30 Pantai di Gunungkidul Ini Tak Hanya Cantik Tapi Juga Menyimpan Keunikan Tersendiri

Nih! Kami sudah membuatkan daftar pantai di Gunungkidul yang bikin liburanmu semakin seru.

Pantai di Gunungkidul, Yogyakarta by @lyannanda
Teras Kaca adalah salah satu spot cantik di deretan pantai di Gunungkidul, Yogyakarta by (© @lyannanda)

Mau “mantai” di Yogyakarta saat liburan? Nih! Kami sudah membuatkan daftar pantai di Gunungkidul yang bikin liburanmu semakin menyenangkan dan tak terlupakan ketika ingin bermain di pantai.

Kabupaten Gunungkidul memiliki puluhan pantai berpasir putih yang tersembunyi di balik bukit-bukit karang. Beberapa pantai di gunungkidul memiliki keunikan serta kekhasan yang hanya bisa ditemui di tempat tersebut. Penasaran seperti apa keunikan dan cantiknya pantai di Gunungkidul ini? Check this out!

1. Pantai Ngunggah, Hamparan Batu Karang Dan Pasir Putih Siap Memanjakan Kamu

Pantai Ngunggah - Pantai di Gunungkidul, Yogyakarta by @_danank.jpg
Seorang wisatawan sedang berjalan di Pantai Ngunggah, Yogyakarta. (© @_danank)

Kita mulai dengan lokasi pantai di Gunungkidul yang berada di ujung barat ini.

Bila kamu ingin mengunjungi pantai di Gunungkidul yang masih sepi dan bisa dibilang masih bersih dari sampah. Kamu bisa datang ke pantai ini.

Akan tetapi untuk mencapai Pantai Ngunggah ini agak sedikit menantang adrenalin kamu. Kenapa? Karena pertama kamu harus melewati jalan kampung yang masih belum rata dan licin ketika hujan turun.

Jalan tersebut sekitar 4 kilometer dari jalan utama atau Jalan Jalur Lintas Selatan (JLJS) kebanyakan orang Yogyakarta menyebutnya.

Ancer-ancer atau patokan bahwa kamu sedikit lagi sampai Pantai Ngunggah adalah sebuah gubuk kecil yang dibuat oleh warga sekitar. Gubug ini juga dijadikan tempat untuk menaruh atau menjadi tempat parkir oleh para wisatawan atau warga setempat yang ingin memancing.

Setelah tantangan jalan yang tidak rata dan licin tersebut. Kalian akan mendapati jalan setapak yang menurun dan sangat terjal. Di jalan setapak ini juga masih banyak tumbuhan ilalang yang cukup tinggi juga. Ini disebabkan jarangnya manusia melewatinya.

Tetapi jalan yang curam dan banyak tumbuhan ilalang yang kadang membuat kulit gatal akan terbayar setelah kamu sampai di bibir pantai tersebut.

Patahan batu karang dan pasir pantai yang berwarna putih akan menyambut kamu. Lalu tebing-tebing yang cukup tinggi juga menghiasi Pantai Nggunggah ini. Ini adalah instalasi yang epic.

Selain itu. Salah satu pantai di Gunungkidul ini juga masih bersih dari sampah. Ya karena mungkin masih jarangnya wisatawan yang datang ke Pantai Ngunggah ini. So, kamu bisa bersantai di sini dengan tenang.

Lokasi Pantai Ngungah

Alamat:Dusun Pejaten, Desa Giriwungu, kecamatan Panggang, kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Peta:Google Maps

2. Pantai Grigak, Menikmati Pantai di Gunungkidul Dengan Damai Dan Santai

Pantai Grigak - Pantai di Gunungkidul, Yogyakarta by @gudel803
Gazebo asik di Pantai Grigak, Yogyakarta. (© @gudel803)

Pantai di Gunungkidul selanjutnya ini adalah sebuah pantai yang memang sepi. Dimana keadaan tersebut bisa membuat kalian damai dan santai ketika menikmatinya.

Selain sepi maupun tenang, pantai di Gunungkidul yang satu ini juga memiliki keunikan tersendiri. Pantai Grigak ini tidak memiliki pasir putih seperti kebanyakan pantai di Gunungkidul lainnya.

Kenapa? Karena di pantai ini sangat dekat sekali dengan tebing. Bagi kalian yang ingin bermain pasir, sedikit kurang cocok jika ingin bermain di sini.

Akan tetapi Pantai Grigik ini mempunyai daya tarik lain seperti biota laut (kepiting, kerang, ikan yang terjebak di karang, dan lain sebagainya) yang akan menemanimu ketika di sana.

Selain itu ada juga rumah-rumahan atau gubuk sederhana yang bisa dijadikan tempat beristirahat ataupun sekedar tempat untuk menikmati luasnya hamparan laut selatan Gunungkidul.

Lokasi Pantai Grigak

Alamat:Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Peta:Google Maps

3. Pantai Kesirat, Senja Indah di Balik Pohon Tua

Pantai Kesirat - Pantai di Gunungkidul, Yogyakarta by @roh_kyt
Sejumlah wisatawan sedang menikmati sunset di Pantai Kesirat, Yogyakarta. (© @roh_kyt)

Tak hanya Pantai Pok Tunggal yang identik dengan pohon ikonik. Di pantai di Gunungkidul lainnya yaitu Pantai Kesirat, wisatawan juga bisa menemukan sebuah pohon tunggal yang menjorok ke laut. Pohon ini selalu menjadi pusat perhatian dari sekian banyak foto landscape pantai ini.

Waktu terbaik untuk mendatangi Pantai Kesirat adalah sore hari. Sambil duduk di antara rerumputan dan bukit karang, kamu bisa menyaksikan senja yang sangat indah, tentunya ketika cuaca mendukung ya. Pantai yang tidak memiliki tepian pasir ini cocok digunakan camping bersama teman-teman kamu maupun dengan pujaan hati kamu.

