Kamu mau wisata di Karimunjawa? Semoga artikel yang kami buat ini bermaanfaat buat kamu ketika kamu berenca berwisata ke Karimunjawa.

Ok.. Kita mulai dengan intro ya. 😀

Indonesia merupakan negara kepulauan dengan jumlah pulau yang sangat banyak. Pulau-pulau tersebut berserak dan terbentang sepanjang 1.904.569 km² dan dihubungkan oleh laut yang sangat luas. Salah satu kepulauan yang bisa kamu akses dengan mudah dari Jawa adalah Kepulauan Karimunjawa yang terletak di sisi utara Jawa.

Kepulauan Karimunjawa terdiri dari pulau utama dan beberapa pulau kecil yang mengelilinginya. Sebagai kawasan taman nasional, Kepulauan Karimunjawa memiliki pesona wisata yang lengkap mulai dari pantai, wisata bawah laut, hutan mangrove, hingga kekayaan budaya. Tak salah jika akhirnya Kepulauan Karimunjawa dijuluki sebagai “The Paradise of Java”.

Dari keberagaman potensi yang dimiliki Kepulauan Karimunjawa tersebut, Maioloo.com akan memberikan ide tentang sederet aktivitas seru yang bisa kamu lakukan ketika wisata ke Karimunjawa. Berikut daftar aktivitas yang akan membuat kamu malas pulang ketika wisata di Karimunjawa:

1. Island hopping itu cara utama ketika ingin wisata di Karimunjawa. Kamu wajib mengelilingi beberapa pulau di sana

Mengelilingi Pulau Di Karimunjawa
Seorang ABK kapal wisata di Karimunjawa sedang orientasi medan demi mengarahkan nahkoda kapal agar tidak mengenai karang. (Sepdes Sinaga/Maioloo Tour)

Melompat dari satu pulau ke pulau lainnya menggunakan kapal alias island hopping adalah aktivitas utama yang wajib kamu lakukan saat wisata di Karimunjawa. Biasanya kamu akan dibawa oleh nahkoda kapal dan pemandu wisata di Karimunjawa ke beberapa pulau favorit seperti Pulau Menjangan Besar (tempat penangkaran ikan hiu), Pulau Menjangan Kecil (ada spot asik untuk snorkeling dan berswafoto di ayunan layaknya di Gili Trawangan, Lombok), Pulau Cemara Besar (sebuah pulau yang memiliki bentangan pasir putih cukup luas ketika air laut surut), Pulau Cemara Kecil (biasanya untuk makan siang), Pulau Gosong Seloka (sebuah pulau yang hanya memiliki pasir putih saja), Pulai Cilik (pulau yang memilki spot skorkeling dan kamu bisa foto-foto dengan ikan yang lucu), Pulau Tengah (sebuah pulau yang biasa digunakankan sebagai tempat makan siang jika sedang mengunjungi pulau-pulau bagian timur Karimunjawa) dan masih banyak yang lainnya.

Jangan lupa olesi tubuhmu dengan sunblock sebelum mengikuti island hopping supaya kulitmu tidak terbakar matahari. Topi dan kacamata hitam adalah barang yang wajib kamu bawa ketika wisata di Karimunjawa ya. Catat!

Baca juga: Ingin Ikut Paket Wisata Karimunjawa? Persiapkan 15 Hal Ini Dulu Yuk Agar Liburanmu Semakin Nyaman

2. Snorkeling bersama ikan-ikan kecil yang lucu

Snorkeling di Pulau Tengah, Karimunjawa
Snorkeling di Pulau Tengah, Karimunjawa. (Benedictus Oktaviantoro/Maioloo Tour)

Aktivitas yang bisa kamu lakukan ketika sedang wisata di Karimunjawa kedua adalah snorkeling. Aktifitas ini biasanya dilakukan sembari island hopping. Selain bersandar di pulau-pulau yang cantik, biasa nahkoda kapal akan membawamu ke tempat-tempat menarik untuk snorkeling. Meskipun tak bisa berenang kamu tetap bisa melakukan aktivitas ini kok, asal kamu memakai pelampung dan sepatu katak. Saat snorkeling kamu bisa melihat ikan warna-warni yang lucu serta terumbu karang yang beraneka bentuk dan warna.

