25 Tempat Wisata di Bogor Ini Membuatmu Semakin Bersemangat untuk Liburan

Ingin seru-seruan di Bogor? Cus langsung pilih tempat wisata di Bogor mana yang kamu suka.

Tempat Wisata di Bogor
Ilustrasi Tempat Wisata di Bogor.

Banyaknya tempat wisata di Bogor menjadi salah satu alasan mengapa Kota Bogor selalu penuh dengan wisatawan, baik lokal hingga mancanegara. Mungkin kamu salah satu pengunjungnya.

Inilah Tempat Wisata di Bogor

Berikut adalah beberapa tempat wisata yang bisa kamu kunjungi bersama keluarga, kerabat hingga orang tersayang:

1. Mengintip Kehidupan Keluarga Presiden di Istana Bogor

Pemandangan Istana Bogor.
Pemandangan Istana Bogor. Julhandiarso Handogo/Flickr.com)

Istana Bogor bukan hanya digunakan sebagai Istana Presiden, tapi juga sering digunakan sebagai tempat wisata di Bogor karena memiliki berbagai daya tarik, mulai dari historis, kebudayaan hingga faunanya. Misalnya, rusa-rusa yang didatangkan langsung dari Nepal yang bisa dilihat ketika berada di Istana Bogor.

Istana Bogor ini juga memiliki arsitektur yang mengagumkan dimana warna putih dan gaya klasik sebagai ciri khasnya. Berbagai ruangan di dalamnya juga akan membuat kamu ingin segera memasukinya.

Kerumunan bunga teratai di depan Istana Bogor.
Kerumunan bunga teratai di depan Istana Bogor. Jajanbeken.com)

Untuk bisa memasuki kawasan ini, kamu tidak akan dipungut biaya sepersen pun. Hanya saja, kita tidak boleh sembarangan memasukinya. Istana Bogor ini hanya dibuka pada momen-momen tertentu saja, jadi jangan lewatkan waktu tersebut!

2. Berlarian Mengejar Rusa di Kebun Raya Bogor

Kerumunan rusa di Kebun Raya Bogor.
Kerumunan rusa di Kebun Raya Bogor. Cekajah.com)

Setelah berkunjung ke Istana Bogor, tidak lengkap rasanya jika kamu tidak mengintip Kebun Raya Bogor. Tempat wisata di Bogor yang berada di belakang Istana Bogor ini memiliki banyak daya tarik untuk dikunjungi.

Beberapa hal menarik yang akan kamu temukan di Kebun Raya Bogor, antara lain Monumen Lady Raffles, Danau Gunting, Prasasti Reinwardt, Patung Tangan Tuhan, Patung The Little Mermaid Statue, Pemakaman Belanda Kuno, Taman dan Tugu Teijsman, Laboratorium Treub dan masih banyak lagi.

Kebun Raya Bogor ini juga menyimpan sebuah misteri karena terbatasnya informasi. Selain itu, Kebun Botani raksasa yang ada di Kebun Raya Bogor juga menjadi sumber misteri yang beredar di masyarakat. Kamu pasti penasaran, bukan?

3. Segarkan Jiwa dan Pikiran dengan Menginap di The Highland Park Resort (Mongolian Camp Bogor)

Pemandangan di The Highland Park Resort, Bogor.
Pemandangan di The Highland Park Resort, Bogor. @myhellokittypie)

Berjarak sekitar 10 KM dari Istana Bogor membuat The Highland Park Resort diminati oleh banyak orang. Resort yang lebih dikenal dengan nama Mongolian Camp Bogor ini memiliki berbagai pilihan kamar yang tentunya sangat menarik.

Nama Mongolian diambil dari desain kamar tamu yang dibuat seperti rumah tenda ala suku Mongol. Bentuknya yang bundar dan beratap kerucut menjadi daya tarik tersendiri sebagai penginapan.

Wisatawan di The Highland Park Resort, Bogor.
Wisatawan di The Highland Park Resort, Bogor. (© @evaafa)

Bukan hanya kamar berbentuk rumah tenda ala Mongol, tapi juga ada tipe kamar Apache Camp yang mirip dengan rumah khas suku Indian. Kamu juga bisa memilih tipe kamar berupa rumah pohon. Tidak heran jika banyak orang yang berondong-bondong datang untuk menginap.