Baca juga: Pantai Kesirat, Sepotong Senja Di Bawah Naungan Pohon Tua

Lokasi Pantai Kesirat

Alamat:Dusun Wiloso, Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Peta:Google Maps

4. Pantai Wohkudu, Camping Seru Diantara Dua Tebing Yang Mengarah Ke Samudra

Dua Tebing Pantai Wohkudu
Dua tebing yang mengepit Pantai Wohkudu. (Benedictus Oktaviantoro/Maioloo.com)

Pantai di Gunungkidul selanjutnya adalah Pantai Wohkudu. Pantai ini letaknya juga cukup tersembunyi karena jika kamu ingin ke sana harus melewati jalan yang belum rata dan ditambah jalan setapak yang cukup terjal nan sempit.

Pantai ini juga tidak sangatlah luas dibanding dengan pantai di Gunungkidul yang sudah populer.

Pantai Wohkudu ini memiliki daya tarik tersendiri bagi kamu pecinta kesunyian dan petualangan. Apa itu? Lokasinya terhimpit diantara dua tebing atau bukit karst di kiri kanannya yang membuat luas pantai itu tidak terlalu luas dan tidak memiliki hamparan pasir putih yang lebar.

Karena tidak luasnya dan masih jarangnya wisatawan yang berkunjung ke sini. Pantai Wohkudu ini sering dijadikan tempat untuk camping.

Bagaimana tidak. Suasana yang sepi, tenang dan seakan-akan terlindungi (oleh kedua tebing di sisi barat dan sisi timur) dari marabahaya tempat ini sangat asik untuk camping untuk melepas rutinitas membosankan yang ada di kota.

Baca juga: Pantai Wohkudu, Secercah Keindahan Di Antara Dua Tebing

Lokasi Pantai Wohkudu

Alamat:Dusun Wiloso, Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Peta:Google Maps

5. Pantai Gesing, Menikmati Santapan Bintang Lima Harga Kaki Lima

Pantai Gesing - Pantai di Gunungkidul, Yogyakarta by @arundina_putriayu
Pemandangan di Pantai Gesing. (© @arundina_putriayu)

Ingin menikmati hidangan bintang lima dengan rasa kaki lima? Atau sudah bosan menikmati hidangan laut yang berada di Pantai Depok?

Nah salah satu pantai di Gunungkidul ini yang bernama Pantai Gesing bisa menjadi tujuan kamu selanjutnya ketika berada di Yogyakarta.

Sejak tahun 2016 pantai ini mulai berbenah diri karena lonjakan para wisatawan yang cukup banyak mendatangi Pantai Gesing ini. Salah satu penyebabnya adalah obyek teras kaca yang berada dekat dengan pantai ini.

Teras Kaca Pantai Gesing - Pantai di Gunungkidul, Yogyakarta by @dhewi_widodo
Wisatawan sedang berpose di Teras Kaca, Yogyakarta. (© @dhewi_widodo)

Mulai dari situ Pantai Gesing ini mulai membangun fasilitas untuk memanjakan para wisatawan yang ingin bermain di sini. Mulai dari toilet umum, tempat makan, instalasi untuk membuat feed instagram para wisatawan semakin epic dan lain fasilitas lainnya.

Sebelum fasilitas tersebut itu dibangun, Pantai Gesing ini sebenarnya sudah punya daya tarik tersendiri yaitu pantai ini memang menjadi Tempat Pelelangan Ikan (TPI). Jadi wajar saja jika salah satu pantai di Gunungkidul ini yang bernama Pantai Gesing ini selalu siap menyajikan santapan lautnya.

Jika kamu ke sini, jangan lupa untuk mencicipi hidangan laut mewah yang telah disediakan oleh warga setempat di warung-warung kecil. Tenang saja untuk masalah harga. Di sini masih bisa dibilang murah.

Lokasi Pantai Gesing

Alamat:Desa Kanigoro, Kecamatan Sapto Sari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Peta:Google Maps

6. Pantai Butuh, Pantai Kecil Yang Akan Membuatmu Terkesima

Pantai Butuh - Pantai di Gunungkidul, Yogyakarta by @margarethaelviana27
Suasana di Pantai Butuh. (© @margarethaelviana27)

Ada banyak pilihan memang jika kamu ingin ke pantai di Gunungkidul, termasuk Pantai Butuh. Nama Pantai Butuh mungkin tidak sepopuler pantai lainnya di Gunungkidul, akan tetapi jangan salah sangka, keindahan pantai di Gunungkidul yang satu ini benar-benar indah.

Ukuran Pantai Butuh memang tidak terlalu luas. Pasirnya yang putih bersih, diapit oleh batu karst dan pepohonan yang rimbun. Laut biru dan ombak yang berhenti dan menghantam bebatuan menawarkan pemkamungan pantai yang menakjubkan. Pantai ini masih cukup tenang.

Ketika air pasang naik ke bibir pantai, pengunjung tidak diizinkan bermain di air. Namun saat air surut, segerombol bebatuan karang dengan rumput laut dan gangang yang dihiasi ikan-ikan kecil di pantai akan kamu temui.

Keberadaan pepohonan di sekitar pantai dapat dimanfaatkan oleh pengunjung untuk sekadar bersantai dan menikmati semilir angin dan pemkamungan pantai yang indah.

Akses ke Pantai Butuh ini pun tidak terlalu sulit, tetapi tidak mudah juga. Jalan yang harus ditempuh adalah jalan yang dicor semen dengan trek menanjak dan menurun sekitar 4 kilometer.

