Kata Siapa Tempat Wisata di Kulon Progo Tak Menarik? Nih 15 Rekomendasi yang Menarik untuk Kamu Sambangi

Tempat-Wisata-di-Kulon-Progo
Rekomendasi Tempat Wisata di Kulon Progo yang Wajib Didatangi

Memang kurang sering sih tempat wisata di Kulon Progo masuk ke dalam daftar kunjungan bagi mereka yang ingin berwisata di Yogyakarta. Rata-rata mereka lebih memilih untuk mengeksplorasi tempat wisata di Sleman, tempat wisata di Gunungkidul, dan tempat wisata di Bantul.

Saking kurang populernya tempat wisata di Kulon Progo, seorang teman bahkan pernah bertanya “Emang di Kulon Progo ada apa sih?”

Dulu, Tempat wisata di Kulon Progo memang tidak populer. Paling tempat wisata di Kulon Progo yang dikenal paling hanya Pantai Glagah, Waduk Sermo, serta Gua Maria Sendangsono. Tapi kini jangan salah, Kulon Progo mulai memancarkan pesonanya.

Apalagi semenjak bandara baru New Yogyakarta International Airport mulai dibangun di pesisir Kulon Progo. Beragam destinasi baru bermunculan dan siap memanjakan wisatawan.

Ada banyak hal yang bisa dilakukan di kabupaten ini, mulai dari mengunjungi wisata alam, mandi-mandi di kolam alami, menguji adrenalin, wisata kuliner, hingga memuaskan hasrat narsis dengan foto-foto. Berikut ini rekomendasi dari kami untuk kamu yang ingin tahu tempat wisata di Kulon Progo. Dijamin liburan kamu akan lebih berkesan dengan mengunjungi beberapa tempat wisata di Kulon Progo ini.

Inilah rekomendasi tempat wisata di Kulon Progo dari kami!

1. Ciblang-ciblung di Taman Sungai Mudal

Tempat Wisata di Kulon Progo - Taman Sungai Mudal 1
Wisatawan sedang menikmati keindahan wisata air di Taman Sungai Mudal, Kulon Progo.(© @sheto_chenko)

Tempat wisata di Kulon Progo yang pertama ini cukup membuat kamu basah.

Mandi di waterpark atau kolam renang itu hal yang bisa, tapi mandi di kolam alami tentu saja hal yang menarik. Jika kamu ingin merasakan sensasi tersebut, maka kamu harus datang ke Taman Sungai Mudal.

Tempat ini merupakan mata air yang memancar sepanjang tahun tanpa mengenal musim. Airnya jernih dan sangat segar.

Wisatawan yang berkunjung ke tempat ini dapat berenang atau cukup ciblang-ciblung di kolam alami yang berair biru kehijauan. Air tersebut dialirkan dari air terjun mini, masuk ke dalam kolam, kemudian mengalir jauh melewati sungai.

Jika tidak ingin bermain air, kamu masih tetap bisa menikmati suasana yang asri dengan bercengkerama di gazebo-gazebo yang tersedia sambil menikmati panorama bunga-bunga bermekaran.

Lokasi Taman Sungai Mudal : Dusun Banyunganti, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

2. Puaskan Hasrat Narsis di Kalibiru

Tempat Wisata di Kulon Progo - Kalibiru 1
Gardu Pandang Desa Wisata Kalibiru, Kulon Progo. Kalibiru ini sempat menjadi tempat wisata di Kulon Progo yang sangat populer beberapa tahun lalu. (© @susisanty.ss)

Salah satu tujuan wisata bagi generasi kiwari tentu saja mengumpulkan foto sebanyak-banyaknya untuk diunggah di laman media sosial. Karena itu tempat yang instagramable menjadi salah satu syarat untuk berwisata.

Tempat wisata di Kulon Progo selanjutnya adalah wisata alam Kalibiru yang sudah popular namanya dikalangan anak muda maupun tua.

Di Kalibiru, kamu bisa memuaskan hasrat narsis dengan berfoto di berbagai spot yang disediakan. Yang paling populer tentu saja berfoto di anjungan berlatarkan Waduk Sermo di kejauhan.

Meski harus memanjat tangga supaya tiba di atas pohoh, para wisatawan rela antri untuk berfoto di tempat ini. Selain itu, kamu juga bisa menikmati suasana perbukitan yang hijau segar. Dijamin, sepulang dari Kalibiru kamu akan memiliki banyak koleksi foto ciamik.