4. Menunggu Bintang Jatuh dan Camping di Bukit Alesano

Indahnya pemandangan malam di Bukit Alesano, Bogor.
Indahnya pemandangan malam di Bukit Alesano, Bogor. @riougen)

Jika kamu ingin menemukan tempat wisata di Bogor dengan pemandangan menakjubkan, Bukit Alesano bisa jadi pilihan. Bukit ini merupakan area camping yang cukup luas. Disarankan bagi kamu untuk datang pada malam hari atau pagi hari karena pemandangan di siang hari terlihat biasa.

Dari bukit ini, kamu bisa melihat pemandangan hingga 360 derajat, termasuk Gunung Gede Pangrango, sawah, perbukitan dan pastinya pemandangan Kota Bogor yang menawan.

Wisatawan sedang menikmati keindahan malam di Bukit Alesano, Bogor.
Wisatawan sedang menikmati keindahan malam di Bukit Alesano, Bogor. @riougen)

Pemandangan berbeda akan kamu rasakan ketika malam hari atau pagi hari. Dengan memandangan ke atas, kamu bisa melihat bintang yang berkerlap-kerlip begitu indahnya. Pemandangan di bawah pun tak kalah menarik dengan lampu warna-warni yang membuat suasana menjadi romantis.

5. Bertualang ke Rumah Pohon & Jembatan Kayu Gantung Curug Ciherang Jonggol

Wisatawan di Jembatan Kayu Gantung Curug Ciherang Jonggol.
Wisatawan di Jembatan Kayu Gantung Curug Ciherang Jonggol. @rianmuhtazam)

Curug Ciherang Jonggol menjadi salah satu destinasi wisata yang dikunjungi oleh banyak orang. Salah satu alasannya karena pemandangan alam yang begitu indah dan suara gemericik air yang mengalir dengan segarnya.

Daya tarik lain yang dimiliki tempat wisata di Bogor ini adalah dengan adanya rumah pohon yang unik. Kamu bisa menaiki rumah pohon tersebut dengan mudah karena sudah disediakan fasilitas lengkap menuju atas pohon rumah tersebut. Jangan lupa untuk mengabadikan momen kamu bersama orang terdekat.

Wisatawan di Jembatan Kayu Gantung Curug Ciherang Jonggol. (© @jeje_nurjannah)

Selain rumah pohon, jembatan kayu gantung juga memberikan daya tarik tersendiri. Tidak banyak objek wisata curug menyediakan fasilitas yang menarik ini. Jadi, jangan pernah lewatkan untuk mengunjungi Curug Ciherang Jonggol ketika berada di Bogor.

6. Naik Perahu Ala-ala di Little Venice Kota Bunga Puncak Bogor

Sejumlah wisatawan sedang menaiki sampan di Little Venice, Kota Bunga, Puncak Bogor.
Sejumlah wisatawan sedang menaiki sampan di Little Venice, Kota Bunga, Puncak Bogor. @azizsyaifullah)

Tempat wisata di Bogor lain yang tak boleh ditinggalkan adalah Little Venice yang ada di Kota Bunga. Tempat ini menyuguhkan pemandangan yang begitu unik hingga kamu akan merasakan suasana seperti di luar negeri, yaitu di Venesia, Italia.

Setelah memasuki kawasan wisata ini, kamu akan dibuat takjub dengan arsitektur bangunan yang unik, khas Venesia. Bangunan yang berwarna-warni dan memiliki bentuk menarik ini akan memberikan sensasi seperti berada di negeri dongeng.

Little Venice, Kota Bunga, Puncak Bogor adalalah salah satu tempat wisata di Bogor.
Little Venice, Kota Bunga, Puncak Bogor adalalah salah satu tempat wisata di Bogor. (© @nda.ptr)

Selain keunikan bangunan, kamu bisa menjajal berbagai wahana yang tersedia, seperti perahu, kapal, sepeda air, perahu naga, rubber boat, banana boat, kapal Missisipi, buble ball, dan gondola. Menarik, bukan?