Jika memakai sepatu katak pastikan untuk berhati-hati ya. Jangan sampai menyepak apa lagi menginjak terumbu karang hingga patah serta rusak.

3. Foto keluarga dengan pose paling bahagia jangan sampi terlupa jika kamu sedang wisata di Karimunjawa

Foto Keluarga Dengan Pose Bahagia
Sejumlah wisatawan sedang mengekspresikan diri mereka di depan kamera di Pulau Cemara Kecil, Karimunjawa. (Benedcitus Oktaviantoro/Maioloo.com)

Take a good picture is a must! Buatlah foto keluarga atau foto dengan teman seperjalanan selama wisata di Karimunjawa. Tartawalah dengan lepas, melompatlah dengan tinggi, berposelah sebahagia mungkin agar orang lain juga ikut merasakan kebahagiaan yang sedang kamu rasakan.

Pokoknya, ketika fotografer sedang bersiap mengambil gambar, kamu harus berfikir “bagaimana orang lain akan ikut bahagia minimal senyum ketika mereka melihat foto kamu”. Ketika kamu bahagia, bagilah kebahagiaanmu itu kepada orang lain. Supaya sesi pemotretan semakin maksimal, tak ada salahnya membawa property yang diperlukan semisal balon warna-warni atau kostum yang cerah.

4. Bercengkrama dengan kawanan ikan hiu di Pulau Menjangan Besar

Penangkaran Hiu Karimunjawa
Penangkaran ikan hiu di Karimunjawa. (Benedictus Oktaviantoro/Maioloo.com)

Aktivitas yang bisa kamu lakukan ketika wisata di Karimunjawa ini sebenarnya sedikit berbahaya dan bertentangan dengan konservasi. Kenapa? Ikan hiu adalah hewan liar atau bisa disebut juga predator yang mempunyai insting untuk memangsa jika stress, terancam, maupun mencium aroma darah. Jika puluhan orang datang bertubi-tubi disetiap hari, minggu, bulan bahkan tahun untuk berenang dan berfoto di dalam teritori yang sempit bisa membuat mereka stress.

Tetapi jika kamu memiliki adrenalin yang tinggi dan tidak terlalu memperdulikan konservasi, kamu bisa berswafoto dengan mereka dengan berbagai resiko yang ada. Dijamin! Foto kamu akan cetar membahana ketika kamu unggah di internet atau social media. Dan kamu juga harus ingat, jika kamu hanya swafoto kamu harus sering-sering mencari referensi angle foto yang bagus atau jika kamu menggunakan fotografer (entah teman atau fotografer profesional), bawahlah fotografer yang handal agar foto kamu terlihat kece ketika kamu wisata di Karimunjawa.

5. Menyaksikan gerombolan ikan lumba-lumba di Karimunjawa

Menyaksikan Gerombolan Ikan Lumba-lumba di Karimunjawa
Menyaksikan gerombolan lumba-lumba di Karimunjawa. (Benedictus Oktaviantoro/Maioloo.com)

Tidak hanya di Pantai Lovina Pulau Bali saja kamu dapat menyaksikan gerombolan ikan lumba-lumba berenang dengan asyiknya. Ketika kamu wisata di Karimunjawa, kamu juga bisa kok menyaksikan pagelaran yang sangat epic ini. Jika di Pantai Lovina tempatnya memang hampir dibilang pasti, namun jika di Karimunjawa lokasi pertunjukan lumba-lumba ini tidak pasti. Para lumba-lumba di Karimunjawa berenang sesukanya dan muncul sesuka hati dimanapun. Sepengalaman Maioloo Tour saat mengadakan perjalanan bersama wisatawan di Karimunjawa, mereka dijumpai dalam perjalanan dari Pulau Menjangan Kecil ke Pulau Cemara Kecil.