Ketika kamu ingin ke sini, kamu dapat menggunakan sepeda motor dan mobil kecil, tetapi tidak dengan kendaraan besar. Medan yang berat untuk sampai ke Pantai Butuh ini akan hilang dan sirnah karena di kiri kanan jalan terdapat persawahan dan perbukitan yang indah.

Fasilitas baru yang tersedia adalah toilet tidak terlalu besar, tempat makan dan tempat parkir.

Lokasi Pantai Butuh

Alamat:Desa Krambil Sawit, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Peta:Google Maps

7. Pantai Ngeden, Menikmati Deburan Ombak Samudra Hindia di Atas Bukit

Pantai Ngeden - Pantai di Gunungkidul, Yogyakarta by @pergipedia
Seorang wisatawan sedang berpose di Pantai Ngeden. (© @pergipedia)

Jika kamu ingin pantai di Gunungkidul yang masih sepi dan asri. Pantai Ngeden bisa dijadikan pilihan.

Bisa dibilang nama pantai ini tidak begitu populer dibandingkan dengan pantai di Gunungkidul lainnya seperti Pantai Indrayanti, Pantai Siung, Pantai Wediombo, Pantai Baron, Pantai Nglambor dan masih banyak lagi.

Pantai Ngeden. Asing dan jarang “berseliweran” di timeline kamu toh?

Walaupun jarang pengunjung, Pantai Ngeden ini sudah memiliki fasilitas yang cukup memadai seperti toilet, parkiran motor dan mobil, warung dan gazebo kecil.

Tidak terlalu luas memang area Pantai Ngeden ini. Akan tetapi kamu tetap bisa menikmati pantai ini dengan dua cara.

Cara pertama, kamu bisa langsung bermain di bibir pantai tersebut dan cara kedua adalah kamu sedikit trekking ke arah barat untuk menikmati senja.

Cara kedua dengan cara menyusuri bukit untuk menikmati deburan ombak dan senja.Tenang saja, ada gazebo dan gubuk kecil yang asik juga kok untuk menikmati senja yang indah.

Lokasi Pantai Ngeden

Alamat:Dusun Bedalo, Desa Krambilsawit, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Peta:Google Maps

8. Pantai Nguyahan, Pantai Landai Berpasir Putih

Pantai Nguyahan - Pantai di Gunungkidul, Yogyakarta by @wantoro_47
Pemandangan Pantai Nguyahan, Yogyakarta dari atas bukit. (© @wantoro_47)

Pantai di Gunungkidul selanjutnya adalah Pantai Nguyahan. Pantai ini sangat landai dan bisa dibilang aman untuk bermain-main di bibir pantainya.

Selain itu di pantai ini juga sudah banyak fasilitas yang yang dibuat oleh warga dan pemerintah desa setempat untuk memanjakan para pengunjung.

Jika air laut surut kamu dan anak-anak dapat bermain sedikit ke tengah untuk bermain air maupun mencari biota laut seperti ikan hingga kerang yang terjebak di sela-sela karang Pantai Nguyahan ini.

Kamu juga bisa menyewa gubuk-gubuk kecil yang ada di pinggir pantai jika kamu ingin santai tanpa terpapar sinar matahari langsung.

Pantai Nguyahan ini lokasinya bersebelahan dengan Pantai Ngobaran, jadi kamu dari pantai ini langsung bisa bermain juga ke Pantai Ngobaran.

Lokasi Pantai Nguyahan

Alamat:Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Peta:Google Maps

9. Pantai Ngobaran, Dari Pura di Puncak Tebing Hingga Masjid Menghadap ke Selatan

Pantai Ngobaran - Pantai di Gunungkidul, Yogyakarta by @anggarawepe
Pemandangan pantai di Gunungkidul, tepatnya di Pantai Ngobaran, Yogyakarta. (© @anggarawepe)

Kalau ingin menikmati suasana Bali di Yogyakarta, datanglah ke Pantai Ngobaran. Di Pantai yang bersebelahan dengan Pantai Ngrenehan ini terdapat sebuah pura yang masih digunakan untuk sembahyang.

Jelang perayaan Nyepi, di pantai ini juga selalu diadakan upacara Melasti oleh umat Hindu. Selain memiliki pura, di pantai ini juga terdapat tempat sembahyang penghayat Kejawen. Sebuah masjid kecil juga ada di pantai ini. Uniknya, masjid ini tidak menghadap ke barat melainkan menghadap ke selatan.

Lokasi Pantai Ngobaran

Alamat:Desa Kanigoro, Kecamatan Sapto Sari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Peta:Google Maps

10. Pantai Ngrenehan, Menikmati Ikan Segar Hingga Menikmati Panorama Pantai di Gunungkidul yang Indah

Pantai Ngrenehan - Pantai di Gunungkidul, Yogyakarta by @maleostory
Jejeran perahu di Pantai Ngrenehan, Yogyakarta. (© @maleostory)

Pantai di Gunungkidul selanjutnya adalah Pantai Ngrenehan.

Di Pantai Ngrenehan kamu dapat menyaksikan aktivitas para nelayan dan juga bisa menikmati ikan siap saji atau jika ingin cepat mengolahnya di rumah, kamu bisa membawa ikan segar sebagai oleh-oleh untuk orang rumah.

Terletak di Desa Kanigoro, di Kecamatan Saptosari, sekitar 30 km selatan kota Wonosari. Pantai berbentuk teluk dikelilingi oleh perbukitan kapur dan menawarkan panorama indah dengan deburan ombak di pasir putih.