Lokasi Kalibiru : Dusun Kalibiru, Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

3. Menjajal Ayunan Langit di Pule Payung

Tempat Wisata di Kulon Progo - Pule Payung
Salah satu spot foto asik di Pule Payung, Kulon Progo. (© @mertina_dewi)

Pernah nggak membayangkan bermain ayunan dengan ketinggian lebih dari 500 mdpl? Pasti ngeri banget kan, ya? Nah, kalau kamu mengaku pemberani, kini hal tersebut tak hanya ada di angan-angan melainkan bisa dilakukan. Ada satu tempat wisata di Kulon Progo baru bernama Bukit Pule Payung yang menawarkan fasilitas ayunan langit.

Nantinya kamu akan duduk di sebuah ayunan yang berada di bibir tebing kemudian akan diayunkan beberapa kali. Tak usah takut terjatuh, sebab sebelum duduk diayunan kamu harus mengenakan sit harness yang akan menjaga tubuh supaya tidak terjatuh.

Satu-satunya yang harus kamu khawatirkan adalah jantung kamu. Yakin berani dan tidak jantungan? Selain ayunan langit, di Pule Payung juga ada wahana lain seperti sepeda langit, flying fox, jembatan surga, dan masih banyak lainnya. Berani mencoba atraksi di tempat wisata di Kulon Progo yang satu ini?

Lokasi Pule Payung : Dusun Saropati Desa Hargotirto, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

4. Melihat Buah Durian Raksasa di Embung Banjaroya Kalibawang

Tempat Wisata di Kulon Progo - Embung Banjaroya Kalibawang
Pemandangan Embung Banjaroya Kalibawang, Kulon Progo dari atas. (© @dayu_iswanto)

Bagi kamu yang ingin menikmati waduk atau biasa masayarakat sekitar menyebutnya embung di ketinggian tetapi di daerah Kulon Progo seperti di Embung Batara Srtiten? Jawabannya bisa banget! Ada salah satu tempat wisata di Kulon Progo yang bernama Embung Banjaroya.

Memang tidak terlalu besar ukurannya. Tetapi kamu bisa menikmati hamparan pedesaan Kabupaten Kulon Progo dan jika cuaca serta langit bersih, kamu akan bisa melihat Gunung Merapi dan Gunung Merbabu lebih dekat dari sini.

Selain itu, ada patung durian yang cukup besar di sini. Patung durian raksasa itu dijadikan icon oleh warga sekitar karena memang di sekitaran daerah Kalibawang banyak hasil pertanian berupa durian.

Jika waktu panen. Di daerah sini juga diadakan festival durian. Ya. Bagi kamu yang suka dengan durian bisa mampir untuk menikmati sedapnya buah durian asli kali Kulon Progo ini yang bernama durian menoreh kuning.

Yuk ah kunjungi tempat wisata di Kulon Progo yang satu ini!

Lokasi Embung Banjaroya Kalibawang : Jalan Kalibawang-Sendang Sono, Banjaroyo, Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

5. Mendaraskan Untaian Doa di Sendangsono

Arsitektur Gua Maria Sendangsono
Arsitektur Gua Maria Sendangsono, Yogyakarta. (Benedictus Oktaviantoro/Maioloo.com)

Bagaiaman cara terbaik untuk berkomunikasi dengan Sang Pencipta? Tentu saja dengan berdoa. Bagaiaman cara terbaik untuk mengenang orang-orang yang sudah beranjak pergi meninggalkan kita?

Tentu dengan berdoa. Bagaimana cara untuk menyampaikan rindu dan cinta kepada mereka yang jauh dan tak tergapai? Jelas saja dengan berdoa. Jika kamu ingin melakukan semuanya itu, datanglah ke tempat wisata di Kulon Progo yang bernama Sendang Sono.

Berada di lereng Bukit Menoreh, Sendang Sono merupakan tempat terbaik untuk mendaraskan doa-doa. Di tempat ini kamu bisa berdoa di Gua Maria atau di kapel yang ada.

Meski merupakan tempat ziarah umat Katolik, Sendang Sono membuka diri dan boleh dikunjungi siapa saja. Jika tidak berdoa, kamu bisa menyusuri kawasan asri yang luas ini sambil menikmati bangunan nan apik dan menyatu dengan alam karya Romo Mangun.

