11 Tempat Terbaik Untuk Menikmati Sunset Nan Epic di Karimunjawa

Sunset di Dermaga Baru Karimunjawa
Sunset di Dermaga Baru Karimunjawa. (Benedictus Oktaviantoro/Maioloo.com

Duduk santai di dermaga atau berayun di atas hammock di salah satu pulau Karimunjawa pada saat langit berubah jingga adalah aktivitas yang sangat menyenangkan. Apalagi jika ditambah secangkir minuman hangat dan obrolan bersama orang terdekat. Dijamin hal itu akan menjadi senja terindah yang tak mungkin terlupa.

Panorama mentari yang mengecup kening cakrawala alias senja banyak dianggap sebagai momen yang romantis, sebab saat itu langit akan mempertontonkan keelokannya dengan berubah warna. Gara-gara hal tersebut seorang kawan berujar bahwa Tuhan itu romatis, karena itu Dia ciptakan senja. Buat kamu para pemburu senja, berikut ini Maioloo berikan 11 daftar tempat terbaik untuk menikmati senja nan epic di Karimunjawa. Let’s check them out!

1. Bukit Joko Tuo

Sunset di Bukit Joko Tuo, Karimunjawa
Sejumlah wisatawan Bikit Joko Tuo, Karimunjawa. (Benedictus Oktaviantoro/Maioloo Tour)

Tempat epic untuk menikmati sunset di Karimunjawa yang pertama adalah Bukit Joko Tuo. Lokasi Bukit Joko Tuo tidak terlalu jauh dari Alun-alun Karimunjawa atau dari pusat kota Karimunjawa. Jika menggunakan mobil atau motor bisa ditempuh kurang dari 15 menit, sedangkan jika berjalan kaki sekitar 30 – 40 menit.

Joko Tuo ini terletak di bagian Karimunjawa yang lumayan tinggi. Dari puncak bukit kamu bisa melihat panorama laut lepas, gugusan Kepulauan Karimunjawa, Pelabuhan Baru Karimunjawa, dan kota Karimunjawa itu sendiri. Dari Bukit Joko Tuo kamu bisa melihat mentari yang tenggelam ke peraduannya dengan leluasa tanpa banyak distraksi.

Selain sebagai tempat melihat sunset, Bukit Joko Tuo ini juga menyajikan sebuah keunikan yang sudah ada dari dahulu. Di kawasan ini terdapat sebuah kerangka ikan paus dengan panjang 10 kaki. Menurut warga sekitar, ikan paus itu ditemukan sekitar tahun 1992 di tepi pantai Karimunjawa. Selain kerangka ikan paus tadi ada satu lagi yang bisa dilihat disini, yakni tasbih raksasa yang terbuat dari batu andesit. Unik kan?

2. Bukit Love Karimunjawa

Sunset di Bukit Love Karimunjawa
Sunset Bukit Love Karimunjawa. (David Burhan/Maioloo Tour)

Masih satu punggungan dengan Bukit Joko Tuo, Bukit Love ini memiliki panorama sunset yang menarik sekaligus bisa dijadikan tempat istirahat sejenak setelah seharian beraktivitas yang menguras banyak tenaga. Pemandangan yang disajikan di Bukit Love Karimunjawa ini hampir sama dengan Bukit Joko Tuo.

Jika Bukit Joko Tuo memiliki daya tarik tulang ikan pausnya, Bukit Love Karimunjawa ini memiliki dua buah tugu yang bisa dijadikan background ketika foto-foto. Tugu yang pertama itu adalah tugu dengan tulisan love dan tugu yang kedua adalah tugu bertuliskan Karimunjawa. Selain itu ada juga rumah pohon yang berbentuk sarang burung dan ikan hijau yang biasa dijadikan menu makan siang ketika sedang melakukan island hopping.

3. Pelabuhan Baru Karimunjawa

Sunset di Dermaga Baru Karimunjawa
Sunset di Dermaga Baru Karimunjawa. (Benedictus Oktaviantoro/Maioloo.com)

Tempat epic untuk menikmati sunset di Karimunjawa yang ketiga ini adalah tempat dimana kamu pertama kalinya menginjakkan kaki ke Kepulauan Karimunjawa. Ya, Pelabuhan Baru Karimunjawa namanya. Jika kamu menginap tidak jauh dari dari pelabuhan tersebut, jangan sungkan untuk menyambangi tempat ini. Dari tempat ini kamu bisa menyaksikan senja dengan latar kapal pengangkut penumpang yang sedang bersandar. Kalau kamu memiliki hobby fotografi, tempat ini asyik untuk dijadikan objek bidikan lensa kamu.