7. Mengenal Rusa Lebih Dekat di Penangkaran Rusa Giri Jaya Cariu Bogor

Berfoto bersama rusa di Penangkaran Rusa Giri Jaya Cariu, Bogor.
Berfoto bersama rusa di Penangkaran Rusa Giri Jaya Cariu, Bogor. @tamanrusagirijaya)

Untuk menikmati pemandangan alam secara sempurna, maka wajib bagi kamu untuk berkunjung ke Penangkaran Rusa Giri Jaya Cariu Bogor. Kawasan ini digunakan sebagai tempat perkembangbiakan berbagai jenis rusa, mulai dari Rusa Jawa, Rusa Cheetal hingga Rusa Bawean.

Tidak heran jika nantinya kamu akan melihat banyak rusa dengan ciri khas yang berbeda. Kawasan ini juga sering digunakan sebagai wisata edukatif karena kamu bisa mengenal berbagai jenis rusa, sembari memberi makan dan bermain.

Berlibur bareng keluarga di Penangkaran Rusa Giri Jaya Cariu, Bogor.
Berlibur bareng keluarga di Penangkaran Rusa Giri Jaya Cariu, Bogor. @tamanrusagirijaya)

Namun, tidak sembarangan makanan bisa diberikan. Petugas tempat wisata di Bogor tersebut biasanya menjual makanan rusa jadi kamu bisa membelinya. Biasanya, rumput menjadi menu rusa di pagi hari dan makanan khusus akan diberikan pada malam hari.

8. Dari Trekking, Camping, hingga Outbond, Semua Bisa Dilakukan di Gunung Pancar

Gunung pancar adalah salah satu tempat wisata di Bogor.
Pacaran di salah satu tempat wisata di Bogor yaitu Gunung Pancar seru juga kan. @lydiaoey)

Kamu pecinta olahraga yang memacu adrenalin? Gunung Pancar bisa jadi pilihan yang tepat. Pesona alam yang luar biasa akan membuat siapa saja langsung takjub dan membuat hati terasa tenang, terbebas dari rasa galau.

Banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan ketika berlibur ke Gunung Pancar, mulai dari trekking, camping hingga otbond. Bagi kamu yang suka melakukan aktivitas menantang, bisa mencoba trekking di medan yang sulit atau mengikuti outbond.

Camping di Gunung Pancar, Bogor.
Camping di Gunung Pancar, Bogor. @gunungpancar)

Namun, jika kamu tidak begitu suka beraktivitas, pemandian air hangat bisa menjadi solusi. Rasa lelah dan pegal yang dirasa selama perjalanan, akan hilang begitu saja setelah kamu mencoba tempat wisata di Bogor ini.

9. Makan Durian Sepuasnya di Warso Farm

Patung durian raksasa sebagai icon di Warso Farm, Bogor.
Patung durian raksasa sebagai icon di Warso Farm, Bogor. @nurul_grhamesha)

Warso Farm menjadi tempat wisata di Bogor yang cocok bagi para pecinta buah Durian. Dengan memiliki kebun sendiri, Warso Farm menawarkan fasilitas yang menarik bagi para pengunjungnya, yaitu bisa memetik sendiri buah durian dan buah lainnya, seperti buah naga.

Kamu bisa mencicipi berbagai jenis buah durian yang nikmat hingga membuat kamu ingin kembali lagi ke tempat wisata ini. Tidak heran jika lokasi ini sering dijadikan tempat wisata bagi para keluarga atau rombongan pecinta buah duren.

Berwisata di Warso Farm, Bogor.
Berwisata di Warso Farm, Bogor. @tanpoling)

Selain mencicipi kenikmatan buah durian, kamu bisa menghabiskan waktu untuk bermain di taman. Ada banyak permainan yang pastinya menjadi favorit bagi anak-anak. Bahkan, kamu akan menemukan spot foto menarik yang bisa diabadikan sebagai kenang-kenangan.