Lokasi Pantai Ngrenehan

Alamat:Dusun Kanigoro, Desa Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Peta:Google Maps

11. Pantai Widodaren, Pantai Kecil Nan Mungil

Pantai Widodaeren - Pantai di Gunungkidul, Yogyakarta by @herawan_9446
Beberapa wisatawan sedang menikmati keindahan pantai di Gunungkidul. Lokasi ini berada di Pantai Widodaren, Yogyakarta. (© @herawan_9446)

Hanya sedikit orang yang tahu Pantai Widodaren. Dibandingkan dengan pantai di sebelahnya yaitu Pantai Ngrawah, Pantai Widodaren lebih sempit memang. Tetapi pasirnya berwarna putih dan di atas pasir bisa kamu gunakan untuk bermain air jika air laut surut.

Karena pantainya yang sempit dan air laut sering meninggi atau pasang, pantai ini akan hilang dan hanya menyisakan tebing karang saja.

Untuk sampai ke pantai ini, pengunjung harus melakukan perjalanan yang cukup lama dan dengan susah payah.

Jalan menuju pantai sama dengan jalan menuju Pantai Ngrawah. Tetapi ketika kamu tiba di Pantai Ngrawah kamu masih harus berjalan ke arah timur. Butuh sekitar 40 hingga 50 menit dari tempat parkiran kendaraan sampai ke Pantai Widodaran.

Lokasi Pantai Widodaren

Alamat:Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Peta:Google Maps

12. Pantai Baron, Harmoni Pertemuan Air Tawar dan Air Laut

Prantai Baron - Pantai di Gunungkidul, Yogyakarta by @munandar_moena
Pemandangan yang epic Pantai Baron, Yogyakarta dari atas bukit. (© @munandar_moena)

Pantai Baron merupakan pantai klasik yang ada di Gunungkidul. Pantai ini sudah lama dikenal sebagai pantai wisata, jauh sebelum pantai-pantai baru bermunculan. Di Pantai ini terdapat aliran sungai bawah tanah yang keluar dari balik bukit dan langsung bermuara ke laut.

Aliran sungai bawah tanah ini terhubung dengan sistem sungai bawah tanah Gua Kalisuci dan Gua Jomblang Grubug. Tak jauh dari Pantai Baron juga terdapat mercusuar setinggi 40 meter yang berfungsi sebagai pemandu kapal yang melintas.

Lokasi Pantai Baron

Alamat:Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Peta:Google Maps

13. Pantai Lolang, Pantai di Gunungkidul yang Terpencil

Pantai Lolang - Pantai di Gunungkidul, Yogyakarta by @tofikrozaq
Pemandangan Pantai Lolang, Yogyakarta.(© @tofikrozaq)

Pantai di Gunungkidul selanjutnya ini sedikit terpencil memang dan terlupakan, tetapi asik juga kok untuk kau kunjungi.

Pantai Lolang merupakan pantai yang berlokasi di barat Pantai Sepanjang. Pantai mini ini mempunyai pasir putih yang bersih dengan dikelilingi bukit-bukit karang di sekitarnya. Airnya jernih dengan ombak yang sama seperti di pantai-pantai lain.

Ada sebuah jembatan bambu sederhana yang menghubungkan zona jalan dengan sebuah batu karang yang cukup besar yang berada di tepi pantai. Karang di kedua sisi mengendalikan pasir putih dengan air laut. Pohon-pohon rindang di sekitar pantai meneduhkan sinar sang surya yang menyengat kulit, tiada kesan panas di wilayah ini, terasa sejuk padahal meskipun di siang “bolong”.

Bagi kamu yang ingin ke Pantai Lolang, jalan masuknya sudah cukup gampang kok. Kamu bisa membawa kendaraan pribadi seperti motor maupun mobil dan pastinya jalannya sedikit berkelok ya. Memang belum semua jalan sudah dilapisi aspal, akan tetapi digantikan cor semen tradisional.

O iya, jika kamu ingin ke pantai di Gunungkidul yang satu ini. Masalah tiket sudah termasuk ke dalam kawasan Pantai Baron, Pantai Kukup, Pantai Krakal, Pantai SUndak, Pantai Sepanjang dan Pantai Indrayanti ya.

Lokasi Pantai Lolang

Alamat:Dusun Ngepung, Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Peta:Google Maps

14. Pantai Sepanjang, Pantai Kuta-nya Versi Yogyakarta

Pantai Sepanjang - Pantai di Gunungkidul, Yogyakarta by @adkarlah
Seorang wisatawan sedang berpose di salah satu spot Pantai Sepanjang, Yogyakarta. (© @adkarlah)

Pantai di Gunungkidul yang satu ini bisa dibilang Pantai Kuta-nya Jogja. Pastinya sebelum ada beach cafe dan cottage mewah di sana.

Kenapa dijuluki Pantai Kuta-nya Yogyakarta? Karena Pantai Sepanjang ini memiliki garis pantai yang sangat panjang. Ya menyerupai Pantai Kuta yang ada di Bali sana.

Pantai ini juga paling panjang loh di deretan pantai yang ada di Gunungkidul ini.

Di pantai ini kamu bisa bermain pasir dan bermain air bibir pantai. Berjalan menyusuri garis Pantai Sepanjang ini juga bisa kamu lakukan sembari mencari kerang-kerang (Mollusca) dan bintang laut (Echinodermata). Akan tetapi jangan dibawa pulang ya jika kamu tidak mengerti merawat binatang-binatang tersebut.

Lelah berkeliling dan menyusuri Pantai Sepanjang, Kamu bisa berhenti i gubuk-gubuk kecil yang sudah ada di sana untuk sekedar minum kelapa muda hingga makan jika kamu lapar.

