Pesona Gua Grubug Gunungkidul

Untuk sampai di Gua Grubug, para penelusur gua maupun wisatawan yang ingin menyaksikan fenomena cahaya surga atau ray of light ini harus turun terlebih dahulu melalui Gua Jomblang menggunakan teknik houling system maupun SRT (single rope thecnique), lalu harus melewati sebuah chamber yang luas dan besar dengan panjang sekitar 300 meter.

“Habis gelap terbitlah terang”, mungkin kiasan lawas itu bisa mewakili ketika kamu sedang menelusuri Gua Jomblang dan Gua Grubug ini. Kenapa? Karena setelah kamu berjalan sikitar 300 meter dari Gua Jomblang, kamu kamu akan menyaksikan dari kejauhan sebuah gerbang raksasa yang telah menanti kamu di sana dan fenomena ray of light itulah yang akan membuat decak kagum.

Gua Grubug dan Gua Jomblang ini terletak di Padukuhan Jetis Wetan, Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Gunungkidul. Waktu yang tepat untuk menikmati fenomena cahaya surga atau ray of light itu sekitar pukul 11.00-13.00 WIB. Jadi aturlah jadwal kamu ketika ingin menelusuri keindahan Gua Grubug dan Gua Jomblang ini.

TINGGALKAN KOMENTAR YUK!

Please enter your comment!
Please enter your name here