6. Menikmati gulungan ombak di tepian pantai Karimunjawa

Menikmati Gulungan Ombak Yang Tenang di Pinggir Pantai Karimunjawa
Menikmati lembutnya gulungan ombak di tepi Pantai Batu Topeng, Karimunjawa. (Benedictus Oktaviantoro/Maioloo.com)

Ketika berhendi disebuah pulau entah untuk ishoma ataupun sekedar bermain-main, kamu bisa berkontempelasi di pinggir pantai. Tiduran sambil memejamkan mata dan memikirkan hal-hal yang bahagia atau mencipta sebuah angan-angan kedepan sembari di peluk ombak pantai Karimunjawa yang lembut dan tenang. Bagaikan kasih ibu kepada anaknya. Kamu akan dibawa terlelap dalam dekapannya. Ini adalah sebuah aktivitas paling woles tur penak ketika kamu sedang wisata di Karmunjawa.

Baca juga: 14 Tempat Wisata di Karimunjawa Yang Bisa Kamu Kunjungi Saat Tour Darat

7. Bermain pasir di tepian pantai Karimunjawa adalah cara paling asik ketika wisata di Karimunjawa

Bermain Paris di Pantai Karimunjawa
Wisatawan sedang bermain lepar-lemparan pasir di Pulau Cemara Besar, Karimunjawa. (Benedictus Oktaviantoro/Maioloo.com)

Walaupun kamu sudah dewasa, sesekali jadilah seprti anak kecil yang sedang bermain di pantai. Membuat istana pasir, memendam diri ke dalam pasir, hingga lempar-lemparan pasir. Kegiatan ini sangat asik sekali dilakukan bersama teman seperjalanan maupun orang tersayang jika sedang wisata di Karimunjawa.

8. Berlarian di pantai bersama teman seperjalanan ataupun orang tersayang

Berlari-lari di Tepian Pantai Karimunjawa
Wisatawan sedang berlarian di Pulau Cemara Kecil, Karimunjawa. (Benedictus Oktaviantoro/Maioloo.com)

Ingatkah kamu dengan penggalan lagu ini? “berlari-lari di tepi pantai bermain ombak dan buih, gemercik air dan pasir putih menemani sepanjang hari”, kini kamu tak hanya bisa menyaksikannya saja namun juga bisa melakukannya langsung. Lari-lari di pantai itu menyenangkan lho. Kamu bisa memilih saat pagi atau sore hari sehingga cuaca tidak terlalu terik. Bayangkan lari-lari ditemani sunset yang indah pasti akan menjadi pengalaman yang seru.

9. Menyusuri pantai-pantai maupun pulau-pulau di Karimunjawa dengan berjalan kaki (susur pantai)

Susur Pantai Karimunjawa
Berjalan-jalan menyusuri pantai Karimunjawa. (Benedictus Oktaviantoro/Maioloo.com)

Ketika kapal sedang bersandar di pulau untuk beristirahat, kenapa kamu tidak menjelajahi pulau tersebut? Mungkin saja kamu bisa menemukan sebuah lokasi asyik maupun obyek menarik untuk diabadikan dalam gambar. Jadi ketika kawan-kawanmu hanya punya foto standar yang lokasinya itu-itu saja, kamu bisa punya koleksi foto yang berbeda. Lagi pula jalan-jalan kan menyehatkan badan.

10. Hammocking di tepi pantai Karimunjawa

Hammocking di Tepian Pantai Karimunjawa
Wisatawan sedang menikmati panorama Pulau Ceara Kecil. (Benedictus Oktaviantoro/Maioloo.com)

Bagi kamu yang suka dengan kenyamanan dan ketenangan ketika sedang wisata di Karimunjawa, jangan lupa membawa hammock ya! Kamu bisa memasangnya di pohon yang tumbuh tepi pantai sembari menunggu teman seperjalanan yang asik bermain ataupun menunngu sang nahkoda kapal melanjutkan perjalanan untuk menuju ke pulau lainnya. Tapi hati-hati, suara desiran ombak yang merdu dan ditambah nyamannya angin yang perlahan demi perlahan menggerayangi tubuh bisa membuatmu terlena dibelainya. Tetap waspada. Dari pada kamu ditinggal oleh teman seperjalanan ataupun nahkoda kapal.