Lokasi Pantai Sepanjang

Alamat:Jalan Sepanjang, Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Peta:Google Maps

15. Pantai Watu Kodok, Kamu Juga Bisa Camping Loh di Sini! Aman Karena Dijaga Oleh Dua “Kodok” Besar

Pantai Watu Kodok - Pantai di Gunungkidul, Yogyakarta by @anisah.sh
Pemandangan Pantai Watu Kodok. (© @anisah.sh)

Kenapa pantai di Gunungkidul yang satu ini ada nama hewannya? Ya nama kodok (katak) ini diambil dari bentuk tebing di sebelah barat dan timur pantai ini  yang konon menyerupai kodok.

Di Pantai Watu Kodok ini kamu bisa bermain pasir dan air karena garis pantainya yang cukup luas serta aman walaupun ombak pantai selatan pasti ada di sana.

Di sepanjang tepian pantai ini juga ditumbuhi pohon cemara udang yang bisa kamu jadikan tempat bertebih dikala sinar sang surya menyengat di kulit. Selain itu juga ada gazebo-gazebo yang tela dibuat untuk memanjakan para pengunjung Pantai Watu Kodok ini.

Bagi kamu yang ingin mendirikan tenda ataupun camping. Disini juga bisa kok. Kamu bisa mendirikan tenda di bawah pepohonan ataupun di pinggir pantai.

Lokasi Pantai Watu Kodok

Alamat:Dusun Kelor Kidul, Desa Kemadang, Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Peta:Google Maps

16. Pantai Drini, Dua Wajah Ombak Dalam Satu Pantai

Pantai Drini - Pantai di Gunungkidul, Yogyakarta by @ivanpratamaputra
Wisatawan sedang bermain kayak di sekitar Pantai Drini, Yogyakarta. (© @ivanpratamaputra)

Kebanyakan pantai hanya memiliki satu sisi wajah ombak, berombak tenang atau berombak ganas. Tapi nyatanya, di Pantai Drini kita bisa melihat dua karakter ombak itu secara bersamaan. Di sisi timur, karakter ombak sangatlah tenang.

Pengunjung bisa mandi-mandi ataupun bermain kayak di pantai tersebut. Bahkan saat laut surut, wisatawan dapat berjalan di antara karang hingga agak ke tengah. Tapi jangan coba-coba lakukan hal tersebut di pantai sebelah barat.

Di sisi satunya, ombak terasa begitu besar dan ganas. Hal ini dikarenakan terdapat sebuah pulau karang di tengah-tengah Pantai Drini. Pulau tersebut seolah menjadi garis batas bagi kedua karakter pantainya. Oya, saat air surut, wisatawan bisa naik ke pulau karang tersebut lho! Tertarik mencoba?

Lokasi Pantai Drini

Alamat:Desa Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Peta:Google Maps

17. Pantai Krakal, Bermain Bersama Ikan Hingga Menantang Ombak Pantai Selatan

Pantai Krakal - Pantai di Gunungkidul, Yogyakarta by @denisprahasiwi
Wisatawan Pantai Krakal sedang berpose di tepian pantai dengan latar belakang pantai selatan. (© @denisprahasiwi)

Jenuh bermain di bibir pantai? Kenapa kamu tidak mencoba bermain di lepas pantai?

Ya pantai di Gunungkidul selanjutnya ini bisa kamu jadikan alternatif jika kamu bosan bermain pasir di bibir pantai. Pantai Krakal namanya. Pantai di Gunungkidul yang satu ini sudah lama populer. Letaknya berada di ujung selatan Yogyakarta.

Jalanlah menuju tengah atau ke arah laut jika air surut.

Kenapa? Karena sebagian besar bibir Pantai Krakal ini banyak dihiasi batu karang yang mencuat ke permukaan dan otomatis ini adalah rumah bagi biota laut seperti ikan-ikan karang yang memiliki warna unik pun menarik. Sangat cantik dan eksotik pemkamungannya. Jangan lupa untuk menggunakan alas kaki jika kamu ingin menyusuri karang-karang ini agar aman.

Selain memiliki kecantikan yang eksotik. Pantai di Gunungkidul yang satu ini ternyata juga biasa untuk bermain selancar loh!

Kamu berani mencoba bermain selancar di Pantai Krakal ini?

Lokasi Pantai Krakal

Alamat:Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Peta:Google Maps

18. Pantai Slili, Bermain Air Sambil Sembari Menikmati Sunrise Ataupun Sunset

Pantai Slili - Pantai di Gunungkidul, Yogyakarta by @lilisnurrohman
Pemandangan Pantai Slili, Yogyakarta dari atas bukit. (© @lilisnurrohman)

Pantai di Gunungkidul yang satu ini tidak terlalu ramai pengunjung karena garis pantainya yang tidak terlalu luas bahkan bisa dibilang kecil.

Akan tetapi walaupun sepi, Pantai Slili ini bisa dibilang sudah lengkap fasilitasnya. Jika kamu bermain dari dan basah-basahan kamu bisa membilas diri dari asinnya air laut di toilet. Ada jua musala jika kamu ingin beribadah.

Pantai ini juga berdekatan dengan Pantai Sadranan yang cukup populer. Di sekitar Pantai Slili ini juga sudah terdapat penginapan dan tempat makan jika kamu lapar dan ingin menikmati santapan laut.

Lokasi Pantai Slili

Alamat:Jalan Pantai Krakal, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Peta:Google Maps

19. Pantai Sadranan, Mulai Dari Tempat Bersedekah Kepada Lautan Hingga Asiknya Snorkeling

Pantai Sadranan - Pantai di Gunungkidul, Yogyakarta by @lilisnurrohman
Seorang wisatawan sedang menikmati pemandangan di Pantai Sadranan, Yogyakarta. (© @lilisnurrohman)

Pantai di Gunungkidul selanjutnya sudah cukup populer sejak lama. Pantai ini sudah dari dulu dijadikan tempat untuk  “nyadran” bagi warga sekitar. “Nyadran” sendiri itu adalah sebuah kegiatan religi warga setempat yang bertujuan untuk berterimakasih kepada-Nya karena telah memberikan hasil bumi dan laut yang berlimpah.