10. Curug Bidadari Sentul Paradise Park

Sejumlah wisatawan menikmati keindahan Curug Bidadari, Sentul Paradise Park, Bogor.
Sejumlah wisatawan menikmati keindahan Curug Bidadari, Sentul Paradise Park, Bogor. @bogor_ih)

Tempat lain yang tak kalah menarik untuk dikunjungi adalah Curug Bidadari Sentul Paradise Park. Pemandangan sekitar yang begitu indah, melengkapi kesegaran air terjun dan aliran yang juga akan membuat kamu takjub.

Biasanya, air terjun menjadi tempat wisata di Bogor yang berbahaya bagi anak-anak, tapi tidak untuk Curug Bidadari ini karena ada kolam renang dengan kedalaman 30 cm saja, jadi aman untuk anak-anak bermain air.

Meskipun dibuat kolam renang, airnya berasal dari sumber curug sehingga tidak mengandung bahan kimia, seperti kolam renang umumnya. Selain itu, ada beberapa wahana yang menarik untuk dicoba, seperti Lazy Pool, Wave Pool, perahu tangan dan flying fox bagi kamu yang suka adrenalin.

Menikmati keindahan Curug Bidadari, Sentul Paradise Park, Bogor.
Menikmati keindahan Curug Bidadari, Sentul Paradise Park, Bogor. (© @nomaddelia_)

11. Berenang di Birunya Air Curug Bengkok Leuwi Hejo (Curug Leuwi Hejo)

Curug Bengkok Leuwi Hejo adalah salah satu tempat wisata di Bogor.
Curug Bengkok Leuwi Hejo adalah salah satu tempat wisata di Bogor. @rianmuhtazam)

Jika kamu suka tempat wisata yang masih sepi dan alami, kunjungi saja Curug Bengkok Leuwi Hejo. Kolam alami dengan kedalaman 2-2,5 meter ini belum diketahui oleh banyak orang. Tidak heran jika suasanannya masih terlihat sepi, namun justru inilah daya tariknya.

Bukan saja air terjun utama, curug ini juga memiliki air terjun mini atau bengkok dengan air yang dingin dan jernih. Sayangnya, fasilitas yang tersedia pun belum lengkap karena memang belum banyak dikunjungi oleh para wisatawan.

Keindahan Curug Bengkok Leuwi Hejo, Bogor.
Keindahan Curug Bengkok Leuwi Hejo, Bogor. @gnjar29)

Tidak disarankan bagi kamu untuk datang pada musim penghujan karena debit air yang cukup tinggi sehingga berbahaya untuk berenang atau sekedar bermain air. Untuk bisa mencapai tempat wisata di Bogor ini, mungkin kamu harus mengeluarkan usaha yang lebih karena masih asli dan asri.

12. Curug Nangka, Kecantikan Alami di Kaki Gunung Salak

Wisatawan berlibur di Curug Nangka, Bogor.
Wisatawan berlibur di Curug Nangka, Bogor. @auliangelinaaf_)

Keindahan yang luar biasa juga bisa kamu dapatkan dari Curug Nangka yang berada di kaki Gunung Salak. Bukan saja keindahan yang memanjakan mata, kawasan wisata ini juga memberikan tantangan dari awal hingga akhir perjalanan sehingga cocok bagi kamu pecinta tantangan.

Selain pesona alam yang menakjubkan, tempat wisata di Bogor ini juga memiliki daya tarik lainnya dimana debit air selalu mengalur dan tidak pernah habis meskipun berada di musim kemarau. Kamu juga akan menemukan binatang liar, seperti kera yang berlalu lalang di kawasan tersebut.

Curug Nagka adalah salah satu dari puluhan tempat wisata di Bogor.
Curug Nagka adalah salah satu dari puluhan tempat wisata di Bogor. @singgihphoto)

Nama nangka, konon berasal dari pohon nangka yang dulunya berada di dekat air terjun dan buahnya tidak pernah habis-habis. Namun, sampai sekarang belum ada yang tahu kebenarannya. Selain itu, kamu akan mendengar beragam cerita mistis dari kawasan ini.