Sudah ada yang pernah ke tempat wisata di Kulon Progo yang satu ini?

Lokasi Sendang Sono : Dusun Semagung, Desa Banjaroya, Kecamatan Kalibawang, Kabupaten Kulonprogo, Daerah istmewa Yogyakarta.

6. Mandi di Waterpark Alami Kedung Pedut

Tempat Wisata di Kulon Progo - Kedung Pedut
Seorang wisatawan sedang hammocking di Kedung Pedut, Kulon Progo. (© @fitriany_irene)

Selain Taman Sungai Mudal, tempat wisata di Kulon Progo juga memiliki wisata air alami lain bernama Kedung Pedut. Kedung sendiri merupakan istilah dalam bahasa Jawa untuk menamakan kolam mata air. Di Kedung Pedut terdapat 3 kedung yang bertingkat-tingkat dengan air berwarna tosca yang memanggil siapa saja untuk mandi-mandi di dalamnya. Kedung tersebut dikelilingi dengan batuan alami.

Masing-masing kedung dipisahkan oleh air terjun mini yang mengalirkan air dengan deras. Jika memiliki peralatan, kamu bisa saja menjajal canyoning di tempat ini.

Jembatan-jembatan bambu juga menghiasi kawasan ini, semakin menambah asri suasana. Jika ingin mendapatkan suasana yang sepi, datanglah di pagi hari. Sebab jelang siang tempat ini akan riuh dengan wisatawan.

Lokasi Kedung Pedut : Dusun Kembang, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulonprogo, Daerah istmewa Yogyakarta.

7. Menyaksikan Kisah Pertempuran Raksasa Bernama Sugriwo & Subali di Gua Kiskendo

Tempat Wisata di Kulon Progo - Gua Kiskendo
Seorang wisatawan Gua Kiskendo sedang mengabadikan keindahan ornamen gua. (© @akrim_aisani)

Kamu suka wisata minat khusus yang syarat dengan cerita-cerita sejarah dan mitos gak sih? Kalau suka. Nih ada tempat wisata di Kulon Progo yang menyajikan penggabunga wisata minat khusus dan wisata sejarah serta mitos.

Namanya Gua Kiskendo. Terletak di Desa Jatimulyo, kecamatan Girimulyo Kulonprogo, Gua Kiskendo tepatnya berada perbatasan Jogja dan Purworejo. Di Gua Kiskendo ini kamu bisa susur gua melihat ornamen gua yang indah serta kamu bisa mempelajari kearifan lokal dari relief yang menceritakan kisah tentang peperangan antara Sugriwo dan Subali.

Lokasi Gua Kiskendo : Jalan Gua Kiskendo, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta

8. Hunting Foto dan Narsis-narsisan Hingga Berburu Sunset di Waduk Sermo Dan Taman Bambu Air

Tempat Wisata di Kulon Progo - Wadung Sermo
Suasana ditepian Waduk Sermo., Kulon Progo.(© @baguswijonarko)

Bagi kamu yang ingin menghabiskan sore hari untuk menenangkan ditepian air dari. Atau mungkin menghilang dari hiruk pikuk Yogyakarta yang semakin padat. Kamu bisa datang ke salah satu tempat wisata di Kulon Progo yang bernama Waduk Sermo.

Ya. Di tempat wisata ini kamu bisa menikmati semburat jingga yang terpantul dari luasnya air di waduk tersebut. Jika kamu ingin menikmati moment ini, kamu pergilah ke pintu air. Itu salah satu lokasi yang asik untuk menikmatinya.

Dahulu Waduk Sermo adalah sebuah perkampungan. Tetapi saat ini sudah disulap menjadi sebuah salah satu waduk di Yogyakarta.

O iya. Selain untuk menikmati sore, Waduk Sermo juga menawarkan sebuah instalasi cantik loh! Ya. Karena sudah banyak tempat wisata di Kulon Progo yang membuat tempatnya agar asik untuk berfoto-foto. Waduk Sermo juga melakukan hal yang sama.

Di sini kamu juga bisa nongkrong-nongkrong cantik sembari narsis-narsisan dengan latar belakang Perbukitan Menoreh dan tentunya hamparan air di Waduk Sermo tersebut.