Itu sebabnya pantai ini bernama Pantai Sadranan. Nama tersebut diambil dari ritual warga lokal tersebut.

Bgai kamu yang ingin ke Pantai Sadranan ini, ada beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan. Seperti bermain pasir dan air di bibir pantai hingga melakukan snorkeling.

Selain Pantai Nglambor, Pantai Sadranan ini ternyata juga bisa loh untuk melakukan kegiatan snorkeling. Tidak perlu jauh-jauh ke sana, di sini pun bisa. Akan tetapi hanya bisa dilakukan jika air laut surut yaitu biasanya dilakukan pada waktu pagi atau sore hari.

Jadi bagi kamu yang ingin mengenal lebih dekat dunia dalam laut, silahkan datang ke Pantai Sadranan lalu cobalah olahraga snorkeling. Sangat menarik bukan pantai di Gunungkidul yang satu ini.

Lokasi Pantai Sadranan

Alamat:Dusun Pulegundes II, Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.
Peta:Google Maps

20. Pantai Ngandong, Bermain Kano di Pantai Selatan

Pantai Ngandong - Pantai di Gunungkidul by @riccowibowo
Pemandangan Pantai Ngandong, Yogyakarta. (© @riccowibowo)

Pantai di Gunungkidul selanjutnya adalah Pantai Ngandong. Pantai ini berdekatan dengan Pantai Sundak. Bukan Sundak Kelapa ya. Kalau itu kan sebutan untuk Jakarta.

Pantai Ngandong sendiri tidak sepoluler dengan Pantai Sundak. Akan tetapi pantai ini juga memiliki keunikan tersendiri bagi kamu yang berencana menghampirinya.

Keunikan pantai ini adalah adanya pulau kecil di tengah laut. Jika air laut surut, kamu bisa pergi ke sana untuk meng-explore keindahannya. Selain itu Pantai Ngandong ini juga memiliki garis pantai yang cukup panjang loh! Jadi kamu bisa menyusuri pantai di Gunungkidul yang satu ini sembari bermain pasir dan air.

Lokasi Pantai Ngandong

Alamat:Desa Sidoarjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Peta:Google Maps

21. Pantai Sundak, Menikmati Ikan Bakar Segar Dengan Kisah Asu Dan Landak

Pantai Sundak - Pantai di Gunungkidul by @widarkohartono
Sejumlah wisatawan sedang berjalan di Pantai Sundak, Yogyakarta. (© @widarkohartono)

Ada cerita unik dengan pantai di Gunungkidul yang satu ini. Namanya Pantai Sundak. Nama dari pantai ini sebenarnya adalah singkatan yaitu Asu (anjing) dan lkamuk.

Konon cerita warga. Pada dahulu kala ada seekor anjing yang sedang berlarian di bibir pantai mencoba memasuki goa karang yang ada di sisi timur dari Pantai Sundak ini. Ketika si anjing itu masuk melihat seekor landak laut yang juga sedang berjalan di sana.

Si anjing ini sedang lapar dan dengan cepat mereka bertengkar. SIngkat cerita dari pertengkaran itu, si anjing berhasil setengah dari badan sang landak laut lalu keluarlah anjing tersebut dari goa.

Ketika anjing itu keluar, sang pemilik melihat anjing tersebut membawa setengah badan lkamuk laut. Setelah dari kejadian itu maka pantai yang dahulu bernama Wedibedah menjadi Pantai Sundak. Mengenang perkelahian antara asu (anjing) dan lkamuk laut.

Selain kisah menarik diatas, Pantai di Gunungkidul yang satu ini juga memiliki pemkamungan yang menakjubkan loh. Selain itu di Pantai Sundak ini kamu bisa membeli ikan segar dari nelayan dan membawanya ke warung-warung pinggir pantai untuk dibakar.

Tertarik ingin ke pantai di Gunungkidul yang satu ini?

Lokasi Pantai Sundak

Alamat:Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Peta:Google Maps

22. Pantai Pulang Syawal, Lebih Sering Dikenal Dengan Pantai Indrayanti Ataupun Pantai PulSa

Pantai Indrayanti / Pantai Pulang Syawal - Pantai di Gunungkidul by Reza Fitriyanto
Pemandangan Pantai Indrayanto atau Pantai Pulangsyawal, Yogyakarta. (Reza Fitriyanto/Maioloo.com)

Mulanya, pantai ini lebih dikenal dengan nama Pantai Indrayanti. Penyebutan nama Pantai Indrayanti sebelumnya menuai banyak pro dan kontra. Sebenarnya Indrayanti bukanlah nama asli pantai ini, melainkan nama pemilik cafe dan resto.

Berhubung nama Indrayanti yang terpajang di papan nama cafe dan resto pantai, walhasil masyarakat dan wisatawan menyebut pantai ini dengan nama Pantai Indrayanti.

Sebenarnya pemerintah menamai pantai ini dengan nama Pantai Pulang Syawal atau ada yang menyebut dengan singkatan Pantai PulSa. Namun nama Indrayanti jauh lebih terkenal dan lebih sering disebut daripada Pulang Syawal.

Keterlibatan pihak swasta dalam mengelola Pantai Indrayanti rupanya turut serta membawa pengaruh positif. Berbeda dengan pantai-pantai lain yang sedikit kotor, sepanjang garis pantai Indrayanti tampak bersih dan bebas dari sampah. Hal ini dikarenakan pengelola tak segan-segan menjatuhkan denda sebesar Rp 10.000 siapa saja yang membuang sampah sembarangan. Oleh sebab itu pantai di Gunungkidul yang satu ini sangat nyaman untuk dikunjungi.

