Masih banyak tempat wisata di Karimunjawa yang bisa kamu kunjung tanpa harus menggunakan kapal atau tour darat. Tempat tenang dengan desiran ombak serta angin yang akan membuatmu menjadi dua pilihan. Semakin manja atau semakin terpesona.

Ya. Kamu bisa mengunjungi tempat wisata di Karimunjawa tanpa harus menggunakan kapal. Telusuri saja tempat-tempat yang masih bisa kamu akses dengan kendaraan pribadi atau kendaraan yang kamu sewa di sana.

Kenapa demikian?

Ketika kamu mendarat di Pelabuhan Baru Karimunjawa, daratan tersebut cukup luas untuk kamu kelilingi. Mulai dari Pulai Karimunjawa itu sendiri hingga Pulau Kemujan.

Oh iya. Sebagai informasi saja bahwa Karimunjawa adalah sebuah kepulauan dan pulau yang paling besar dan dihuni oleh masyarakat itu adalah Pulau Karimunjawa dan Pulau Kemujan.

Hanya dipisahkan oleh hutan mangrove dan bisa diakses karena ada jembatan sebagai penghubungnya.

Nah… Kali ini Maioloo.com akan memberikan informasi tempat wisata di Karimunjawa ketika kamu ingin tour darat saja.

Tempat wisata di Karimunjawa tersebut akan kami bagi dua. Pertama tempat wisata di Pulau Karimunjawa dan tempat wisata di Pulau Kemujan. Yuk kita lihat daftar tempat wisata di Karimunjawa mana sajakah yang bisa kamu sambangi bersama teman seperjalanan maupun orang tersayang.

Tempat Wisata di Karimunjawa

1. Pantai Legon Lele

Pantai Legon Lele, Karimunjawa
Seorang wisatawan sedang bermain di Pantai Legon Lele, Karimunjawa. (Isma Adel/Maioloo.com)

Menurut sejarah, Pantai Legon Lele ini adalah tempat dimana Sunan Nyamplungan atau Syekh Amir Hasan mendarat pertama kalinya di Pulau Karimunjawa.

Di pantai ini kamu dapat menikmati sebuah pantai yang memiliki pasir putih yang luas jika air laut surut. Hampir sama dengan Pulau Cemara Besar. Asik sekali jika pagi-pagi kamu datang ke Pantai Legon Lele ini. Pantai ini juga bisa dijadikan sebuah tempat untuk menyaksikan sebuah pertunjukan sang mentari yang perlahan keluar dari lautan.

Jika kamu menggunakan kendaraan roda dua, tanyakan saja kepada warga setempat letak dari Pantai Legon Lele. Jalan menuju pantai ini memang sedikit bergetar karena jalan menuju Pantai Legon Lele masih terbuat dari conblock. Ditambah ada ada sebuah turunan (ketika kamu menuju pantai ini) curam dan ketika pulang dia akan menjadi tanjakan curam.

Letaknya memang sedikit terpencil, tetapi kamu tidak akan menyesal ketika kamu merencanakan mengunjungi tempat wisata di Karimunjawa ketika tour darat yang satu ini.

Baca juga: Pasir Putih Pulau Cemara Besar Karimunjawa

2. Bukit Joko Tuwo

Sunset di Bukit Joko Tuo, Karimunjawa
Sejumlah wisatawan Bikit Joko Tuo, Karimunjawa. (Benedictus Oktaviantoro/Maioloo Tour)

Sesuai dengan namanya. Bukit Joko Tuwo ini terletak di atas bukit asri yang mempesona.

Bukit Joko Tuwo ini memiliki tiga keistimewaan. Pertama, kamu akan bisa menyaksikan sebuah kerangka mamalia raksasa. Mamalia itu orang sering sebut dengan ikan paus. Nama Bukit Joko Tuwo ini juga diambil dari filosofi dari ikan paus tersebut.

Bukit karena letaknya memang di bukit. Joko itu bahasa jawa yang artinya perjaka. Tuwo itu juga bahasa jawa yang memiliki arti tua. Jadi menurut warga setempat Bukit Joko Tuwo itu adalah sebuah tempat bersemayamnya perjaka tua.

Kenapa perjaka tua? Karena ikan paus tadi adalah hewan yang memiliki umur yang sangat panjang dan warga setempat pada penemuan dahulu mempercayai bahwa ikan itu adalah laki-laki.

Kedua. Kamu bisa menyaksikan sebuah tasbih raksasa yang terbuat dari batuan andesit.