13. Menguji Adrenalin dengan Rafting Sungai Cisadane

Keseruan arung jeram di Sungai Cisadane, Bogor.
Keseruan arung jeram di Sungai Cisadane, Bogor. @wisataoutboundbogor)

Suka permainan air yang menantang? Rafting di Sungai Cisadane bisa jadi tempat wisata di Bogor pilihan. Kamu akan merasakan sensasi arung jeram yang menantang, tapi juga menyenangkan. Banyak keluarga dan rombongan orang yang datang dan mencoba arung jeram ini.

Terdapat dua rute arung jeram yang bisa dilakukan, yaitu dengan jarak 7 km dan dengan jarak 11 km. Tiap rute tersebut akan melalui empat jeram, yaitu jeram blender, kerinduan, kuda liar hingga jeram bendungan atau dam.

Seru-seruan di Sungai Cisadane, Bogor.
Seru-seruan di Sungai Cisadane, Bogor. @wisataoutboundbogor)

Setiap jeram memiliki karakteristik yang berbeda, misalnya jeram blender yang memiliki arus berputar layaknya blender. Hal ini membuat kamu bisa merasakan sensasi dari beberapa arus dalam sekali mengarunginya.

14. Buang Penatmu di Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng, Parung

Wisatawan sedang menikmati pemandangan di Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng, Parung.
Wisatawan sedang menikmati pemandangan di Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng, Parung. @708don)

Tempat wisata di Bogor selanjutnya adalah pemandian air panas Tirta Sanita Ciseeng, Parung. Sambil berendam di pemandian air panas, kamu bisa menikmati keindahan alam sekitar yang begitu menakjubkan. Cocok bagi kamu yang ingin melepas penat.

Bagi kamu yang ingin menikmati suasana santai dan damai di tempat wisata ini, disarankan untuk datang pada hari biasa atau hari kerja karena biasanya pemandian ini akan sangat ramai pada hari libur atau weekend.

Sumber air panas di pemandian ini berasal dari gunung kapur yang mengandung banyak belerang. Bukan saja mampu melepas penat dan membuat rileks, air ini dipercaya baik untuk kesehatan tulang dan sendi.

15. Rumah Air Bogor Nirwana Residence Tampilkan Suasana Pedesaan yang Asri

Suasana sunset di Rumah Air Bogor.
Suasana sunset di Rumah Air Bogor. Grid.id)

Bagi kamu yang sedang mencari wisata kuliner di daerah Puncak, maka bisa menjajal berbagai menu yang ada di Rumah Air. Rumah Air ini menyediakan dua pilihan tempat, yaitu di darat dan di saung-saung yang ada di atas kolam.

Sambil menikmati makanan khas Sunda yang nikmat, kamu juga bisa memberikan makan pada ikan-ikan di bawah saung tersebut. Selain makanan khas Sunda, ada juga menu internasional, seperti pasta dan steak.

Sejumlah wisatawan sedang menikmati makan siang di gubug-gubug Rumah Air Bogor.
Sejumlah wisatawan sedang menikmati makan siang di gubug-gubug Rumah Air Bogor. Bobocantik.com)

Suasana pedesaan yang asri akan membuat santap makanan semakin lengkap. Terlebih dengan arena outbond yang disediakan, seperti Becak Mini, Funny Boat, ATV, Crazy Ball, Bumper Boat dan lain sebagainya yang membuat liburan makin seru.

16. Seru-seruan Bareng Teman di Jungleland Adventure Theme Park

Icon Jungleland Adventure Theme Park, Bogor.
Icon Jungleland Adventure Theme Park, Bogor. @puspasrigustiayu)

Liburan akan terasa lebih seru bersama teman-teman. Jungleland Adventure Theme Park bisa jadi pilihan yang tepat untuk seru-seruan bersama teman. Banyak wahana memacu adrenalin yang bisa kamu temukan di kawasan dengan lahan seluas 35 ha ini.

Terbagi menjadi 4 zona utama, kawasan ini menyediakan 37 wahana seru yang patut untuk kami coba. Tidak hanya wahana yang menantang, ada juga wahana yang cocok untuk anak-anak dan keluarga.