Nama lokasi tersebut iyalah Taman Bambu Air Sermo. Beberapa orang warga sudah membuat sebuah properti yang lucu-lucu untuk mendukung feed Instagram kamu.

Lokasi Waduk Sermo : Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

9. Buat Galeri Instagrammu Lebih Indah di Tebing Gunung Gajah

Tempat Wisata di Kulon Progo - Tebing Gunug Gajah, Kulon Progo
Keindahan lanskap dilihat dari Tebing Watu Gajah, Kulon Progo. (© @pinarakjogja)

Berada di ketinggian 900 meter di atas permukaan laut serta memiliki lebar sekitar 2 hektar. Tempat wisata di Kulon Progo ini menawarkan wisata minat khusus berupa permainan outbond serta spot foto yang menarik untuk kamu yang suka selfie.

Jika kamu ingin ke sini. Aktivitas yang bisa kamu lakukan pertama adalah selfie-selfie cantik dahulu di beberapa instalasi di sana.

Mungkin instalasi atau spot selfie yang pertama bisa kamu datangi adalah spot bulan sabit. Spot ini juga cukup populer di sana. Kenapa? Karena di spot ini kamu bisa terlihat epic dengan latar belakang perbukitan Menoreh yang asri dan juga luasnya Waduk Sermo di tengahnya.

Jika kamu tertarik dengan wisata minat khusus. Lebih spesifiknya adalah outbond. Setelah foto-foto, kamu bisa menguji adrenalinmu dan juga keseimbanganmu dengan cara melakukan treetop, flying fox hingga susur gua.

Jika kamu tidak tau treetop. Treetop adalah sebuah permainan brebentuk lintasan yang terbubung dari satu pohon ke pohon yang lain dengan bantuan tali dan pijakan yang sudah direkayasa sedemikian rupa supaya aman. Menarik bukan?

Yuk ah segera ke tempat wisata di Kulon Progo ini bersama teman-teman kamu!

Lokasi Tebing Gunung Gajah : Dusun Tegaring II, Desa Hargotirto, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

10. Menikmati Hamparan Kebun Teh di Desa Wisata Nglinggo

Tempat Wisata di Kulon Progo - Kebun Teh Nglinggo
Seorang wisatawan sedang menikmati keindahan dan kesejukan di Desa Wisata Nglinggo. (© @etihleetiyhooo)

Tahukah kamu bahwa Kulon Progo memiliki kebun teh? Pasti tak banyak yang tahu kan? Yap, informasi ini benar dan tidak mengada-ada. Meskipun tidak seluas kebun teh Kemuning Karanganyar atau kebun teh Tambi, di Perbukitan Menoreh ada hamparan kebun teh yang hijau menyegarkan. Lokasi pastinya di Desa Wisata Nglinggo, Samigaluh.

Kebun teh ini konturnya berundak-undak mengikuti kontur bukit, menyerupai sawah terasering di Bali. kamu bisa trekking di antara batang-batang teh sambil mengedarkan pandang ke segala penjuru.

Berhubung lokasinya berada di perbukitan, kamu jadi bisa melihat hamparan lembah dan bukit dikejauhan. Sepulang dari tempat wisata di Kulon Progo ini pikiran pasti akan lebih fresh. Yakin!

Lokasi Desa Wisata Nglinggo : Dusun Nglinggo, Desa Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

11. Menyapa Mentari di Puncak Widosari

Tempat Wisata di Kulon Progo - Puncak Widosari
Seorang pengunjung sedang menikmati keindahan yang ditawarkan di Puncak Widosari, Kulon Progo.(© @opick.93)

Ingin menemukan tempat dimana bisa menyaksikan sunrise dan sunset sekaligus? Puncak Widosari yang berada di Desa Tritis Samigaluh adalah jawabannya. Puncak Widosari sendiri bukanlah sebuah gunung pada umumnya, melainkan bongkahan batu raksasa dan tinggi menyerupai menara.

Untuk mencapai tempat wisata di Kulon Progo yang bernama Puncak Widosari ini, kamu harus berjalan kaki melewati deretan anak tangga yang lumayan curam dan mengular.