Ketiga. Di Bukit Joko Tuwo ini kamu bisa menyaksikan sebuah pertunjukan tentang senandung senja. Sebuah pertunjukan tentang matahari yang perlahan menenggelamkan dirinya ke dalam garis batas cakrawala. Sangat epic sekali.

3. Bukit Love Karimunjawa

Sunset di Bukit Love Karimunjawa
Sunset Bukit Love Karimunjawa. (David Burhan/Maioloo Tour)

Tempat wisata di Karimunjawa saat tour darat selanjutnya yaitu Bukit Love. Bukit ini sebenarnya masih satu deret punggungan dengan Bukit Joko Tuwo tetapi letaknya agak jauh.

Kamu harus menempuh jarak sekitar 20 menit menggunakan motor jika ditempuh dari Alun-alun Karimunjawa.

Di Bukit Love ini juga mempunyai keistimewaan dan keindahan yang bisa kamu nikmati bersama teman perjalanan atau orang tersayang.

Di bukit ini kamu bisa menemukan beberapa ikon Karimunjawa. Seperti ikan kakak tua yang berwarna hijau ngejreng. Ikan ini adalah menu favorit untuk wisatawan ketika ingin bebakaran di pulau untuk makan siang.

Ada juga tulisan Karimunjawa yang cukup besar dan tuisan tersebut menghadap ke arah selatan atau menghadap kearah laut.

Sesuai dengan namanya, Bukit Love. Ada sebuah tulisan love yang terbuat dari semen di sana.

Selain itu, ada juga instalasi berbentuk sarang burung kami menyebutnya. Letaknya di atas pohon yang cukup rindang. Kamu bisa narsis ria di sana.

Karena letaknya di ketinggian dan menghadap barat. Kamu bisa menyaksikan pagelaran senandung senja juga disini dengan latar depan pemukiman penduduk Karimunjawa dan hilir mudik kapal nelayan dan kapal wisata yang membawa wisatawan mengelilingi tempat wisata di Karimunjawa, terutama pulau.

4. Pantai Ujung Gelam

Sunset di Pantai Ujung Gelam, Karimunjawa
Sunset di Pantai Ujung Gelam, Karimunjawa. (Benedictus Oktaviantoro/Maioloo.com)

Sesuai dengan namanya. Pantai Ujung Gelam ini memang terletak di paling ujung barat Pulau Karimunjawa. Secara administratif Pantai Ujung Gelam terletak di Dusun Alang-alang, Karimunjawa.

Tidak jauh letaknya dari pusat kota Karimunjawa atau Alun-alun Karimunjawa. Jika kamu ingin mengakses tempat wisata di Karimunjawa ini menggunakan motor, waktu yang kamu butuhkan sekitar 30 menit.

Pantai Ujung Gelam sebenarnya sudah lama dikenal oleh wisatawan yang berkunjung ke Karimunjawa. Oleh para wisatawan, pantai ini terkenal sebagai spot sunset terbaik di Karimunjawa. Ada benarnya juga sih mereka.

Di sini kamu memang bisa menikmati sunset yang istimewa. Jika cuaca dan langit bersahabat, kamu dapat menyaksikan sebuah lingkaran berwarna orange (kadang besar dan kadang kecil diameternya) yang seakan-akan dilahap oleh lautan. Sangat mempesona jika kamu dapat menyaksikan kejadian tersebut.

Jika kamu mengikuti paket wisata Karimunjawa, biasanya kamu juga akan dibawa ke tempat wisata di Karimunjawa ini oleh nahkoda kapal untuk menghabiskan sore hari di Pantai Ujung Gelam ini.

Baca juga: 11 Tempat Terbaik Untuk Menikmati Sunset Nan Epic di Karimunjawa

5. Pantau Batu Topeng

Menikmati Gulungan Ombak Yang Tenang di Pinggir Pantai Karimunjawa
Menikmati lembutnya gulungan ombak di tepi Pantai Batu Topeng, Karimunjawa. (Benedictus Oktaviantoro/Maioloo.com)

Masih satu garis pantai dengan Pantai Ujung Gelam dan jaraknya juga tidak terlalu jauh. Bisa di akses dengan cara menyusuri garis Pantai Ujung Gelam tersebut.

Pantai Batu Topeng ini menyajikan sebuah gazebo yang sedikit menjorok ke laut. Inik memang. Di sini kamu dapat bersantai ria di dalam gazebo tersebut sembari menunggu sunset.