11. Melamun di pinggir pantai Karimunjawa

Melamun di Pinggir Pantai Karimunjawa
Seorang wisatawan sedang melempar pandangannya ke hamparan laut lepas di Pulau Cemara Kecil, Karimunjawa. (Benedictus Oktaviantoro/Maioloo Tour)

Kamu tidak membawa hommock? Tidak bisa berenang? Malas basah-basahan? Cari tempat sepi saja di ketika sang nahkoda kapal bersandar di sebuah pulau atau pantai. Terus…. ngejogrok aja di situ. Cari tempat yang asyik deh pokoknya sesuai dengan keinginanmu. Tetapi alangkah baiknya ketika kamu ngejogrok siapkan cemilan juga ya. Mungkin saja kamu lapar di dalam lamunan atau mungkin saja ada seseorang yang akan menemanimu saat ngejogrok dan melamun tadi. Siapa yang tahu kan. Namanya juga usaha, segala cara harus dilakukan asal positif. Who knows?

12. Menikmati keindahan sunset di tempat-tempat terbaik Karimunjawa

Menikmati Sunset di Gardu Pandang Trcaking Mangrove
Seorang wisatawan sedang menikmati momen matahari tenggelam di atas gardu pandang Tracking Mangrove Karimunjawa. (Benedictus Oktaviantoro/Maioloo.com)

Namanya juga wisata pantai, pastinya memiliki panorama yang “cetar” ketika sang raja matahari perlahan membenamkan dirinya ke dalam garis horizon nun jauh di laut sana. Ketika sedang wisata di karimunjawa, jangan pernah lewatkan aktifitas yang satu ini. Kamu bisa menikmatinya atupun merekamnya menggunakan mata lensa maupun mata pena. Cukup banyal tempat-tempat asik untuk menikmati sunset di Karimunjawa. Beberapa contohnya yakni di Pantau Ujung Gelam / Tanjung Gelam, Pelabuhan Baru Karimunjawa (tempat awal kamu menginjakkan kaki ke Karimunjawa dari Jepara/ Semarang / Kendal), Pelabuhan Rakyat Karimunjawa (tempat memulai aktivitas mengelilingi Kepulauan Karimunjawa), gardu pandang Tracking Hutan Mangrove dan masih banyak lagi.

Baca juga: 11 Tempat Terbaik Untuk Menikmati Sunset Nan Epic di Karimunjawa

13. Trekking di Hutan Mangrove Karimunjawa

Trekking di Hutan Mangrove, Karimunjawa
Sejumlah wisatawan sedang berjalan-jalan di hutan bakau atau hutan mangrove Karimunjawa. (Benedictus Oktaviantoro/Maioloo.com)

Ketika kamu sedang wisata di Karimunjawa, ternyata kamu tidak hanya bisa bermain di pantai, bermain di pulau, snorkeling dan diving saja lo. Kamu bisa jalan-jalan juga di hutan bakaunya. Ya hutan bakau. Di karimunjawa terdapat hutan bakau yang cukup luas. Ya walaupun tidak seluas dan sebagus hutan bakau di Kalimantan sana tetapi cukup lah untuk menambah wawasan kamu ketika berkunjung ke sana.