Salah satu wahana di Jungleland Adventure Theme Park, Bogor.
Salah satu wahana di Jungleland Adventure Theme Park, Bogor. @yopslaisina)

Selagi liburan di tempat wisata di Bogor ini, wajib rasanya menjajal wahana sebanyak-banyaknya karena terdapat beberapa wahana yang tidak bisa kamu temukan di taman bermain lainnya. Bahkan, kamu akan menjumpai wahana tertinggi di negeri ini.

17. Wisata Kuliner di Pasar Ah Poong, Sentul

Suasana river side di Pasar Ah Poong, Sentul.
Suasana river side di Pasar Ah Poong, Sentul. @mark.he)

Meski namanya Pasar Ah Poong (Pasar Apung), para pengunjung tetap membeli makanan di kedai-kedai makanan, seperti food court. Kamu akan menemukan berbagai makanan dan minuman tradisional di beberapa area sehingga cocok untuk dijadikan tempat wisata kuliner.

Misalnya saja menu yang ada di area A. Kamu bisa menemukan sate padang, es durian, tahu pong, bakmi kepiting, bakso aheng, serabi, bakso malang, mie jowo, siomay bandung, soto mie, snow ice, cakwe, kwetiau akang dan lain sebagainya.

Suasana river side di Pasar Ah Poong, Sentul.
Suasana river side di Pasar Ah Poong, Sentul. (© @ish_pr)

Tempat wisata di Bogor ini cocok dikunjungi setelah kamu berlibur ke berbagai tempat atau berolahraga di pagi hari. Menu yang lengkap dan nikmat tentu saja akan membuat kamu betah berwisata kuliner di Pasar Ah Poong yang satu ini.

18. Tunjukkan Nyalimu dengan Ikut Paralayang di Bukit Gantole Puncak

Tantang adrenalinmu dengan bermain paralayang di Bukit Gantole, Puncak Bogor. @rina_arios)

Jika kamu ingin mencoba wisata yang menantang, pilih saja paralayang di Bukit Gantole Gunung Mas Puncak Bogor. Dengan paralayang ini, kamu bisa menikmati udara bebas dan pemandangan berupa kebun teh dan perbukitan yang menakjubkan.

Liburan ini juga akan menjadi liburan yang berkesan dan tak terlupakan karena bisa merasakan sensasi seolah melayang-layang atau terbang di udara. Kegiatan lepas landas, terbang hingga mendarat, dilakukan tanpa menggunakan mesin sehingga terasa lebih seru dengan memanfaatkan angin alami.

Tantang adrenalinmu dengan bermain paralayang di Bukit Gantole, Puncak Bogor.
Pendaratan sempurna di Bukit Gantole, Puncak Bogor. @triphemat)

Bersiaplah untuk berteriak bebas dan kagum setelah melihat pemandangan yang begitu indah dari atas. Namun, persiapkan nyalimu terlebih dahulu untuk mengikuti paralayang yang menantang dan juga seru tempat wisata di Bogor ini.

19. Menikmati Indahnya Warna-Warni Bunga di Taman Bunga Nusantara

Taman seluas 35 ha yang bernama Taman Bunga Nusantara ini menyimpan bunga dengan berbagai jenis dan warna yang berterbangan di setiap sudut kawasan ini. Udara yang sejuk dan pemandangan Gunung Gede-Pangrango yang indah akan membuat hati terasa damai.

Warna-warna yang cerah dari bunga dan bentuknya yang beraneka ragam menjadi spot foto yang begitu menarik dan memanjakan mata. Tidak heran jika banyak wisatawan yang datang untuk mengabadikan momen mereka dengan kamera.

Sebagai daya tarik lainnya, tempat wisata di Bogor ini juga menyediakan patung Dinosaurus, Jerapah, Centrawasih dan masih banyak lainnya. Dengan adanya patung ini membuat pemandangan taman bunga menjadi lebih lengkap.