Karena masih satu garis pantai dengan Pantai Ujung Gelam, pasir disini pun juga berwarna putih. Kamu juga dapat berenang atau berjemur dengan santai. Mengapa? Karena di Pantai Batu Topeng ini pengunjungnya tidak terlalu ramai.

Tempat wisata di Karimunjawa yang ini juga ada ayunan di pohonnya juga lo! Kamu bisa berkontemplasi di ayunan tersebut.

6. Pantai dan Bukit Annora

Mari kita ke tempat wisata di Karimunjawa selanjutnya.

Kami akan bawa kamu menjauh sisi selatan Karimunjawa dan mendekat sisi utara Karimunjawa. Lokasinya semakin mendekan dengan Tracking Mangrove Karimunjawa.

Ya. Pantai Annora. Di sini kamu dapat menyaksikan sebuah pantai dengan instalasi seni yang etnic. Mulai dari meja dan kursi yang asik untuk bersantai, ayunan yang diletakkan mulai dari batang pohon hingga ayunan yang diletakkan di laut semacam di Lombok, taman kecil yang lucu, hingga asesoris tambahan yang menambah kesan artsy tetapi tetap sederhana.

Semua properti yang dibuat untuk memperindah Pantai Annora itu terbuat dari sampah dan benda rusak yang terdampar di garis Pantai Annora tersebut.

Selain dapat menikmati keunikan instalasi seni tadi, kamu juga akan disuguhkan dengan panorama hamparan pantai yang terbentang luas dari atas bukit.

Namanya Bukit Annora. Masih dalam satu area kok dan kamu bisa mengaksesnya dengan berjalan kaki ketika kamu mengunjungi tempat wisata di Karimunjawa yang satu ini.

7. Makam Sunan Nyamplungan

Makan Sunan Nyamplungan, Karimunjawa
Seorang pengunjung sedang melintasi makam Sunan Nyamplungan, Karimunjawa. (Benedictus Oktaviantoro/Maioloo.com)

Ada juga ni petilasan sekaligus tempat bersejarah bagi Karimunjawa. Makam Sunan Nyamplungan.

Menurut cerita masyarakat, Sunan Nyamplungan atau Syekh Amir Hasan putera dari Sunan Muria adalah sosok penting bagi Karimunjawa. Beliaulah yang mempunyai kontribusi tentang nama Karimunjawa itu sendiri dan tentang pelajaran agama Islam disini.

Sebenarnya ini bukan tempat wisata di Karimunjawa tetapi kamu bisa ke sini dan mendalami tentang sejarang Karimunjawa.

Tempat Wisata di Pulau Kemujan

8. Tracking Mangrove Karimunjawa

Trekking di Hutan Mangrove, Karimunjawa
Sejumlah wisatawan sedang berjalan-jalan di hutan bakau atau hutan mangrove Karimunjawa. (Benedictus Oktaviantoro/Maioloo.com)

Tempat wisata di Karimunjawa selanjutnya adalah Tracking Mangrove Karimunjawa. Ini adalah hutan mangrove yang dimiliki oleh Karimunjawa. Cukup luas dan asik kok ketika kamu ke hutan mangrove ini.

Secara lokasi, hutan mangrove ini terbagi menjadi dua. Satu sisi masuk ke dalam Pulau Karimunjawa, sisi lainnya masuk ke dalam Pulau Kemujan. Tetapi ketika kamu ingin memasuki dan ingin berjalan-jalan di dalamnya, berarti kamu masuk ke dalam wilayah Pulau Kemujan. Di sana sudah dibuatkan fasilitas seperti jalan yang terbuat dari kayu, pos penjagaan, papan serta pusat informasi tentang satwa dan fauna di hutan mangrove sana sebagai upaya edukasi bagi wisatawan oleh pengelola.

Selain fasilitas tadi, di sana ada tempat menarik lainnya yaitu gardu pandang. Gardu pandang di Tracking Mangrove Karimunjawa ini cukup tinggi. Karena cukup tinggi itu, bagi kamu yang berada di atasnya akan melihat hamparan pohon mangrove luas yang berserak, bukit-bukit yang hijau dan lautan indah Karimunjawa. Jangan lupa ya untuk datang ke tempat wisata di Karimunjawa yang ini ya, gak nyesel deh.

Ketika sore menjelang, kamu juga bisa menikmati suasana sunset yang mempesona dari atas gardu pandang tersebut.