Selain bisa menyusuri hutan bakau tadi, kamu juga akan mendapatkan edukasi tentang flora dan fauna yang ada di hutan bakau. Sebab dibeberapa titik telah dipasangi papan yang berisikan poster informasi oleh pengelola. Di ujung petualangan menyusuri hutan bakau Karimunjawa, kamu bisa naik ke gardu pandang yang cukup tinggi untuk melemparkan pandangan ke seluruh hutan bakau dan bukit-bukit di Karimunjawa. Selain itu, dari gardu pandang ini kamu bisa menyaksikan sunset terbaik di Karimunjawa

14. Bermain sampan di tepi pantai atau tepian hutan bakau

Bermain Sampan Bakololo
Wisatawan sedang bermain sampan di Bako Lolo, Pulau Kemujan, Karimunjawa. (Hendra Nurdiyansyah/Maioloo.com)

Lelah dengan aktivitas yang memakan banyak energi? Kamu bisa coba untuk melatih keseimbanganmu menggunakan sampan. Tak usah takut sampannya terbalik, sebab sampan atau yang sering disebut jukung ini memiliki penyeimbang di kedua sisinya. Jika ingin melakukan kegiatan ini, kamu bisa melakukannya bersama orang tersayang agar tersa romantis. Bayangkan saja, sore hari setelah kamu puas beraktivitas di pulau dan laut, kamu membawa orang tersayang tersebut untuk menikmati sore di atas sampan.

15. Makan malam romantis di tengah gosong

Makan malam atau diner di Karimunjawa
Wisatawan asing sedang menikmati makan malam di Gosong Pantai Bunga Jabe, Karimunjawa. (Bambang Zakaria/Maioloo Tour)

Gosong itu adalah sebuah bentukan daratan yang terkurung atau menjorok pada suatu perairan, biasanya terbentuk dari pasir, geluh, dan atau kerikil. Nah! Bagi kamu yang ingin menyatakan cinta untuk orang tersayang (untuk para pejuang cinta) atau bagi kamu yang sudah yakin bahwa dia adalah pendamping seumur hidup dan ingin menyatakan sebuah pernyataan untuk naik level ke jenjang yang lebih tinggi, kamu bisa melakukannya sembari makan malam di temani lampu sentir yang romantis di tengah gosong. Tapi kegiatan romantis ini hanya bisa kamu lakukan ketika angin sedang kecil. Biasanya saat pergantian musim penghujan ke musim kemarau atau sebaliknya. Di Karimunjawa pada masa pergantian musim akan sedikit sekali angin.

Baca juga: Memanjakan Hati di Pantai Bunga Jabe, Karimunjawa

16. Wisata di Karimunjawa tidak hanya pantai dan pulai kamu bisa berkunjung ke kampung Bugis juga

Latuk Muhamuk
Potrait Latuk Muhamuk, Dia berkisah keterlibatannya dengan suku Bugis lainnya saat mengikuti ekspedisi membuka lahan di Karimunjawa. (Hendra Nurdiyansyah/Maioloo.com)

Daya jelajah suku Bugis memang sudah terkenal dari dahulu. Salah satu tempat yang dijelajahi adalah Kepulauan Karimunjawa ini. Sebenarnya Karimunjawa (pulau utamanya) ini ada dua pulau. Yang pertama adalah Pulau Karimunjawa (tempat bersandarnya kapal dari Jepara, Semarang dan Kendal) dan yang kedua adalah Pulau Kemujan.

Berjarak sekitar 45 menit dari pusat kota Karimunjawa ke arah bandara. Adalah Desa Telaga dan Desa Batu Lawang, Pulau Kemujan, Karimunjawa yang masih mempertahankan budaya Bugis-nya. Hal ini bisa dilihat dari rumah-rumah panggung yang masih dipertahankan oleh sebagian dari mereka. Kamu bisa memasukkan ke dalam daftar aktifitas seru saat wisata di Karimunjawa dengan cara berkunjung ke desa ini. Sapa mereka dengan sopan dan beretika, maka kamu akan mendapatkan banyak cerita menarik dari sana.