4. Pelabuhan Rakyat Karimunjawa

Sunset di Dermaga Rakyat Karimunjawa
Sunset di Dermaga Rakyat Karimunjawa. (Benedictus Oktaviantoro/Maioloo.com)

Hampir sama dengan Pelabuhan Baru Karimunjawa, Pelabuhan Rakyat Karimunjawa ini juga asik untuk dijadikan tempat nyantai sembari menikmati sunset di Karimunjawa. Kalau di Pelabuhan Baru Karimunjawa kamu disuguhi bangunan pelabuhan dan kapal pengangkut penumpang berskala besar, di Pelabuhan Rakyat Karimunjawa ini kamu akan melihat kapal-kapal penumpang dengan ukuran yang lebih kecil. Kapal-kapal yang berada di sini biasanya kapal untuk wisata dan kapal nelayan.

Tidak jarang di Pelabuhan Rakyat Karimunjawa ini terdapat kapal yang sudah rusak dan didiamkan begitu saja oleh pemiliknya. Bagi kamu yang memiliki hobby fotografi, bangkai kapal tersebut bisa dijadikan sebuah obyek yang menarik. Tetapi jika kamu yang tidak suka memotret dengan konsep seperti itu, kamu bisa datang langsung ke dermaganya.

Dermaga Pelabuhan Rakyat Karimunjawa ini cukup panjang dan suasananya asik. Kamu bisa duduk-duduk sembari berkontemplasi atau berswafoto di ujung dermaganya. Kenapa kamu sebaiknya berswafoto? Karena di dermaga ini ada sebuah welcome sign bertuliskan Karimunjawa seperti di New Selo, Boyolali ketika kamu ingin melakukan Pendakian Gunung Merapi atau seperti di Gunung Lee, Griffith Park, Los Angeles dengan tulisan Hollywood-nya.

5. Pantai Tanjung Gelam / Pantai Ujung Gelam

Sunset di Pantai Ujung Gelam, Karimunjawa
Sunset di Pantai Ujung Gelam, Karimunjawa. (Benedictus Oktaviantoro/Maioloo.com)

Sedikit menjauh dari pusat kota Karimunjawa, silakan bergerak ke arah Pulau Kemujan, Karimunjawa. Tempat epic untuk menikmati sunset di Karimunjawa yang kelima ini bisa dibilang sudah cukup populer bagi mereka yang sudah pernah mengikuti paket wisata Karimunjawa karena kebanyakan agen wisata membawa tamunya tersebut ke Pantai Tanjung Gelam atau Pantai Ujung Gelam sebagai persinggahan terakhir setelah bermain-main di pulau dan snorkeling.

Sebetulnya Pantai Tanjung Gelam ini bisa diakses melalui jalur darat, tidak harus menggunakan kapal. Tetapi kamu harus menggunakan kendaraan karena lokasinya cukup jauh dari pusat kota Karimunjawa.

6. Hutan Bakau Atau Tracking Mangrove Karimunjawa

Menikmati Sunset di Gardu Pandang Trcaking Mangrove
Seorang wisatawan sedang menikmati momen matahari tenggelam di atas gardu pandang Tracking Mangrove Karimunjawa. (Benedictus Oktaviantoro/Maioloo.com)

Tak banyak orang yang tahu bahwa di Karimunjawa terdapat hutan bakau yang cukup luas. Padahal hutan bakau ini merupakan salah satu kekayaan Karimunjawa yang telah ditetapkan sebagai taman laut oleh pemerintah bersama-sama dengan kekayaan pantai, pulau, dan terumbu karangnya juga. Hutan Mangrove di Karimunjawa ini cukup kaya akan fauna endemiknya.

Salah satu cara terbaik untuk menikmati pesona hutan mangrove ini tentu saja menjelajahinya dari satu titik ke titik lain. For your information, di ujung petualangan terdapat tempat yang sangat epic untuk menikmati sunset di Karimunjawa. Di akhir jalur (karena ada dua jalur yang berbeda, tetapi akan tetap kembali ke titik awal) terdapat gardu pandang. Kamu bisa naik ke gardu pandang tersebut untuk menikmati keindahan hamparan hutan mangrove serta bukit-bukit yang dimiliki Karimunjawa. Jika kamu ingin menikmati sunset di sini, jangan lupa membawa lotion anti nyamuk yang banyak ya! Namanya juga hutan mangrove, pasti banyak nyamuknya.

7. Dusun Telaga

Sunset di Desa Telaga
Seorang wisatawan sedang menikmati sunset di belakang rumah salah satu warga Dusun Telaga, Desa Kemujan, Karimunjawa. (Benedictus Oktaviantoro/Maioloo Tour)

Mendekat ke arah bandara Karimunjawa, lokasi epic untuk menikmati sunset di Karimunjawa berikutnya adalah di Dusun Telaga, Desa Kemujan, Karimunjawa. Desa yang tidak terlalu padat penduduknya ini memiliki deretan pantai yang cukup menarik untuk dijadikan tempat peristirahatan sekaligus tempat menikmati sunset.