9. Pantai Batu Putih

Pantai Batu Putih, Karimunjawa
Batu besar yang mencuat ke permukaan ini adalah sumber penamaan dari Pantai Batu Putih. (Benedictus Oktaviantoro/Maioloo.com)

Pantai Batu Putih ini terletak di Dusun Jelamun, Karimunjawa. Berjarak sekitar 15 km jika ditempuh dari kota Karimunjawa.

Menurut warga setempat. Nama Pantai Batu Putih itu diambil dari sebuah bongkahan batu besar yang mencuat ke atas dan ketika kering, batu tersebut berwarna putih.

Di Pantai Batu Putih, Karimunjawa ini juga memiliki dermaga kayu untuk bersandar kapal. Di dermaga itu kamu bisa bermain-main dengan teman seperjalanan atau orang tersayang kamu. Selain itu, air di Pantai Batu Putih ini juga bening dan masih bersih karena belum terlalu banyak pengunjung yang datang ke tempat wisata di Karimunjawa ini.

Baca juga: Berburu Cumi-cumi. Dari Pantai Bunga Jabe Hingga Pantai Batu Putih, Karimunjawa

10. Pantai Bunga Jabe

Tempat wisata di Karimunjawa selanjutnya itu adalah Pantai Bunga Jabe. Pantai Bunga Jabe ini perpaduan dari keindahan alam, kesenian dan budaya.

Keindahan alam yang memang sudah tercipta sedemikian rupa. Mulai dari hamparan pasir putih yang membentang luas ketika air laut surut hingga pepohonan rimbun di sana yang menjadi sebuah kanopi dari teriknya matahari.

Kesenian, karena manusia (pengelola) yang berada di sana memiliki darah seni. Maka, dia menyalurkan kemampuannya itu ke dalam sebuah instalasi unik sebagai hiasan dan sebagai teman bagi pengunjung. Kamu bisa berinteraksi dengan hasil karya sang kreator seni di Pantai Bunga Jabe ini. Mulai dari sampan, ayunan, rumah panggung dan rumah kurcacinya, meja makan, dan lainnya.

Budaya. Mereka (pengelola) itu membawa darah Bugis dan memang tidak akan mereka lepas sepertinya. Ini terlihat dari rumah panggung yang ada di sana. Rumah panggung dan suasa di sini beraroma Bugis. Tidak hanya rumah panggung tersebut. Dari menu masakan besar yang disajikan, makanan kecil hingga jika kamu ingin berdiskusi dan bertanya-tanya tentang sejarah Bugis di Karimunjawa, bisa kamu lakukan di sini.

Tempat wisata di Karimunjawa yang satu ini cocok sekali bagi kamu yang ingin bermalas-malasan.

Baca juga: Memanjakan Hati di Pantai Bunga Jabe, Karimunjawa

11. Kampung Bugis Karimunjawa

Warga Kampung Bugis
Suasana Perkampungan Bugis saat siang hari. (Hendra Nurdiyansyah/Maioloo.com)

Karena Kepulauanan Karimunjawa, tepatnya di Dusun Ujung Batu Lawang, Pulau Kemujan itu banyak orang bugisnya. Mereka membangun rumah-rumah mereka dengan gaya bugis. Ya walaupun sudah tidak murni lagi 100%, tetapi kamu masih bisa merasakan dan menambah pengetahuan kamu tentang budaya Bugis.

Baca juga: Ketenangan Kampung Bugis di Kepulauan Karimunjawa

12. Bako Lolo

Bermain Sampan Bakololo
Wisatawan sedang bermain sampan di Bako Lolo, Pulau Kemujan, Karimunjawa. (Hendra Nurdiyansyah/Maioloo.com)

Bako Lolo ini kami masukkan kedalam daftar tempat wisata di Karimunjawa karena memang tempat ini eksotis dan tentunya asik untuk berkontemplasi.

Bako Lolo ini adalah sebuah laguna. Diapit oleh lebatnya hutan bakau Karimunjawa. Karena di apit oleh hutan bakau tadi, air disini tidak ada ombaknya sama sekali. Tempat yang sangat asik untuk bermain sampan atau kano.

Tempat wisata di Karimunjawa yang satu ini memang belum ada fasilitas sih untuk saat ini. Tetapi kamu bisa minta bantuan warga setempat kok jika ingin menuju dan bermain disini. Saran dari kami, bertanyalah dengan pengelola Pantai Bunga Jabe jika kamu ingin ke tempat ini.

Lokasinya juga tidak jauh dengan Pantai Bunga Jabe dan berada di sisi barat Bandar Udara Dewadaru.