Lokasi Pantai Pulang Syawal

Alamat:Dusun Ngasem, Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Peta:Google Maps

23. Pantai Pok Tunggal, Pantai Berpasir Putih dengan Pohon Ikonik

Pantai Pok Tunggal, Yogyakarta
Hamparan pasir putih Pantai Pok Tunggal. (Benedictus Oktaviantoro/Maioloo.com)

Dalam kurun waktu 5 tahun, pantai di Gunungkidul yang satu ini tadinya sunyi berkembang menjadi destinasi terkini yang tak pernah sepi dari kunjungan wisatawan. Nama pantai ini adalah Pantai Pok Tunggal.

Meski harus menempuh perjalanan melintasi jalan membelah ladang dan perbukitan, pencarianmu tak akan pernah sia-sia ketika sudah sampai sini.

Pantai Pok Tunggal siap memanjakan dengan beragam pesona. Pantai ini memiliki garis pantai yang cukup panjang. Di belakang pantai terdapat tebing kapur tinggi. Ada anak tangga untuk mendakinya serta sebuah jembatan bambu di tempat tinggi. Selain itu, pantai ini juga dilengkapi dengan banyak gazebo di atas bukit.

Lokasi Pantai Pok Tunggal

Alamat:Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Peta:Google Maps

24. Pantai Seruni, Lokasi Camping Asik Bagi Kamu Yang Tidak Ingin Diusik

Pantai Seruni - Pantai di Gunungkidul, Yogyakarta by @chrisaragih
Wisatawan sedang camping di Pantai Seruni, Yogyakarta. (© @chrisaragih)

Jika kamu ingin pantai di Gunungkidul yang asik untuk camping dan sunyi. Kamu bisa menuju ke Pantai Seruni ini. Dijamin seru jika kamu memiliki jiwa petualang.

Lokasinya dekat dengan Pantai Pok Tunggal. Pantai yang cukup ramai pengunjung. Walaupun jaraknya sangat dekat dengan pantai tersebut, Pantai Seruni ini masih sangat jarang pengunjung. Mungkin ini disebabkan akses menuju pantai ini yang cukup “seru” bagi sebagian wisatawan.

Akan tetapi itu serunya. Kamu bisa camping ceria di Pantai Seruni ini. Jika kamu ingin camping di pantai ini. Jangan lupa persiapkanlah semuanya dengan matang dari tempat tinggal kamu ya. Agar semuanya aman dan nyaman.

Lokasi Pantai Seruni

Alamat:Desa Tepus Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Peta:Google Maps

25. Pantai Timang, Gondola Kayu Penguji Nyali

Pantai Timang - Pantai di Gunungkidul, Yogyakarta by @monicaflaviana05
Seorang wisatawan sedang berpose di jembatan Pantai Timang, Yogyakarta. (© @monicaflaviana05)

Kamu suka tantangan dan ingin menguji adrenalin kamu? Jika iya, Pantai Timang wajib dimasukkan dalam daftar kunjung. Pantai di Gunungkidul yang satu ini memiliki wahana berupa gondola yang akan membawamu ke pulau karang di tengah laut.

Gondola alias kereta gantung ini menjadi ekstrim karena terbuat dari kayu dan tambang serta digerakkan oleh tenaga manusia. Sedangkan di bawah ombak besar menderu seolah siap melumatmu jika terjatuh. Kalau tak ingin naik gondola kayu, kamu bisa menjajal melintasi jembatan gantung yang tak kalah ngerinya. Percayalah, wahana Pantai Timang ini bukan untuk orang-orang penakut. Wanna try?

Baca juga: Pantai Timang, Pacu Adrenalinmu Di Atas Gondola Tua

Lokasi Pantai Timang

Alamat:Pedukuhan Danggolo, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Peta:Google Maps

26. Pantai Jogan, Air Terjun di Tubir Laut

Pantai Jogan - Pantai di Gunungkidul by @pantai.jogja
Air terjun di Pantai Jogan, Yogyakarta. (© @pantai.jogja)

Fenomena air terjun yang jatuh ke bibir laut adalah hal yang cukup langka. Namun, di Gunungkidul ada sebuah pantai dengan air terjun mengalir langsung ke laut.

Pantai tersebut adalah Pantai Jogan. Pada musim penghujan, debit air terjun terbilang tinggi, tapi pada musim kemarau air terjun akan menyusut bahkan bisa mengering.

Saat ombak laut surut, kamu bisa berjalan kaki menuruni anak tangga yang curam dan sampai di kaki air terjun. Tapi pastikan untuk selalu berhati-hati sebab tangganya licin dan curam. Sedangkan bagi penggemar aktivitas canyoning, Kamu juga bisa mencobanya di pantai ini.

Lokasi Pantai Jogan

Alamat:Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Peta:Google Maps

27. Pantai Nglambor, Snorkeling di Antara Dua Kura-kura Raksasa

Snorkeling Pantai Nglambor
Wisatawan sedang snorkeling di Pantai Nglambor. (Yusuf Adhitya Putratama/Pantainglambor.com)

Kalau ingin merasakan sensasi snorkeling di pesisir pantai selatan Yogyakarta, datanglah ke pantai di Gunungkidul yang satu ini. Ya Pantai Nglambor.

Pantai yang diapit oleh Pantai Siung dan Pantai Jogan ini memiliki lokasi strategis sekaligus aman untuk snorkeling. Meskipun pemandangan bawah lautnya tidak sejernih dan seindah laut Indonesia Timur, setidaknya kalian masih bisa melihat karang serta ikan lucu warna-warni yang berenang tanpa henti.