Ada beberapa lokasi yang asik untuk menikmati sunset di Dusun Telaga ini, salah satunya adalah di kediaman Bapak Rukan. Tepat di belakang rumah Bapak Rukan ini kamu bisa menyaksikan terbenamnya matahari ke balik garis cakrawala tanpa penghalang apapun. Sembari menanti terbenamnya sang surya kamu juga bisa bermain sampan. Tapi pastikan saat kamu datang berkunjung ke sana untuk tetap menjaga etika dan sopan santun. Sapalah pemilih rumah dengan ramah dan mintalah ijin untuk singgah. Percayalah, mereka orangnya ramah kok!

8. Pantai Batulawang

Sunset Pantai Batu Lawang
Seorang wisatawan sedang menikmati sunset di Pantai Batulawang, Karimunjawa. (Benedictus Oktaviantoro/Maioloo Tour)

Secara administratif Batulawang merupakan sebuah dusun yang terletak di Desa Kemujan. Di dusun ini terdapat pantai yang dulunya sudah dibuka oleh masyarakat lokal sebagai tempat untuk trekking selain di hutan mangrove. Tetapi entah mengapa saat ini sepi akan pengunjung.

Walaupun sepi akan pengunjung dan jalanannya sudah mulai ditutup semak belukar, Pantai Batulawang ini bisa dijadikan tempat untuk santai-santai sembari menunggu sang mentari lindap. Meski secara lokasi hampir sama dengan posisi Pantai Tanjung Gelam (berada di paling ujung salah satu sudut lekukan pulau), Pantai Batulawang ini tidak terlalu banyak memiliki pantai yang berpasir putih. Pantai di sini didominasi oleh batuan dan karang-karang.

9. Dermaga Mrican

Dermaga Mrican, Karimunjawa by fourfootprints.com
Dermaga Mrican, Karimunjawa. (Fourfootprints.com)

Turun sedikit ke bawah atau arah selatan peta dari Pantai Batulawang, tempat epic selanjut adalah Dermaga Mrican. Dari dermaga yang menjorok cukup panjang ke arah laut ini kamu bisa menyaksikan senja berhiaskan kapal nelayan yang bersandar serta sebuah pulau tak berpenghuni sebagai foreground-nya.

Hingga saat ini Dermaga Mrican masih digunakan oleh penduduk lokal sebagai tempat bersandarnya kapal-kapal. Saat pagi hari dermaga ini cukup ramai dengan aktivitas jual beli ikan segar hasil tangkapan nelayan yang baru bersandar dari laut. Kamu pun bisa lho jika ingin membeli ikan disini.

10. Pulau Menjangan Kecil

Sunset di Pulau Menjangn Kecil
Sunset di Pulau Menjangn Kecil, Karimunjawa. (Hendra Nurdiyansyah/Maioloo.com)

Pulau Menjangan Kecil, Karimunjawa ini sebenarnya adalah salah satu spot untuk snorkeling jika sedang melakukan island hopping. Selain itu di Pulau Menjangan Kecil ini juga ada sebuah penginapan dan ayunan seperti di Pantai Gili Trawangan, Lombok. Tak hanya itu, ternyata di Pulau Menjangan Kecil ini juga asik untuk dijadikan tempat untuk bersantai menikmati sunset di Karimunjawa. Kamu bisa gegoleran di hamparan pasir atau berayun manja di atas hammock. Jangan lupa siapkan kacamata supaya tidak silau dengan sinar mentari senja nan cemerlang.

11. Pulau Cendikian

Sunset di Pulau Gleyang
Sunset di Pulau Gleyang. (Benedictus Oktaviantoro/Maioloo Tour)

Berlokasi hampir sejajar dengan Pantai Batulawang tetapi tidak tergabung dengan pulau utama Karimunjawa, Pulau Cendikian ini juga cukup asik dijadikan tempat menikmati sunset di Karimunjawa. Di utara Pulau Cendikian terdapat gosong alias hamparan pasir yang dikelilingi laut yang bisa dijadikan spot untuk bermalas-malasan sembari menikmati sunset.

****

Sebenarnya masih banyak tempat-tempat epic untuk menikmati sunset di Karimunjawa yang belum masuk ke dalam daftar di atas karena Karimunjawa ini bisa dibilang surganya sunset. Jadi kapan kamu akan menyambangi Karimunjawa dan berburu sunset disana? Siapa tahu kamu justru menemukan tempat terbaik untuk “nyunset” versi kamu.

TINGGALKAN KOMENTAR YUK!

Please enter your comment!
Please enter your name here