Baca juga: 19 Aktivitas Seru Saat Wisata Di Karimunjawa Yang Bikin Kamu Betah

13. Pantai Ujung Batu Lawang

Sunset Pantai Ujung Batu Lawang
Seorang wisatawan sedang menikmati sunset di Pantai Ujung Batu Lawang, Karimunjawa. (© Benedictus Oktaviantoro/Maioloo Tour)

Letak tempat wisata di Karimunjawa yang satu ini memang berada di paling ujung utara Pulau Kemujan, Karimunjawa.

Pantai Ujung Batu Lawang ini sebenarnya konsepnya dibuat seperti Tracking Mangrove Karimunjawa. Tempat untuk melakukan kegiatan trekking yang asik dan ujungnya di Pantai Ujung Batu Lawang. Tetapi entah mengapa saat ini tidak terlalu ramai pengunjung dan dari sepinya pengunjung akhirnya berdampak kurang terurusnya fasilitas tempat wisata di Karimunjawa ini.

Salah satu dampak kurang terurusnya tempat wisata di Karimunjawa ini adalah pepohonan yang semakin lebat dan membelukar. Tetapi suasana ini menambah kesan natural dan wild banget bagi kamu penyuka petualangan alam bebas.

14. Dermaga Mrican

Dermaga Mrican, Karimunjawa by fourfootprints.com
Dermaga Mrican, Karimunjawa. (By Fourfootprints.com)

Dermaga Mrican ini adalah tempat bersandarnya kapal-kapal nelayan dari mencari ikan di laut lepas. Ketika ada kapal bersandar, warga akan berdatangan satu persatu untuk membeli hasil tangkapan nelayan tersebut. Biasanya kejadian ini terjadi di pagi hari.

Bagi kamu yang sudah mengambil paket wisata Karimunjawa, mungkin agak sulit datang ke Dermaga Mrican ini di pagi hari. Tetapi tenang. Kamu bisa datang ke tempat wisata di Karimunjawa ini saat sore hari.

Di sore hari kamu malah bisa mendapatkan sunset yang menarik di Dermaga Mrican ini.

Jika waktu dan cuaca bagus, kamu bisa menikmati sunset di dermaga ini. Jalanlah ke dermaga tersebut dan duduklah di pinggi dermaga tersebut hingga matahari terbenam. Dermaga Mrican ini juga menjadi salah satu tempat asik untuk menikmati sunset di Karimunjawa.

****

Itulah beberapa tempat wisata di Karimunjawa yang bisa kamu sambangi ketika kamu ingin tour darat bersama teman perjalanan atau orang tersayang.

Jika di dalam kunjunganmu ke tempat-tempat wisata di Karimunjawa tadi bertemu warga setempat, sapa dan berkomunikasilah dengan mereka agar terjadi hubungan baik dan kamu juga bisa meninggalkan kesan baik bagi warga setempat.

O iya. Jika kamu bersama teman-teman kamu ingin mengikuti paket wisata Karimunjawa dan ingin mendapatkan pengalaman yang seru dan baru, kami menyediakan paket wisata Karimunjawa tersebut. Kamu bisa berkunjung ke halaman ini.

Jika paket yang kami buat kurang menantang atau kurang pas dengan selera kamu, kami juga dapat membuat paket tersebut menurut keinginan kamu kok.

Salam hangat dari kami. Jaga kesehatan dan sering-seringlah olahraga agar badan sehat.

Sampai bertemu dengan kami di Karimunjawa.

4 KOMENTAR

  1. ijin bookmark.. ga ada waktu buat baca..

    dari lihat foto fotonya sepertinya sudah menarik mas

    salam dan terima kasih atas emailnya ya hehhe…

    salam dari karanganyar

    • Monggo Mas… 😀

      Suwun yo mas sampun berkunjung ten Maioloo.com..

      Salam saking Jogja juga Mas….

  2. Artikel kayak gini bikin saya ESMOSI!!!
    Gag ada bahasan lain apa OM!
    Hehehe…
    Bikin saya kepengen setengah mati. Ma’lum kita jarang piknik. Apalagi liat Pantai Legon Lele. ckckck.. keren… Luas banget

    • Hahaaha… Maaf mas. Yang saya bisa untuk saat ini membuat artikel seperti itu. Tapi kan bisa dijadikan referensi lah Mas kalau mau ke Karimunjawa besok2 atau kali aja ada temen yang mau ke Karimunjawa kan bisa di bagi informasinya. 😀

TINGGALKAN KOMENTAR YUK!

Please enter your comment!
Please enter your name here