Dari ketinggian Puncak Widosari kamu bisa melayangkan pandang hingga melihat Gunung Merapi, Gunung Merbabu, serta pesisir pantai selatan Jogja. Di jalur menuju puncak terdapat gazebo-gazebo yang bisa digunakan sebagai tempat beristirahat sejenak jika lelah. Pada saat-saat tertentu, di tempat ini juga diadakan upacara adat.

Lokasi Puncak Widosari : Dusun Tritis, Desa Ngargosari, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

12. Mengabadikan Keindahan Matahari Terbit Hingga Menyaksikan Kegagahan Lima Gunung di Puncak Suroloyo

Tempat Wisata di Kulon Progo - Puncak Suroloyo
Keindahan suasana pagi di Puncak Suroloyo, Kulon Progo.(© @bramazharee)

Tempat wisata di kulon Progo selanjutnya adalah Puncak Suroloyo. Ini cocok sekali bagi kamu yang ingin menikmati puncak dengan segala keindahannya tetapi tidak memerlukan usaha mendaki yang melelahkan.

Secara administratif Puncak Suroloyo teletak di Desa Gerbosari, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Bagi kamu yang ingin ke sini. Kami menyarankan waktu yang tepat adalah pagi hari. Dimana kamu akan bisa menyaksikan indahnya matahari terbit dari ketinggian. Ini sangat cocok sekali bagi kamu penggemar fotografi pemandangan.

Salin itu. Karena di daerah Kulon Progo ini masih banyak pepohonan kabut yang perlahan menggerayangi tubuhmu serta udara segar akan bisa kamu nikmati di Puncak Suroloyo yang termasuk dari salah satu tempat wisata di Kulon Progo.

Sangat indah dan menyenangkan bukan? O iya. Diusahakan kamu dari Jogja subuh ya. Mengingat perjalanan ke sini itu membutuhkan waktu yang cukup lama.

Lokasi Puncak Suroloyo : Dusun Keceme, Desa Gerbosari, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

13. Menyusuri Hutan Mangrove dan Jembatan Siapi-api

Hutan Mangrove Wana Tirta, Kulonprogo
Wisatawan sedang mendokumentasikan keindahan Hutan Mangrove Wana Tirta di atas jembatan kayu yang berada di Kabupaten Kulonprogo. (Benedictus Oktaviantoro/Maioloo.com)

Tak banyak yang tahun bahwa di Kulonprogo terdapat ekosistem mangrove alami, tepatnya di daerah Pasir Mendit, Jangkaran, di tepian Sungai Bogowonto. Hutan mangrove tersebut berfungsi sebagai benteng penjaga pesisir dari abrasi air laut.

Dulu, hutan mangrove ini sempat rusak parah akibat pembalakan liar. Lantas ada beberapa orang yang tergabung dalam komunitas dan berinisiatif untuk menghijaukan kembali kawasan ini. Kini hamparan mangrove mulai rimbun lagi.

Selain sebagai benteng alami, hutan mangrove juga dikembangkan sebagai destinasi wisata. Masyakarat membangun jembatan bambu di antara hutan mangrove dan sungai.

Mereka juga melengkapinya dengan berbagai spot foto yang menarik. Yang paling epic, di kawasan mangrove dan sungai ini terdapat jembatan panjang dengan dua menara menyerupai London Bridge.

Tak hanya itu, ada juga miniatur Pura Ulun Danu Bratan serta Menara Eiffel yang semuanya terbuat dari bambu. Menyusuri hutan mangrove dan jembatan siapi-api ini akan menjadi wisata yang menyenangkan ketika kamu ingin menikmati tempat wisata di Kulon Progo.

Lokasi Hutan Mangrove dan Jembatan Siapi-Api : Dusun Pasir Mendit, Desa Jangkaran, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

14. Berlarian di Hamparan Kebun Bunga Matahari Pantai Glagah Indah

Tempat Wisata di Kulon Progo - Pantai Glagah Indah
Menikmati deru angin di Pantai Glagah, Kulon Progo. (© @christintins)

Tak hanya Pantai Samas Bantul saja yang memiliki kebun bunga matahari. Tampat wisata di Kulon Progo. Tepatnya di Pantai Glagah juga memilikinya, sob!

Saat bunga matahari bermekaran, berlarian di hamparan kebun yang menguning pasti akan menyenangkan. Jangan lupa memakai baju dengan warna kontras supaya hasil di foto semakin ciamik. Untuk hasil gambar terbaik, datanglah di waktu pagi saat bunga sedang segar-segarnya.