Di pantai Gunungkidul ini juga terdapat dua pulau karang yang bentuknya menyerupai kura-kura raksasa. Kalian bisa menuju pulau itu dengan melewati jembatan gantung yang sudah dibangun oleh warga.

Baca juga: Pantai Nglambor, Snorkeling Di Antara Dua Kura-Kura Raksasa

Lokasi Pantai Nglambor

Alamat:Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Peta:Google Maps

28. Pantai Siung, Merayapi Dinding Tebing Karang

Tebing Pantai Siung
Dengan latar belakang pantai, sangat asik untuk melakukan pemanjatan di Pantai Siung ini. Grate atau tingkat kesulitan di tebing Siung ini juga bermacam-macam, dari mudah, sedang dan hingga ada yang harus memiliki keterampilan khusus untuk memanjatnya. Ada sekitar 250 jalur pemanjatan di Pantai Siung ini. (Benedictus Oktaviantoro/Maioloo.com)

Pantai Siung tak hanya menyimpan pesona pantai bersih berpasir putih. Bagi para pegiat aktivitas rock climbing, pantai ini memiliki deretan tebing-tebing karang yang menanti untuk dirayapi. Di tempat ini mereka bisa menguji ketangguhan jemari dan daya tahan tubuh guna mencapai titik puncak pemanjatan.

Ada banyak jalur pemanjatan yang bisa dicoba, mulai jalur dengan grade untuk pemula, hingga jalur-jalur ekstrim untuk pemanjat profesional yang langsung berhadapan dengan laut.

Baca juga: Pantai Siung, Tarian Jemari Di Dinding Tebing

Lokasi Pantai Siung

Alamat:Dusun Duwet, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Peta:Google Maps

29. Pantai Wediombo, Lokasi Surfing Terbaik di Yogyakarta Sekaligus Menyimpan Laguna Rahasia

Surfing di Pantai Wediombo
“Salah satu pantai di Yogyakarta yang memiliki ombak yang bagus untuk berselancar adalah Pantai Wdiombo”, tutur Sartono salah satu peselancar lokal Pantai Wediombo. (Benedictus Oktaviantoro/Maioloo.com)

Nggak harus jauh-jauh ke Bali kalau ingin surfing, di Yogyakarta masih di tempat wisata pantai di Gunungkidul pun ada beberapa pantai yang bisa dijadikan lokasi selancar, salah satunya adalah Pantai Wediombo. Pantai yang terletak di koridor timur ini memiliki ombak yang bagus sehingga kamu bisa berselancar di atasnya. Di pantai ini juga terdapat komunitas WOSS (Wediombo Surfing Society) yang bisa mengajarimu bermain selancar.

Laguna Pantai Wediombo
Keunikan Pantai Wediombo adalah karena di sini terdapat laguna alami di bagian selatan pantai. Untuk mengasesnya kamu harus menyusuri pantai ke arah selatan. (Benedictus Oktaviantoro/Maioloo.com)

Selain sebagai lokasi surfing, pantai yang sangat panjang ini juga menyimpan laguna rahasia. Pada saat air surut, laguna yang serupa kolam pribadi itu bisa digunakan berenang. Satu lagi, senja di Wediombo juga sangat mempesona, lho!

Baca juga: Pantai Wediombo, Lokasi Surfing Terbaik Di Yogyakarta

Lokasi Pantai Wediombo

Alamat:Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Peta:Google Maps

30. Pantai Sadeng, Surga Para Pemancing dan Pemburu Seafood Segar

Pantai Sadeng Yogyakarta
Aktivitas pengangkutan ikan di Pantai Sadeng. (Benedictus Oktaviantoro/Maioloo.com)

Pantai Sadeng merupakan surga bagi para pemancing dan pemburu ikan. Di pantai ini terdapat pelelangan ikan terbesar di Yogyakarta dan menjadi salah satu pemasok kebutuhan ikan di Pulau Jawa.

Kalau kamu gemar menyantap seafood, pantai ini adalah pusatnya seafood segar di Yogyakarta. Kamu bisa membeli ikan-ikan tersebut dari nelayan kemudian langsung dimasak di sana atau di bawa pulang mentah. Bagi yang gemar pemancing, kamu bisa menyewa kapal nelayan dan memancing hingga ke tengah laut. Soal tarif kapal bisa dibicarakan lah.

Lokasi Pantai Sadeng

Alamat:Desa Pucung, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Peta:Google Maps

***

Setelah membaca ulasan beberapa pantai di Gunungkidul yang unik dan menarik, bagaimana tanggapan kamu? Apakah tertarik untuk mengunjungi salah satu atau beberapa pantai di Gunungkidul ini?

Jika iya, jangan lupa untuk mempersiapkan semua yang dibutuhkan agar petualanganmu tetap berjalan dengan lancar dan aman ketika menyambangi pantai di Gunungkidul ini. Tetap jaga kebersihan ya di kamu meninggalkan pantai-pantai di Gunungkidul ini.

Dari sederetan wisata pantai di Gunungkidul di atas tadi, pantai mana saja yang sudah kamu kunjungi atau akan kamu kunjungi kedepannya? Komentar di bawah ini ya. 🙂

4 KOMENTAR

    • Iya kak betul sekali. Panti di Gunungkidul memang cirikhasnya seperti itu. Tapi cantik kan kak… 🙂

  1. Ternyata banyak juga ya pantai di Gunungkidul ini. O iya… Apakah masih ada lagi kah pantainya? Penasaran saya dengan jumlah pantai di Gunungkidul ini. Hehehehe….

    • Iya nih kak. Bangnyak banget emang pantai di Gunungkidul ini dan dari list di atas, masih ada lagi loh kak pantainya yang belum kami setakan. 🙂

TINGGALKAN KOMENTAR YUK!

Please enter your comment!
Please enter your name here