wisata Karimunjawa maupun yang tidak mengikuti paket wisata Karimunjawa.

Kartu identitas ini digunakan untuk registrasi atau pembelian tiket kapal untuk menyeberang dari Jepara atau Semarang atau Kendal menuju ke Karimunjawa maupun sebaliknya.

Walupun tidak digunakan, biasakan untuk membawa kartu identitas setiap kali kamu mengadakan perjalanan. Contohnys bisa KTP, SIM dan lainnya.

14. Pesanlah transportasi untuk menuju ke Semarang, Jepara ataupun Kendal

Maioloo Bus
Transportasi menuju Semarang, Jepara ataupun Kendal. (© Ben Leeves/Behance.net)

Jika kamu berada jauh dari pelabuhan yang melayani penyeberangan ke Karimunjawa seperti Semarang, Jepara ataupun Kendal. Kamu bisa memesan transportasi menuju salah satu pelabuhan tersebut jauh-jauh hari.

Kamu bisa menggunakan bis, pesawat, mobil sewaan, ataupun travel.

15. Jangan lupa membawa duit lebih untuk keperluan lainnya di luar biaya paket wisata Karimunjawa

Duit
Bawalah duit lebih untuk keperluan di luar paket wisata Karimunjawa. (© Engineerdog.com)

Dari semua daftar di atas tadi. Ini jauh lebih penting… 😀

Jangan sampai kamu tidak membawa duit lebih ya. Walupun kamu sudah membayar full paket wisata Karimunjawa yang disediakan oleh tour operator atau travel agent, kamu tetap harus membawa duit atau sangu.

Sangu itu bisa kamu gunakan untuk keperluan mendadak ketika kamu ingin membeli oleh-oleh, ketika kamu ingin makan dengan menu lain, ketika kamu ingin ke kamar kecil dan lainnya.

Jangan sampai terlupakan ya.

Jika kamu rasa belum cukup duit kamu, kamu bisa menahan keinginnan kamu untuk mengikuti paket wisata Karimunjawa. Kamu bisa menabung terlebih dahulu sembari kamu mengumpulkan teman-teman kamu yang ingin mengikuti paket wisata Karimunjawa ini.

****

Nah… Demikian tips atau sesuatu yang harus kamu persiapkan ketika ingin mengikuti paket wisata Karimunjawa.

Jika kamu memiliki masukan yang membangun, kamu bisa langsung memberikan masukan kamu itu ke dalam kolom komentar di bawah ini ya.

Lalu, jika kamu dan teman-teman kamu ingin mengikuti paket wisata Karimunjawa. Kami Maioloo Tour juga menyediakannya. Kami sudah menjalin kerjasama dengan beberapa penginapan dan resort yang ada di Karimunjawa jika kamu tertarik. Silahkan cek disini ya.

Sampai ketemu di dalam paket wisata Karimunjawa yang telah kami siapkan ya.

Semangat pagi…!

Salam olah raga.

TINGGALKAN KOMENTAR YUK!

Please enter your comment!
Please enter your name here