Menjelang siang kamu bisa beranjak menuju Pantai Glagah guna bermain ombak, menikmati aneka seafood, atau naik perahu di lagunanya. Saat senja menjelang, jangan bergegas pulang. Tunggulah sejenak hingga mentari menyentuh garis cakrawala.

Dari tempat ini kamu bisa menyaksikan senja yang mempesona. Pantai in ijuga termasuk tempat wisata di Kulon Progo yang asik untuk menikmati sunset.

Tempat Wisata di Kulon Progo - Bunga Matahari di Pantai Glagah
Salah satu tempat wisata di Kulon Progo yang sempat populer. Taman Bunga Matahari di Pantai Glagah. (© @sabrinaanggraini)

Tempat wisata di Kulon Progo ini cukup popular di kalangan anak muda lo! Kenapa? Karena ada taman bunga matahari yang sangat instagramable.

Lokasi Pantai Glagah : Desa Glagah, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

15. Dari Mancing Hingga Melepas Penyu-penyu Kecil di Pantai Congot

Tempat Wisata di Kulon Progo - Pantai Congot
Sunset di Pantai Congot, Kulon Progo. (© @apipjunot)

Bagi kamu yang suka memancing. Tempat wisata di Kulon Progo yang satu ini akan cocok sekali. Karena Pantai Congot itu tidak terlalu ramai dibanding dengan tempat wisata pantai di Kulon Progo yang lain. Maka hal tersebut dijadikan tempat untuk memancing.

Selain itu. Di Pantai Congot juga dijadikan sebagai tempat penangkaran penyu yang mampir untuk bertelur. Nah ketika waktunya pas mereka menetas, kamu bisa ikut melepas penyu-penyu kecil tersebut ke pantai.

Lalu bagi kamu yang membawa anak-anak kecil. Tolong sekali perhatikan mereka karena ombak di Pantai Congot ini cukup besar. Jangan sampai pandangan kamu terlepas ketika membawa anak-anak kecil yang sedang bermain air di Pantai Congot.

Lokasi Pantai Congot : Desa Jangkaran, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

****

Nah itu dia beberapa rekomendasi tempat wisata di Kulon Progo yang dapat kamu kunjungi ketika sedang mampir ke Yogyakarta bersama keluarga ataupun orang tersayang dalam hidup kamu.

Sesuaikan dengan suasana hati maupun kesenangan kamu mau pergi ke mana. Pantai, bukit, waduk, kebun, taman, sungai ataupun tempat yang bagus untuk foto-foto narsis.

Jangan lupa untuk selalu membawa sampahmu atau carilah tempat sampah terdekat untuk membuah sampahmu tersebut agar tempat wisata di Kulon Progo ini selalu terjaga kebersihannya.

Jika ada orang lain yang membuang sampah atau melakukan hal yang akan merusak salah satu tempat wisata di Kulon Progo, alangkah baiknya kamu mengingatkannya dengan cara baik-baik. Mari kita ikut serta menjaga tempat wisata yang sudah dibuat oleh warga sekitar.

6 KOMENTAR

    • Iya kak, memang banyak sekali tempat wisata di Kulo Progo ini. Jangan lupa mampir ya kak kalau main ke Jogja. 🙂

  1. Bener juga ya ternyata tempat wisata di Kulon Progo bagus2 juga. Ada beberapa tempat yang akaj masuk ke dalam daftar traveling aku saat ke jogja nih.

    Terima kasih ya kak informasinya. Kereeennn.

    • Yeeiii… Ayo kak ke Kulon Progo. Jangan lupa post foto-foto kecenya ya kak ke social media atau ke blognya. Terima kasih sudah berkunjung ke blog kami ya kak.

    • Kan biar para pembaja bisa jelas tentang apa yang dicarinya mas. Kasian juga kalau aku nulis setengah-setengah tentang tempat wisata di Karimunjawa ini kan. Memang sebisa mungkin aku dan teman-teman bisa menjawab sebuah pertanyaan dan masalah yang netizen alami ketika sedang ingin traveling. 🙂 BTW, terima kasih ya sudah berkunjung.

TINGGALKAN KOMENTAR YUK!

Please enter your comment!
Please enter your name here