20. Belajar dan Bermain di Taman Wisata Matahari

Suasana di Taman Wisata Matahari, Bogor.
Suasana di Taman Wisata Matahari, Bogor. @twmparkofficial)

Biasanya, taman hanya menyediakan pemandangan alam yang indah. Namun, hal menarik lain juga bisa kamu temukan di Taman Wisata Matahari. Kamu bisa mencoba berbagai wahana permainan dan fasilitas yang membuat liburan semakin seru.

Beberapa wahana menarik yang bisa kamu coba, antara lain motor ATV, flying fox, wall climbing, perahu naga, perahu dayung, bomber boat, perahu motor, outbond, arung jeram dan lain sebagainya.

Sejumlah wisatawan sedang menaiki perahu karet di Taman Wisata Matahari, Bogor.
Sejumlah wisatawan sedang menaiki perahu karet di Taman Wisata Matahari, Bogor. @rinaldiiakbar)

Tidak cukup sampai di situ saja, tempat wisata di Bogor ini juga menyediakan penginapan dan tempat bersantai berupa gazebo dan saung-saung. Ada pula pusat belanja dan restoran yang bisa menjadi kunjungan berikutnya ketika berada di Taman Wisata Matahari.

21. Mengenal Aneka Satwa Lebih Dekat di Taman Safari Indonesia

Sensasi bercengkrama bersama singa di Taman Safari Indonesia.
Sensasi bercengkrama bersama singa di Taman Safari Indonesia. @info_jawa_barat)

Tempat wisata di Bogor yang mengusung konsep wisata aneka macam satwa di alam bebas ini memiliki pemandangan alam yang begitu indah, asri dan masih terlihat alami. Bukan hanya wisatawan lokal, banyak pula para turis asing yang berkunjung ke taman ini.

Sejauh ini, terdapat 3 taman safari yang bisa kamu kunjungi, yaitu taman safari Prigen Jawa Timur, taman safari Bogor dan taman safari Bali. Dengan koleksi binatang yang berbeda-beda, kawasan alam ini sangat cocok untuk wisata keluarga.

Giant Panda, Taman Safari Indonesia.
Giant Panda, Taman Safari Indonesia. @intankdewi2984)

Tidak hanya melihatnya, para pengunjung juga bisa berinteraksi secara lebih dekat dengan aneka satwa tersebut, seperti memberi makan langsung harimau, buaya atau memegang ular. Kamu juga bisa berkendara di atas mobil yang sudah disediakan.

22. Taman Wisata Mekarsari, Menikmati Keberagaman Flora Indonesia

Taman Wisata Mekarsari atau sering disebut Taman Buah Mekarsari.
Taman Wisata Mekarsari atau sering disebut Taman Buah Mekarsari. SentraEdukasi.com.)

Setelah melihat-lihat keanekaragaman satwa yang ada di Taman Safari, kamu bisa melanjutkan perjalanan menuju Taman Wisata Mekarsari. Di sini, kamu akan diperkenalkan dengan beragam flora yang mencapai 1.470 varietas buah dan 100 untuk varietas pohon.

Mulai dari rempah-rempah, sayuran, buah-buahan, tanaman pelindung, tanaman hias, hingga biofarmaka. Kawasan ini juga digunakan sebagai tempat konservasi, rebiosasi, edukasi dan rekreasi sehingga menjadi tempat wisata di Bogor yang lengkap.

Wisatawan sedang menikmati deretan tanaman buah di Taman Wisata Mekarsari.
Wisatawan sedang menikmati deretan tanaman buah di Taman Wisata Mekarsari. (© Traveloka.com.)

Berbagai wahana yang kamu coba ketika berkunjung ke taman ini, mulai dari sepeda tandem, banana boat, flying fox, giant buble, water bike, mini aqua boat, mono rail, fancy train, mini GoKart, dan masih banyak lainnya.

23. Mendaraskan Doa di Pura Parahyangan Agung Jagatkartta

Gapura Pura Parahyangan Agung Jagatkartta, Bogor.
Gapura Pura Parahyangan Agung Jagatkartta, Bogor. @wayanarde15)

Jika kamu bosan liburan di taman bermain atau wahana permain yang menantang, kamu bisa mencoba Pura Parahyangan Agung Jagatkartta. Sebelum memasuki pura, kamu akan diminta untuk menggunakan kain yang diikatkan di pinggang.