Baca juga: Ketenangan Kampung Bugis di Kepulauan Karimunjawa

17. Diving di beberapa spot menarik yang dimiliki Karimunjawa

Diving Karimunjawa via Kurakuraresort
Seorang penyelam sedang menyelam di Indonor Wreck, Karimunjawa. Indonor adalah salah satu dive spot berupa bangkai kapal yang sudah bertahun-tahun tengggelam. (Foto oleh Kura Kura Resort)

Jika kamu memilki sertifikat selam, di Karimunjawa terdapat beberapa spot penyelaman yang menarik seperti di Indonor (kapal karam), Pulai Sintok (tebing), Pulau Menyawakan dan lainnya. Pastikan kamu menyelam di saat yang tepat sehingga visibilitynya bagus dan bisa melihat panorama underwater yang breathtaking. Aktifitas seru saat wisata di Karimunjawa ini memang sedikit berbeda karena kamu harus memiliki sertifikat meyelam terlebih dahulu.

18. Menembak ikan dengan teknik spearfishing

Penembak Ikan Karimunjawa
Gotho, salah seorang penembak ikan tradisional Karimunjawa berhasil mendapatkan ikan dari celah terumbu karang. (Reza Fitriyanto/Maioloo.com)

Aktivitas menembak ikan dengan teknik spearfishing ini cukup seru untuk dilakukan ketika sedang wisata di Karimunjawa. Aktivitas ini legal dan ramah lingkungan tetapi tetap dengan porsi dan etika yang ada seperti menembak ikan dengan ukuran yang biasa dikonsumsi.

Ketika kamu ingin menembak ikan dengan teknik spearfishing ini pastikan kamu memiliki kemampuan berenang dan freedive. Jika kamu ingin melakukannya ketika sedang berada di Karimunjawa, kami sarankan untuk mencari pendamping profesional atau cari orang yang memiliki pengalaman yang cukup di bidang ini agar kamu bisa aman dan nyaman serta tidak merusak habitat terumbu karang di Karimunjawa.

Baca juga: Kisah Para Penembak Ikan Kepulauan Karimunjawa

19. Camping di salah satu Pulau Karimunjawa merupakan cara terbaik untuk wisata di Karimunjawa

Camping di Karimunjawa
Wisatawan sedang mengadakan camping di Pulau Cemara Besar, Karimunjawa. (Sepdes Sinaga/Maioloo Tour)

Aktifitas seru saat wisata di Karimunjawa yang terakhir ini sangat asik. Bagi kamu yang sudah sering melakukan aktivitas camping di gunung, coba deh sesekali lakukan kegiatan camping di pulau. Rasakan sensasi yang berbeda. Jika camping di gunung itu membawa jaket dan sleeping bag yang tebal, maka camping di tengah pulau atau di tepi pantai justru sebaliknya. Lupakan pakaian tebal maupun sleeping bed tapi bawalah pakaian tipis supaya tidak kepanasan. Untuk urusan perut kamu bisa memancing di laut atau mengumpulkan kerang-kerang di pantai untuk dimasak. Mungkin kamu juga bisa mencoba bermain teknik bertahan hidup seperti di film Cast Away yang dibintangi oleh Tom Hanks sebagai pemeran utamanya. Pastinya ini akan menjadi pengalaman yang seru.

Baca juga: Camping Ceria di Karimunjawa Selama 4 Hari 3 Malam

****

Itulah sedikit daftar aktivitas seru saat wisata di Karimunjawa yang bikin kamu betah dari kami Maioloo.

Tetap jaga Indonesia kita dari kerusakan agar kelak anak cucu kita tetap bisa menikmati keindahannya. Happy traveling!

Jika kamu ingin mengikuti paket wisata Karimunjawa, kami juga menyediakan paket wisata tersebut. Silahkan klik disini untuk melihat beberapa paket wisata di Karimunjawa milik kami.

4 KOMENTAR

  1. Pak ada info mengenai trip memancing di karimunjawa bersama keluarga dan anak kecil 4thn an. Untuk waktu di karimunjawa rencana 3 hari 2 malam

    • Silahkan kunjungi halaman Maioloo Tour saja pak. Di sana kami mnyediakan custom trip untuk ke Karimunjawa juga.

      Terima kasih dna sampai ketemu di Karimunjawa. 🙂

TINGGALKAN KOMENTAR YUK!

Please enter your comment!
Please enter your name here