Karena masih digunakan sebagai tempat ibadah, kamu harus melepas alas kaki sebelum masuk. Di kawasan ini, kamu akan merasakan kesejukan hawa pegunungan dan juga pemandangan alam Gunung Salak yang berada di belakang pura.

Suasana mendung menyelimuti Pura Parahyangan Agung Jagatkartta, Bogor.
Suasana mendung menyelimuti Pura Parahyangan Agung Jagatkartta, Bogor. @denmas_mahendra)

Pura ini sering dijadikan tempat wisata religi bagi mereka yang menyukai kesejukan dan kegeningan. Bahkan, bukan saja wisatawan dari agama Hindu, banyak pula wisatawan non-Hindu yang juga datang berkunjung.

24. Taman Sakura, Kebun Raya Cibodas, Tak Harus ke Jepang untuk Menikmati Keindahan Bunga Sakura

(Ilustrasi Taman Sakura) Seorang pengunjung mangambil gambar bunga sakura yang bermekaran menggunakan ponselnya di taman Ueno, Tokyo, Jepang, 25 Maret 2017. Mekarnya bunga sakura menandakan datangnya musim semi di Jepang. AP/Eugene Hoshiko

Bagi kamu yang mendambakan liburan ke Jepang, tidak ada salahnya jika berkunjung ke Kebun Raya Cibodas terlebih dulu. Di kebun ini, kamu dapat melihat taman sakura yang tumbuh subur, meskipun tidak bisa mekar sempurna seperti di Jepang.

Untuk bisa melihat bunga sakura yang bermekaran, kamu bisa datang pada bulan Januari-Februari atau Juli-Agustus. Hal ini dikarenakan bunga sakura yang hanya bermekaran selama dua kali setahun.

Ketika sudah bermekaran, sayangnya, bunga sakura yang bertahan selama 4 hari. Jadi, kamu harus memastikan waktu ketika ingin berkunjung ke tempat wisata di Bogor ini agar bisa melihat sakura bermekaran secara sempurna.

25. The Jungle Water Adventure, Wahana Wisata Air yang Cocok Untuk Seluruh Keluarga

Video The Jungle Water Adventure. (© @thejunglebogor)

Kamu suka menjajal berbagai wahaan seru dan mendebarkan? The Jungle Water Adventure bisa jadi pilihan. Meski bukan wisata alam, tapi tempat wisata di Bogor ini juga dikunjungi oleh banyak wisatawan karena wahana permainan yang lengkap.

Beberapa wahana yang bisa kamu jajal, antara lain Bunge Trampolin, Gocart, Snow World, Paint Ball, Flying Fox, Dry Park, Cinema 4D, Rumah Hantu dan tentunya berbagai wahana wisata air yang cocok untuk liburan keluarga bersama anak tercinta.

Bermain air di The Jungle Water Adventure, Bogor.
Bermain air di The Jungle Water Adventure, Bogor. (© @thejunglebogor)

Wahana permainan air yang bisa kamu coba adalah Lauser Pool, Giant Aquarium, Lazy River, Fountain Ball, Slide Pool, dan Kiddie Pool. Semua wahana air tersebut wajib kamu coba karena tiap permainan air tersebut memberikan nuansa yang berbeda.

***

Itulah tadi beberapa tempat wisata yang bisa kamu kunjungi ketika berada di Bogor. Selain pemandangan yang mengagumkan, Bogor memang dikenal dengan kesejukan udaranya. Jadi, segera buat agenda liburan kamu dan orang tercinta untuk mengunjungi tempat wisata di Bogor sekarang juga!

2 KOMENTAR

  1. Banyak sekali ya tempat wisata di Bogor yang asik dan seru ternyata. Thank’s sudah berbagi.

    • Waaahh.. Bener banget Kak. Tempat wisata di Bogor ini emang banyak dan asik-asik lagi. Tunggu informasi selanjutnya mengenak tempat wisata dari kami ya Kak dan terima kasih sudah mampir. 🙂

TINGGALKAN KOMENTAR YUK!

Please enter your comment!
Please enter your name here